Pengertian Kepemimpinan bagi seorang Manager yang Handal

kepemimpinan bagi seorang manager handalSeorang Manager yang baik adalah orang yang mampu mengelola setiap individu sesuai dengan Aturan dan Proses yang berlaku.  Artinya dia cukup mengerjakan setiap proses yang telah menjadi ketetapan Organisasi atau Perusahaan.  Dengan melihat hal tersebut, maka dalam kondisi ideal, setiap orang akan mampu menjadi Good Manager selama terdapat Guidance dan Petunjuk Teknis Pekerjaan dari setiap Individual dalam Tim mereka. Namun pernah kan Anda bayangkan kalau seorang Manager bukanlah seorang Pemimpin yang baik, terlebih saat ini masih banyak Pemimpin yang ditempatkan berdasarkan Posisi nya bukan Kapasitas dan kompetensi.  Ingat kembali Hukum 5 Level Kepemimpinan John Collins.

Anda mungkin akan banyak menemukan Apa yang Harus Dilakukan (What to Do), Bagaimana Melakukannya (How to Do) dan Bagaimana Memanfaatkan Sumber Daya (How to Utilize Resources).  Dan untuk berhasil perlu banyak latihan ketrampilan penting seorang manajer.  Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang dalam organisasi mencapai tujuan, namun cara paling efektif adalah dengan Memimpin (Lead) mereka.

Kepemimpinan (Leadership) adalah Kualitas Esensial seorang Manajer, yang harus Anda kembangkan, sehingga dapat membakar semangat tim mengikuti rencana kerja Anda.  Kepemimpinan merupakan Ketrampilan yang dapat dipelajari sebagaimana ketrampilan lainnya.  Kepemimpinan adalah ketrampilan yang dapat diimprove dengan cara Latihan (Practices).

Kepemimpinan bukanlah sihir yang merupakan pemberian bagi seseorang dan tidak bagi orang lainnya.  Kepemimpinan tidak berdiri dibelakang Anda untuk memberitahukan apa yang mesti dilakukan terhadap kinerja Tim.  Kepemimpinan bukanlah cara merendahkan serta meremehkan orang lain yang tidak melakukan apa yang Anda minta.  Kepemimpinan perlu proses yang panjang dan harus dilakukan dengan kontinu setiap waktu.

Banyak cara yang dapat Anda temui, bagaimana menjadi seorang Manager Leader yang lebih baik.  Jadilah seorang Manager dan pelajari tentang kepemimpinan sehingga Anda akan menjadi Leader yang baik.  Mungkin Anda ketika bertanya pada banyak orang mereka akan kesulitan menjawab perbedaan antara Manager dan Leader.  Beberapa kemungkinan karena kata-kata Manager dan Leader sudah sangat rancu dan tidak jelas.  Namun perlu Anda pahami bahwa sangat jelas perbedaan antara Manager dan Leader.  Management adalah Karir (Career) sedangkan Leadership adalah Panggilan (Calling).  Anda tidak perlu menjadi seorang yang Tinggi Tegap, Tampan dan Pandai Berbicara untuk menjadi seorang Successful Leader, dan tidak perlu juga memiliki Keahlian Khusus dalam pemenuhan Kriterianya.

Langkah Pertama, menjadi seorang Manager Leader adalah dengan bertanya pada diri sendiri mengenai diri Anda.  Jangan mempertanyakan Orang lain dan Organisasi Anda sendiri, karena inti dari Leadership adalah “Anda”.  Berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda renungkan dalam proses menjadi seorang Manager Leader.

  1. Apa yang Penting Bagi Anda..? Nilai, Keyakinan, Norma dan lainnya.  Pastikan Anda menemukan hal terpenting bagi Anda dalam membangun kepemimpinan.
  2. Bagaimana Anda dapat mendemonstrasikan hal tersebut dalam keseharian.
  3. Apakah organisasi yang lebih besar mendukung Nilai, Keyakinan dan Norma Anda.
  4. Apa yang dapat Anda lakukan dalam merubah cara perilaku organisasi.

Anda akan melalui tahapan tersebut berkali-kali tidak hanya sekali dalam sebuah periode karena semakin panjang perjalanan kepemimpinan Anda, maka semakin besar organisasi yang terkait.

Langkah Kedua, setelah menemukan jati diri dan keinginan Anda, selanjutnya pada tahap berikut Anda akan membangun Kolaborasi dengan Tim.  Cari tahu apa yang menjadi keinginan mereka dan impiannya terhadap pekerjaan dan organisasi.  Juga kembangkan wawasan Anda dengan berbicara kepada pihak Internal dan Eksternal lainnya seperti Customer dan Supplier, Departemen Terkait dan Divisi lainnya.  Kembangkan Komunikasi dan Pembicaraan sehingga semakin banyak informasi yang Anda miliki untuk melihat tren dan kemungkinan-kemungkinan hubungan terjadi sebagai dampaknya.

Kepemimpinan tidak dilahirkan, melainkan pilihan yang dipercaya dan diyakini bagi setiap individu yang berkomitmen akan kebaikan dan kemuliaan dalam dirinya.

Leave a Reply