Kepemimpinan adalah Permainan Mental, maka bersenang-senanglah melakoninya

kepemimpinan : permainan mentalKehidupan akan berjalan tidak sesuai persis seperti keinginan Anda, adakalanya lebih dari harapan dan adakalanya jauh dari impian.  Dalam kehidupan Anda akan banyak tantangan yan dihadapi dan semuanya sangat terkait dengan sudut pandang terhadap kehidupan.  Demikian pula halnya akan kepemimpinan, yang dalam prakteknya akan ada tantangan.  Melihat hal tersebut Anda perlu menganggap semua sebagai sebuah permainan, dan dalam kepemimpinan Anda akan melihatnya sebagai permainan mental.  Semakin Anda menguasai mental diri sendiri, akan semakin mudah Anda melihat kepemimpinan sebagai permainan yang menyenangkan.

#Tetap Positif

Apapun yang terjadi semuanya adalah temporari dan akan berlalu.  Dengan demikian Anda sebagai pemimpin tidak perlu merasa gagal dengan situasi dan kondisi yang terjadi.  Adakalanya kondisi buruk akan menjadi sebuah pengalaman berharga yang melahirkan ide brilian.

#Adaptif

Jika Anda mencoba sesuatu dengan rencana “A” dan tidak melihat hasil yang signifikan, maka segeralah pindah menggunakan Plan “B” dan seterusnya.  Sukses sebagai pemimpin Anda dapat melihat rencana mana yang akan berhasil kelak, dan mana yang harus segera dimodifikasi atau diganti.

#Jangan Menyerah

Kehidupan akan tetap bergulir dan melanjutkan perjalanannya, meski Anda menyerah, namun orang lain akan terus berjuang demi kesuksesannya.  Ketika Anda melihat sebuah peluang, kemudian mengambilnya maka jangan pernah menyerah sebelum berhasil.

#Amati

Dalam kepemimpinan, banyak pola yang terlihat.  Amatilah lingkungan sekitar seperti orang-orang, organisasi, pesaing dan pasar, sehingga mudah bagi Anda membuat pola untuk menanganinya.  Mengenal orang sekitar Anda akan mempermudah komunikasi personal, mengerti keinginan pasar akan mempermudah pilihan produk dan layanan yang diluncurkan.

#Belajar

Pelajari orang-orang Anda, pelajari lingkungan Anda.  Semakin banyak pelajaran yang dimiliki akan semakin lengkap kepemimpinan Anda.  Anda belajar mengenal satu per satu orang-orang dan memperlakukan mereka dengan cara mereka ingin diperlakukan.

#Pikirkan

Pikirkan hal-hal yang mungkin terjadi.  Kejadian yang diluar prediksi Anda harus diperkirakan sebelumnya.  Dengan demikian Anda tidak terbebani ketika hal tersebut datang mendadak.

#Peduli

Kepedulian pada hari ini dan masa depan adalah salah satu sifat kepemimpinan.  Pemimpin tidak hanya memikirkan apa yang harus dilakukan hari ini, namun juga berpikir apa yang harus disiapkan sehingga masa depan lebih cemerlang.

#Jaga Diri

Menjaga pikiran, fisik dan semangat adalah kewajiban seorang pemimpin.  Dengan fisik dan semangat yang selalu mumpuni, Anda telah menularkan kepada para pengikut agar selalu bergerak maju mencapai impian.

#Kerjasama

Pemimpin tidak bekerja sendiri, mereka berbagi pengalaman, visi dan misi, kemudian saling bertukar dengan orang lain.

#Fokus

Perlu fokus yang berkelanjutan dalam kepemimpinan Anda.  Tidak bisa Anda lengah dalam memikirkan tim Anda, karena mereka sangat bergantung dengan kepemimpinan Anda.  Sukses dan gagalnya sebuah kepemimpinan dikarenakan fokus yang terbagi.

Leave a Reply