Kemampuan Anda dalam Beradaptasi mencerminkan Ciri dan Kualitas Kepemimpinan

Anda tentu tidak ingin disebut sebagai Pemimpin yang Kaku dan Tidak Fleksibel. Kepemimpinan tentu mengarah kepada Perilaku dan Sikap Anda dalam menghadapi banyak orang disekitarnya. Kemampuan Adaptasi adalah salah satu Pokok Utama Perilaku dan Sikap Anda dalam mengembangkan Kepemimpinan. Kualitas Kepemimpinan Anda dapat terlihat secara tidak langsung melalu Kualitas Anda dalam Beradaptasi dengan Orang dan Lingkungan. Dalam prakteknya Anda perlu melakukan beberapa hal sehingga mampu Beradaptasi dengan Tepat disetiap Langkah Kepemimpinan Anda.

learningBiasakan Diri Selalu Belajar.
Belajar adalah Cara Anda untuk dapat Tumbuh dan Berkembang sebagai Pemimpin Berkualitas. Belajar tidak melulu melalui Sarana Formal, dimana harus membaca buku, menulis artikel atau memberikan seminar. Anda dapat belajar dari sebuah Pembicaraan yang terjadi dengan Tim Anda. Bagaimana Anda dapat selalu belajar, dan menjadi sebuah tabiat yang tidak lekang dalam waktu singkat. Tuliskan setiap yang Anda hadapi atau alami setiap saat, dan cobalah berbagi dengan orang lain tentang apa yang telah Anda pelajari tersebut. Niscaya Anda akan selalu bergairah untuk mendapatkan hal baru dan mempelajarinya. Kebiasaan selalu Belajar akan mempermudah Proses menjadi Pemimpin yang mampu Beradaptasi.

Evaluasi Ulang Peran Anda.
Luangkan waktu Anda untuk menganalisa Diri Sendiri, sejauh manakah peran Anda dalam Tim. Apakah Anda dapat mengisi Peran lainnya ataukah justru Anda harus pindah karena tidak adanya Peran yang tepat. Latihlah mental Anda untuk selalu mendalami Peran dalam Organisasi Anda, sehingga makin meningkatkan Fleksibilitas. Peran dalam sebuah Kepemimpinan tidak harus selalu menanggung Beban Tanggung Jawab, namun dapat berupa peran kecil yang menjadi mediasi bagi setiap pribadi dalam Tim Anda, ketika mereka memerlukan sebuah pencerahan Anda siap hadir untuk mereka. Inilah Peran kecil yang ternyata sanggup menjadi penggerak Kemampuan Anda dalam Beradaptasi. Kualitas Kepemimpinan Anda akan terlihat jelas pada saat peran-peran kecil namun nyata sangat dirasakan orang disekitar Anda.

Berpikir di Luar Garis.
Banyak orang tidak mampu beradaptasi bukan karena mereka Tidak Mampu, melainkan karena Zona Nyaman dalam Kehidupan yang memperangkap mereka. Ketidaknyamanan akan menumbuhkan Semangat dan Mental untuk Bertahan, dan ini adalah salah satu cara Anda untuk membangkitkan Kreatifitas dan Inovasi dalam Pola Pikir dan Pola Kerja. Cobalah berpikir di luar kebiasaan, sehingga Anda akan melihat betapa luasnya Solusi Permasalahan yang dapat diselesaikan. Anda tidak akan lagi berpikir Konvensional dalam sebuah kondisi, dan Anda akan mencari cara-cara berbeda dalam menghadapi Tantangan. Berpikir di Luar garis mengajarkan Anda untuk tidak terlalu kaku dengan pemikiran dasar, bukan berarti Anda harus melanggar aturan baku, namun Anda diminta untuk berjalan dengan cara yang berbeda sehingga merasakan hasil yang jauh dari perkiraan Anda sebelumnya.

Kualitas Kepemimpinan salah satu diantaranya adalah Kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan Situasi dan Kondisi Bagaimana pun, dan ini akan meningkatkan Peran Anda dalam Tim. Anda akan menjadi Pemain Tim yang sangat diandalkan.

ikhtisar.com

Comments
  1. lingling | Reply

Leave a Reply