Kekuatan dan Kelemahan Gaya Kepemimpinan Anda

Kepemimpinan adalah Kombinasi Bakat dan Ketrampilan, dan secara umum Anda dapat mempelajari Gaya Kepemimpinan dan sifat-sifatnya.  Kepemimpinan adalah proses belajar tiada henti dalam Pengembangan Diri dan Pribadi Anda.  Ada banyak gaya kepemimpinan disekitar Anda,  Cara Kepemimpinan dan Definisinya. Gayle Lantz, presiden WorkMatters, Inc, sebuah perusahaan konsultan sumber daya manusia di Birmingham, Alabama, menggunakan Matriks DISC yang sangat populer sebagai bagian cara mengidentifikasi Gaya Kepemimpinan.

DISC, singkatan dari Dominance (Dominasi), Influencing (Mempengaruhi), Steadiness (Ketenangan), dan Compliance (Kepatuhan), menggunakan serangkaian pertanyaan masing-masing untuk empat jawaban sesuai Kategori DISC. Responden menunjukkan gaya yang paling menonjol dari mereka sendiri. Lantz mengatakan ia biasanya melihat empat gaya inti kepemimpinan muncul dari penilaian tersebut. Setiap Individu sering cenderung memiliki kombinasi gaya, masing-masing dengan Kekuatan dan Kelemahan sendiri.

Untuk mendapatkan hasil terbaik pada tim pendukung Anda, sangat penting untuk memiliki keseimbangan gaya yang berbeda dan menghargai gaya lain. Carilah gaya Anda sendiri dalam empat jenis Tipe Kepemimpinan.

Conduktor (Pengarah). Adalah contoh bentuk Kepemimpinan Langsung, dengan tingkat urgensi yang stabil dan fokus pada hasil. Konduktor selalu ingin menang, dan sering membuat keputusan yang cepat untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Gaya Tegas dan Keras kepemimpinan ini mendorong perubahan, Menghargai ide-ide baru, dan Tidak Takut konfrontasi. Akibatnya, seorang dengan Gaya Konduktor cenderung untuk menyelesaikan sesuatu.

Perhatian: Bahwa seorang Konduktor dapat dicirikan sebagai orang yang Sulit atau Egois. Ketidaksabaran dan Keinginan untuk bergerak maju dengan cepat dapat menyebabkan keputusan Impulsif atau Kesalahan. Lantz memperingatkan konduktor untuk mengambil napas, dan tidak mengharapkan orang lain untuk selalu bekerja pada kecepatan yang sama.

Influencer (Pengaruh). Jika Anda memiliki Rasa Optimis, Motivatif, Orientasi komunikasi dalam tim Anda, kemungkinan Anda telah menemukan Gaya Influencer. Para pemimpin tipe ini biasanya Antusias dan Selaras dengan orang lain di sekitar mereka. Mereka suka Membantu dan Memotivasi orang lain dan Kemampuan Alami untuk melakukannya.

Catatan: Seorang Influencer mungkin terlalu Bertele-tele dan Kesulitan untuk tetap Fokus. Juga tidak Teratur dan mudah dipimpin oleh orang lain. Menurut Lantz, seorang influencer harus berhati-hati untuk tidak membiarkan hubungan mereka dan ketakutan membuat keputusan yang baik.

Supporter (Pendukung). Mantap dan Tak Terusik, gaya seorang pendukung cenderung bagai lem yang mengikat tim mereka bersama-sama. Sulit untuk membuat mereka kehilangan kesabaran mereka dan mereka cenderung sangat loyal kepada orang di sekitar mereka. Mereka sabar, dapat diandalkan dan menciptakan rasa tenang dan stabilitas.

Hati-hati: Mereka dapat terperosok dalam keragu-raguan dan ketidakpuasan karena Sikap dan Sifat yang sama dalam Tim. Karena mereka tidak menyukai konfrontasi, mereka dapat menghindari situasi di mana itu tak terelakkan.

Analyzer (Penganalisa). Seorang yang Cerdas (Smart) dan Analitis dengan kecenderungan untuk mengikuti aturan, seorang Penganalisa adalah pemimpin yang detail dan mengajukan pertanyaan komprehensif dan selalu memastikan Kualitas dan Akurasi. Langkah mereka biasanya lebih lambat dibandingkan jenis pemimpin lain, tetapi pekerjaan akan dilakukan dengan benar sejak pertama kalinya.

Hati-hati: Seorang Pemimpin Analyzer dapat menderita “Kelumpuhan Analisis,” membiarkan Perfeksionisme dan menghambat pengambilan keputusan yang efektif. Mereka mungkin takut akan kesalahan atau kritik terhadap pekerjaan mereka, sehingga mereka ingin memastikan bahwa mereka memiliki semua informasi sebelum bergerak maju dan memutuskan. Mereka dapat dianggap sebagai mengelola hal remeh atau rewel, dan harus disadarkan ketika intervensi berlebihan dibanding mengambil tindakan atau keputusan.

ikhtisar.com

Leave a Reply