Kebutuhan untuk Pembaharuan terhadap Diri Sendiri

Bagi banyak orang Besar, menjadi Biasa dalam Lingkungan adalah sebuah Bencana atau Tragedi.  Jika Anda mampu menjadi Orang Luar Biasa (extraordinary) kenapa harus melakoni kehidupan dengan biasa-biasa saja.  Tuntutan zaman yang sudah sangat Hyper-Culture seperti saat ini mengharuskan Anda tidak hanya Melakukan Pekerjaan, namun juga Mampu Bersaing dan mengenali Hal-hal Baru baik Perangkat Teknologi atau Proses Kerja.  Ketidakmampuan Anda menyegarkan Diri dan Semangat Hidup tidak berimbas pada Masyarakat dalam Jangka Panjang.

Pertama #Kenalilah Diri Anda

Langkah Pertama dalam sebuah Pembaharuan adalah Mengenal Diri Sendiri dengan Bijak dan Objektif.  Hal ini membawa Anda untuk menjaga Kesehatan Mental, karena banyak orang lari dari Kegagalan dan Takut akan Perubahan Dunia.  Mengenali diri sendiri adalah proses Bagaimana Anda mampu Menerima Keadaan dan Kondisi yang ada pada Jiwa Pribadi serta siap untuk melakukan Perubahan.  Individu yang telah asing terhadap diri mereka telah kehilangan Kemampuan untuk Pembaharuan Diri.

Kedua #Prinsip Pembaharuan Kualitas Diri

Proses pembaharuan secara Personal berdampak pada Organisasi dan Sosial secara Kualitas Abadi.  Apakah Prinsip Pembaharuan tersebut:

1.  Pembaharuan Sosial dan Organisasi tergantung pada Individu yang memiliki Kapasitas untuk Membangun Pembaharuan.  Individu yang berkualitas dan ingin melakukan Pembaharuan secara langsung menjadikan Kelompok dan Organisasi Anda menjadi Organisasi Pembaharuan.

2.  Perlu Adanya Motivasi, Komitmen, Keyakinan dan Nilai yang memberikan Arti bagi Kehidupan.  Tanpa ada Motivasi maka Anda sulit untuk menyakinkan Diri Sendiri akan keberhasilan dalam Pembaharuan.

3.  Visi yang perlu dibagi sehingga tidak akan menjadi masalah terhadap Individu, Kelompok atau Sosial Masyarakat.  Nilai yang tertuang dalam sebuah Visi perlu dijabarkan kepada orang yang berkepentingan dalam sebuah Pembaharuan.

4.  Pikiran Anda lebih dominan menjadi Penghalang bagi Pembaharuan dibandingkan Lingkungan Eksternal.  Apa yang menjadikan Anda sukses semua terletak dalam sebuah Pemikiran.

5.  Tiada ada Kelompok Masyarakat yang memperbaharui diri kecuali ingin Maju dengan Optimisme dan Keyakinan pada Masa Depan.

6.  Masyrakat Pembaharuan akan mengacu pada Proses Sistem Kerangka Kerja yang mengandalkan Inovasi dan Perbaikan Berkelanjutan.

Ketiga#Sumber Pembaharuan

Melakukan Pembaharuan dapat dijalankan dengan beberapa cara berikut:

1.  Membantu orang lain yang tidak melakukan apa-apa bagi kita. Pada saat Anda membantu rekan kerja atau kolega dimana Anda tahu ada hasil yang tidak didapatkan dari hubungan tersebut, secara langsung Proses Pembaharuan Anda telah berjalan, dan pada akhirnya Anda akan mendapat sebuah cara bagi Diri Sendiri.

2.  Melakukan Percakapan dengan Orang-orang Bijak.  Pemikiran orang bijak menjadi landasan berpikir bagi Anda dalam sebuah Pembaharuan, banyak hal yang dapat dijadikan intisari perubahan dari sebuah Wejangan dan Nasihat.

3.  Mencari Tantangan dan Perubahan. Pembaharuan adalah bentuk dari Perubahan, dan untuk mendapatkan pembaharuan Anda perlu menerima Tantangan.  Sebuah Proyek Kerja jangan pernah dihindari, namun terima dengan Optimisme bahwa Keberhasilan akan jauh lebih bermanfaat bagi Diri Sendiri dibandingkan orang lain (atasan).

4.  Mencari Ketenangan dengan sebuah Buku Bagus.  Buku adalah Pengalaman orang lain yang dapat Anda pelajari tanpa harus bertatap muka dengan mereka.  Buku yang bagus akan memberikan banyak Inspirasi dan Motivasi dalam Pembaharuan Diri.

5.  Rekreasi dan Relaksasi.  Ketenangan dalam sebuah Buku lebih sempurna jika Anda lakukan sembari Rekreasi dan Relaksasi.  Mengunjungi Taman Kota atau Bukit dan Laut untuk berwisata memberikan Kesegaran Pikiran Anda mencari sebuah Ide Pembaharuan dalam Hidup.

Pembaharuan adalah Proses Perubahan untuk mendapatkan Hasil Lebih Baik dalam Jangka Panjang, dan setiap Pembahgaruan pada Diri Sendiri adalah menjadikan Anda siap dengan Tantangan dan Ketidaknyamanan.

ikhtisar.com

Leave a Reply