Apa Saja yang Menjadi Kebiasaan Manusia Efektif dalam Hidup dan Karir

Stephen R Covey dengan Buku Best Sellernya menjelaskan tentang 7 habits of Highly Effective People, dimana semua bertujuan untuk Pengembangan Diri menjadi Lebih Baik dan Lebih Bermanfaat.  Pengembangan Diri ini berdampak pada Perbaikan Kualitas Hidup, Kemajuan Karir dan Peningkatan Bisnis.  Stephen R Covey membagi menjadi 7 Perilaku Efektif yang tidak dapat digantikan satu dengan lainnya dan haruslah berurutan dalam Implementasi serta Prakteknya untuk mendapat Manfaat yang Diharapkan.

7 kebiasaan efektif ini sudah tidak lagi menjadi barang langka dan barang baru dalam Dunia Manajemen dan Psikologi Manusia Modern saat ini.  Namun karena masih sangat relevennya Perilaku Efektif ini dalam Pengembangan Diri Anda, maka lebih lanjut tentang 7 Habits of Highly Effective People.

1.  Jadilah Proaktif.

Kemampuan Anda membangun Hubungan Komunikasi yang efektif kepada lawan Bicara atau Jaringan Profesional Anda dalam sebuah Organisasi.  Sikap dan Perilaku Proaktif menjadi salah satu Dasar Pertama untuk membangu Diri dan Pribadi yang Jauh Lebih Baik.

2.  Mulailah dengan Tujuan Akhir.

Mencapai Tujuan Hidup yang Mulia adalah Impian setiap orang.  Anda sebagai salah satu Orang Besar dalam Lingkungan Anda, tentu sangat ingin mendapatkan apa yang dicita-citakan dalam Kehidupan.  Perlu kiranya Anda membuat Blue Print Hidup Anda untuk 1 tahun atau 10 tahun berikutnya.

3.  Mendahulukan yang Utama.

Berpikir yang Utama bukan berarti Anda akan melupakan hal kecil atau rutinitas harian.  Mendahulukan yang Utama merupakan Cara Efektif agar Anda mendapatkan Hasil Maksimal dan tidak terpengaruh kepada Kegiatan dan Tindakan Kecil yang cukup menyita Waktu dan Pikiran.

4.  Berpikir Menang-menang.

Mengalah untuk Menang, atau Banyak Mengalah atau Berebut Mengalah, mungkin bukan saatnya lagi menjadi Primadona Sifat dan Perilaku Anda.  Pada kali ini Anda perlu memperdalam Konsep berpikir Menang-Menang, dimana Anda mendapatkan keinginan dan orang lain juga memperoleh harapannya.

5.  Wujudkan Sinergi.

Sinergi adalah Konsep Kolaborasi yang menghasilakan Performa Jauh Lebih Besar dibandingkan Bekerja Terpisah dan Hasilnya digabungkan.  Sinergi adalah Perpaduan yang Chemistry dan Erat untuk mencapai Hasil Jauh dari sekedar 1+1=2.

6.  Berusaha Mengerti sebelum Dimengerti.

Sebelum Anda ingin dimengerti orang lain, adalah baik kiranya Anda mencoba Mengerti Orang lain sebelum pada Akhirnya Anda akan Dimengerti.  Mendahulukan Pengertian kepada Orang Lain akan berdampak langsung pada Diri Anda.

7.  Mengasah Gergaji.

Tiada Kata Berhenti dalam belajar.  Belajar adalah Kegiatan Terus Menerus sampai dengan Akhir Hayat Anda.  Mengasah Gergaji merupakan Pengertian Belajar Tiada Henti mencapai Kesempurnaan dalam Ketidaksempurnaan itu sendiri.

Perilaku tersebut diatas adalah Kebiasaan Manusia Efektif dalam Hidup dan Karir yang berfungsi dalam Pengembangan Diri.  Perilaku Efektif ini menunjang Performa Mental dan Alam Pikiran Anda.

Leave a Reply