Inilah Pentingnya Kebiasaan Kunci Seorang Super Networkers bagi Sukses Anda

kebiasaan super networkerKemampuan dan Keberhasilan dalam membangun jaringan dapat menjadi salah satu aset terbesar bagi bisnis suatu organisasi bahkan individu profesional. Hal ini dimungkinkan beberapa orang akan menemukan peluang yang luar biasa, sementara yang lain hanya menonton dari pinggir lapangan.

Jaringan (Network) yang efektif bukanlah hasil keberuntungan – itu memerlukan Kerja Keras (Hard Work) dan Ketekunan (Persistence). Apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Super Networker? Berikut adalah Kebiasaan yang paling penting untuk mengembangkan kemampuan Networking:

1. Ajukan Pertanyaan Mendalam (Insightful Question).
Ketika Anda menghadiri suatu acara networking seperti Seminar, Forum Diskusi, Product Launching dan lainnya, maka dapatkan nama-nama orang-orang yang akan hadir dan carilah situs media sosial mereka seperti LinkedIn dan Facebook untuk mencari tahu topik manakah yang paling menarik bagi mereka.  Sementara terhadap orang yang sudah berada dalam jaringan (Network) Anda, jangan pernah menganggap Anda mengetahui segala sesuatu yang mereka lakukan. Cari tahu apa yang saat ini mereka kerjakan atau mungkin mereka perjuangkan. Perhatian yang detail ini dapat menjadi persiapan Anda dalam kemungkinan bertemu empat mata pada saat makan siang atau makan malam.

2. Tambahkan Nilai (Add Value).
Salah satu praktek membangun jaringan yang paling kuat adalah dengan memberikan nilai langsung bagi relasi baru (New Connection).  Semisal saat Anda mengidentifikasi suatu cara untuk membantu seseorang, maka segeralah bertindak. Jika, misalnya, Anda mengetahui seseorang dalam network yang dapat membantu koneksi baru terhadap suatu masalah, maka hubungkan mereka segera dan Anda mundur dari keterlibatan tersebut.  Cara ini akan makin memperkuat hubungan Anda dengan Relasi Baru maupun Relasi Lama.  Ini menciptakan New Web dalam Networking Anda.

3. Pelajari Kisah Mereka
Mintalah pengusaha sukses untuk memberitahu atau bercerita pada Anda bagaimana mereka sampai di mana mereka berada. Kebanyakan orang menganggap ini sebagai latihan dalam membangun hubungan, tapi mendengar kisah-kisah ini dapat memberitahu Anda banyak tentang pendekatan seseorang untuk bisnis. Semakin Anda memahami mentalitas jaringan pasangan Anda, semakin baik Anda dapat menambah dan mengekstrak nilai dari hubungan Anda.
Sebagai contoh, beberapa pengusaha bangga bekerja 16 jam sehari dan melakukan apa pun yang diperlukan, sementara yang lain fokus pada yang strategis dan menunggu kesempatan yang tepat untuk membuka. Ini adalah petunjuk yang tidak hanya memungkinkan Anda untuk melihat Nilai Seseorang, tetapi juga seperti apa mereka bekerja.

4. Berbagi Fakta Mengesankan (Memorable Fact).
Ketika seseorang bertanya, “Apa yang Anda lakukan?” maka janganlah memberikan informasi kosong tentang Perusahaan dan Karir Anda. Sebutkan sesuatu yang bersifat pribadi dan mendefinisikan siapa Anda sebenarnya. Mungkin Anda memiliki gairah memainkan instrumen musik atau ter-obsesi dengan mengumpulkan barang-barang antik.  Hal tersebut juga termasuk dari “Apa yang Anda Lakukan” sehingga akan membuat sebuah titik penting dalam berbagi dengan mereka. Rincian Pribadi dapat membantu meringankan suasana dan membuat orang berbicara dengan nyaman.  Ciptakan kondisi komunikasi yang mengalir dengan berbincang mengenai Pribadi.

5. Simpanlah Daftar.
Apa rutinitas Anda setelah menghadiri suatu acara Networking atau Undangan Makan? Jika jawaban Anda adalah, “Aku Pulang,” Anda mungkin akan kehilangan beberapa kesempatan. Sebaliknya Tuliskan Topik penting yang muncul di acara tersebut. Kebiasaan ini dapat mencegah hilangnya sebuah peluang dan memberi Anda referensi dalam percakapan pada saat bertemu mereka. Anda juga dapat mengembangkan reputasi sebagaimana seseorang yang berada di puncak prestasi.  Menyimpan beberapa Daftar Topik Pembicaraan akan memperkuat imajinasi Anda dalam Networking.

6. Buatlah Janji dan Tepati.
Tidak peduli seberapa kecil janji yang Anda buat – seperti mengirim email atau membalas telepon – menepatinya akan menunjukkan karakter Anda. Dengan menindaklanjuti kata-kata Anda, Anda mulai membangun reputasi untuk dipercaya, yang persis bagaimana setiap networker besar ingin dianggap.  Janji adalah Hutang dan itu perlu dibayar sesuai dengan kesepakatan.

7. Berilah Penghargaan atau Hadiah.
Buatlah daftar lima atau sepuluh relasi top Anda dan lakukan sesuatu setiap minggu untuk memberikan Nilai Tambah bagi kehidupan atau bisnis mereka. Anda mungkin mengirim mereka sebuah buku atau mengatur makan siang bersama untuk sekedar memperkenalkan mereka kepada salah satu kontak Anda yang lain. Kebiasaan ini dapat membantu Anda menjadi lebih proaktif tetap berhubungan dengan kontak Anda yang paling kuat. Sama seperti dengan kebugaran tubuh atau investasi, orang yang paling sukses adalah orang-orang yang memilih untuk konsisten dalam tindakan mereka.

Jaringan dalam Kehidupan Individual cukup berpengaruh signifikan bagi kehidupan pribadi terlebih urusan bisnis.  Membangun Jaringan memerlukan Komitmen dan Konsistensi dengan mendahulukan orang lain, membantu permasalahan mereka sebelum Anda mendapatkan keuntungan dari itu semua.  Kebiasaan Super Networker dalam membangun Kontak dan Relasi adalah perilaku yang cukup mudah Anda pelajari dan lakukan.

Leave a Reply