Inilah Kebenaran mengenai Manajemen Perubahan yang perlu Anda ketahui

change managementAnda sering mendengar istilah Change Management?.  Tentu tanpa disadari Anda telah terlibat atau bahkan sebagai pelaku dalam Change Management.  Change atau perubahan adalah sesuatu hal yang tidak dapat terlewatkan dalam kehidupan Anda, terlebih jika Anda bekerja sebagai seorang profesional dalam lingkungan organisasi yang dinamis.  Perubahan akan cepat terjadi dan harus diadaptasi dengan baik.

Change Management adalah pola pendekatan yang sistematis kepada sisi manusia sebagai pelaku dalam sistem dan struktur organisasi itu sendiri.  Change Management bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manusia sebagai pelaku yang menjalankan sistem.  Perubahan sistem tentu lebih mudah dilakukan, namun untuk memperoleh hasil lebih baik maka para pelaku perubahan sistem pun harus mau dan mampu untuk berubah.  Inilah tantangan Anda menjadi seorang penggerak Change Management.

Terkadang banyak organisasi yang stagnan karena cukup puas dengan pencapaian yang ada, terlena dengan kenyamanan dan dibutakan oleh kebenaran.  Perilaku puluhan tahun yang ternyata memberikan hasil dan kinerja yang sesuai, tidak diselaraskan dengan banyaknya perubahan yang terjadi.  Hanya menunggu waktu untuk sebuah kegagalan bagi organisasi yang tidak siap dalam perubahan.

Berikut beberapa hal yang menjadi kebenaran sejati mengenai Manajemen Perubahan (Change Management), sebagaimana dikutip dari linkedin.com.

1.  Perubahan itu Tidak Mudah

Banyak orang akan meremehkan sebuah perubahan, dan banyak diantara mereka yang belum pernah atau tidak pernah mau menjalani sebuah perubahan.  Perubahan sangat terkait dengan transisi individu, tim dan organisasi dari kondisi saat ini menuju kondisi masa depan yang belum diketahui.  Ketidakpastian inilah yang membuat banyak orang enggan atau khawatir dengan adanya perubahan.  Untuk itulah Anda seagai pribadi dan profesional perlu paham bahwa Change is Hard – Perubahan itu Tidak Mudah.

2.  Orang butuh Dukungan Berkelanjutan

Tidak mungkin rasanya Anda bekerja sendiri membangun perubahan dan berhasil.  Butuh orang lain untuk saling mendukung dan bekerjasama.  Sebagai pemimpin Anda harus bisa menunjukkan “Mengapa” dan “Bagaimana” perubahan itu terjadi.  Kesiapan dalam proses perubahan akan memberi pengaruh pada orang-orang sekitar Anda untuk mau berkontribusi menciptakan masa depan yang lebih baik.

3.  Rencana terbaik yang terabaikan

Tentunya perencanaan terbaik dibutuhkan dalam sebuah perubahan, namun jika tidak ada aksi nyata maka akan menjadi wacana semata.  Perencanaan Change Management yang baik perlu pengaturan, komunikasi, pelatihan dan dukungan.  Rencana harus dibuat realistik, ditindaklanjuti dan disesuaikan.

4.  Pemimpin bukan agen perubahan

Meski Anda menjabat posisi tertinggi bukan berarti Anda berlaku sebagai agen perubahan.  Perubahan membutuhkan kepemimpinan dengan waktu yang sangat besar dan komitmen untuk sukses.  Posisi dan Jabatan tidak menjamin sebuah perubahan akan terjadi.

5.  Penolakan akan terjadi

Meski orang tidak takut dengan perubahan, namun setiap perubahan tentu akan banyak menghadapi resistensi.  Anda perlu cari jalan bagaimana memanfaatkan penentang dan energi mereka dengan cara positif.  Perlawanan pasti terjadi dan tidak dapat diabaikan.

6.  Jangan Takut Kotor

Anda akan bertempur dengan beragam kondisi untuk mencapai perubahan.  Perlu konsistensi menghadapinya jangan takut kotor untuk meraih sukses dari sebuah perubahan.

7.  Butuh Waktu

Terkadang perubahan mungkin terjadi lebih cepat dari yang Anda bayangkan, namun pastinya setiap perubahan akan butuh waktu.  Perubahan budaya atau perubahan yang transformasional tidak terjadi dalam semalam.  Yang penting Anda tidak menyerah ditengah proses perubahan yang dilakukan.

8.  Anda adalah apa yang Anda lakukan

Jadilah role model dalam perubahan, karena semua melihat Anda.  Anda adalah apa yang Anda lakukan, dan Anda harus mewujudkan nilai-nilai dan perubahan yang mereka inginkan.  Untuk menjadi panutan, merangkul perubahan, contoh yang terbaik dari apa perubahan adalah semua tentang, memimpin dengan contoh.

9.  Pelanggan perlu Tahu

Perubahan tidak hanya menjadi konsumsi internal organisasi, namun selurh pelanggan Anda perlu tahu akan adanya perubahan.  Mereka perlu mengetahui bahwa Anda membuat perubahan, meski tidak harus rinci apa yang tengah berubah.  Melibatkan pelanggan dan berkomunikasi dengan mereka selama proses perubahan akan berfungsi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan loyalitas.

10.  Keberhasilan mungkin tidak terjadi pertama kalinya

Namun jangan takut untuk beradaptasi dengan proses awal yang telah dilakukan.  Anda dapat memeprbaiki kerangka kerja, atau anggota tim yang terlibat. Setiap organisasi berbeda, setiap budaya perusahaan berbeda, dan kerangka kerja sebuah Change Management harus fleksibel dan disesuaikan dengan organisasi dan jenis perubahan. Jangan pernah menyerah pertama kali meski sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, dibahas dan dianalisa.

Perubahan adalah sebuah proses, proses memimpin, proses mengelola dan proses mencapainya.  Butuh pengakuan bahwa kenyataan pahit akan menjadi bagian dari perubahan itu.

Leave a Reply