Memilih Karir sebagai Penulis Lepas

Memilih karir sebagai penulis lepas
Memilih karir sebagai penulis lepas

Jika Anda memilih karir sebagai Penulis Lepas karena passion, maka perlu diketahui bahwa jenis karir ini cukup menantang di lapangan. Dengan menggunakan kemampuan menulis Anda, ide pekerjaan ini adalah untuk mendapatkan PENGHASILAN. Sebagai penulis lepas atau independen Anda bisa menulis BUKU, ARTIKEL, SKRIP, atau MAKALAH penelitian.  Karir sebagai penulis lepas adalah pilihan karir yang menjanjikan, selama Anda mau dan mampu berkembang dengan perubahan industri ini.

Manfaat Memilih Karir sebagai Penulis Lepas

  • Keleluasaan WAKTU dan TEMPAT kerja
  • Menjadi BOSS diri sendiri
  • Bebas menentukan JENIS dan MODEL Pekerjaan
  • Negosiasi KERJASAMA yang lebih LUAS
  • Penghasilan TAK TERBATAS

Pekerjaan penulisan lepas termasuk diantaranya menulis untuk blog dan situs web. Ada juga menulis kolom atau artikel dalam media cetak lainnya.  Jenis Pekerjaan yang dilakukan dapat berbeda dari PENELITIAN hingga COPYWRITING, mulai dari aktivitas penulisan hingga perancangan situs, atau dari tugas ENTRY DATA hingga pengembangan APLIKASI. Pilihannya cukup banyak, Anda hanya perlu memilih dan memilah bidang yang Anda yakini dan sukai pastinya.

Sebagai Penulis Lepas jelas memberi Anda jam kerja yang FLEKSIBEL serta membantu Anda menjadi atasan diri sendiri maupun memegang kendali atas penghasilan Anda.  Cukup FOKUS, KONSISTEN dan KOMITMEN dengan memilih karir sebagai penulis lepas untuk sukses Anda. Keleluasaan jam kerja adalah salah satu poin utama meningkatkan kinerja Anda dalam menulis.

Cukup FOKUS, KONSISTEN dan KOMITMEN dengan memilih karir sebagai penulis lepas untuk sukses Anda

Tugas menulis freelancer bisa ditargetkan sebagai profesi PARALEL pada periode pertama, namun Anda dapat mengambilnya menjadi PEKERJAAN TETAP tergantung dari VOUME pekerjaan dan kapasitas penghasilan secara jangka panjang. Bergantung pada keahlian Anda pada bidang tersebut, Anda dapat menentukan sejumlah biaya untuk setiap KONTRAK menulis atau setiap PROYEK penulisan.

Hal-hal yang harus dihindari sebagai Penulis Lepas

  • Menulis pada saat Jam Kerja Anda sebagai Karyawan
  • Membahas TEMA yang rawan FRIKSI atau konflik kepentingan
  • Menggunakan FASILITAS kantor Anda bekerja

Pekerjaan menulis lepas bukan tanpa ASPEK NEGATIF, terutama jika Anda juga bekerja disaat bersamaan. Pekerjaan freelance yang mungkin Anda lakukan dapat sebanding atau membandingi pekerjaan yang Anda lakukan di tempat kerja sekarang. Lagi-lagi meski pekerjaan kompilasi ini berasal dari wilayah lain, namun demikian dapat berpotensi menjadi konflik kepentingan.  Anda perlu bijak dalam menyikapi pekerjaan sebagai Penulis Lepas jikalau masih bersifat paruh waktu.  Sebisa mungkin Anda lakukan pekerjaan ini diluar jam kerja pasti Anda, sehingga potensi masalah dapat dihindari.

Meski isu sebagai penulis lepas kurang terdengar, akan tetapi jika Anda cukup terbuka dengan penawaran apa pun, masuk akal jika meminta saran pengacara dalam menyelesaikan potensi masalah yang ada. Perusahaan diluar sana sangat membutuhkan tenaga kerja dengan segera untuk mengelola kelebihan BEBAN KERJA mereka.  Ini adalah peluang bagi Anda, namun juga perlu ANTISIPASI terhadap kerjasama yang dilakukan. Teliti term and condition lebih dalam, agar tidak terjadi friksi lebih jauh.  Baik dengan partner Anda atau dengan rekan kerja di kantor.

Tidak ada KUALIFIKASI atau LISENSI khusus yang diperlukan untuk menjadi penulis lepas. Yang Anda butuhkan hanyalah PENGETAHUAN dan WAWASAN yang benar mengenai KERANGKA WAKTU yang ditentukan. Pekerjaan penulisan lepas terutama tersedia di World Wide Web, namun Anda harus memiliki PORTOFOLIO dan RESUME yang mengesankan, untuk mengajukan tawaran dan kerjasama tugas tersebut.

Ada banyak sekali KOMPETISI, disamping juga banyak serangkaian TAWARAN yang menanti. Anda pasti memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda dengan berbagai pilihan. Anda harus ingat bahwa kewajiban JANGKA PANJANG dan KONEKSI (jejaring) perlu dibangun untuk melanjutkan pekerjaan menulis lepas.

Tidak ada KUALIFIKASI atau LISENSI khusus yang diperlukan untuk menjadi penulis lepas

Anda perlu MEMPROMOSIKAN dan MEMASARKAN pekerjaan Anda, jika tidak, Anda tidak akan dapat menjual bakat KREATIF Anda untuk menghasilkan uang yang selalu diinginkan. Tangani beberapa proyek secara bersamaan untuk menjamin tidak ada waktu terbuang percuma. Lakukan pekerjaan Anda dengan EFEKTIF dan EFISIEN.  Nikmati pekerjaan kompilasi freelance dan nikmati profesi mandiri Anda dengan penghasilan tetap.

Menjadi penulis lepas bukanlah pekerjaan remeh temeh yang tidak berdaya guna.  Anda telah melatih KEMAMPUAN dan KETRAMPILAN menulis, dan pastinya meningkatkan KAPASITAS dan KAPABILITAS berpikir Anda dengan banyak membaca.  Menulis adalah bagian dari pengembangan diri menjadi lebih KREATIF.

Leave a Reply