Pilihan Tepat Karir Profesional bagi Anda sebagai Bidan

profesi bidanKetika semakin tingginya Tingkat Kesadaran Masyarakat, khususnya terhadap Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Kehamilan dan Janin, tentu makin tinggi pula Antusiasme terhadap Institusi Kesehatan seperti Puskesmas, Klinik Kesehatan dan Rumah Sakit.  Dan dengan semakin kompleksnya Tingkat Kondisi Kesehatan Masyarakat, maka semakin Tinggi pula permintaan akan tenaga Kesehatan Masyarakat, baik Dokter, Perawat ataupun Bidan.

Pada saat ini Profesi sebagai Bidan masih menjadi Profesi pilihan “kedua” bagi banyak calon Profesional, dibandingkan Tenaga Medis lainnya seperti Dokter, Perawat atau Apoteker.  Sedemikian Sekolah Pendidikan Bidan masih Dominan diisi oleh orang-orang Urban untuk kembali mereka Implementasikan di daerah mereka.

Menjadi Bidan sama halnya menjadi seorang Profesional Sejati yang akan menggeluti Dunia Kesehatan sebagaimana Dokter khususnya, namun lebih profesi ini lebih dekat dengan Masyarakat Sekitar.  Sehingga seorang Bidan dapat lebih ternama di daerah pinggiran atau pedesaan dibandingkan daerah perkotaan.  Seorang Bidan yang notabene banyaknya dari kaum Wanita ini merupakan Tenaga Medis Profesional yang sangat Membumi.  Pendekatan secara Personal yang dilakukan kepada Pasien memberikan efek Psikologi lebih baik terhadap Kesehatan Masyarakat.  Bahkan seorang Bidan Profesional dapat memiliki sebuah Klinik Kesehatan Lengkap dengan Peralatan Modern dan Canggih karena adanya kebutuhan Masyarakat.

Bagaimana Anda menyikapi diri jika Profesi Bidan menjadi Pilihan Anda dalam menjalani Kehidupan Profesional.  Selain mungkin terikat dengan Aturan Pemerintah, karena banyak Bidan yang berfungsi sebagai Abdi Negara, Bidan dapat mengembangkan Ketrampilan dan Kemampuan Kebidanannya secara Mandiri.

Berikut beberapa Hal yang perlu Anda perhatikan sebagai Tenaga Profesional Bidan:

1.  Mengantisipasi Kebutuhan Masyarakat akan Pelayanan Kesehatan (Kebidanan) yang makin Tinggi dan Berkualitas.  Saat ini didaerah Perkotaan pun Masyarakat cukup Antusias dengan Tenaga Medis Bidan, karena makin Profesional dan Terampil.

2.  Mengantisipasi Perubahan Regulasi Pemerintah dan Dinamika Masyarakat.  Dengan membaca setiap perubahan aturan dan kebijakan tentang Kesehatan Masyarakat maka seorang Bidan akan mampu Beradaptasi terhadap Kondisi Lingkungan.

3.  Mengamati Persaingan Global Dunia dan Perkembangan Teknologi.  Perubahan tidak dapat dihindari, setiap perubahan akan menjadikan Anda sebagai Profesional wajib belajar sesuatu yang baru.  Perubahan diharapkan memberi Hasil Lebih Baik.

Bidan berkualitas adalah Bidan yang memiliki Pengetahuan (Knowledge) Ketrampilan (Skills), dan Sikap Profesional (Professionalism). Tenaga Bidan ibarat Tenaga Dokter yang akan mengabdi bagi Dunia Kesehatan, baik secara Struktural atau Fungsional.  Jalur Pengembangan Karir Profesional Bidan dapat dilakukan di RS Negri, RS Swasta, Puskesmas atau Klinik Swasta lainnya.  Pada level tertentu seorang Bidan dapat menjadi Kepala Ruangan, Kepala Seksi dan lainnya.  Bidan dengan Kemampuannya akan fokus pada Kesehatan Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak atau Bayi.  Secara Tanggung Jawab, seorang Bidan dapat melakukan beberapa Fungsi Profesional sebagai Berikut:

1.  Fungsi Pelaksana.

Menjadi seorang Bidan yang Langsung menangani permasalahan pasien, seperti Kehamilan, Masa Kehamilan, Persalinan, Bayi Baru Lahir, Masa Nifas, Pelayanan KB, Gangguan Sistem Reproduksi, Masa Klimakterium dan Menopause, dan Pelayanan Anak atau Balita.

2.  Fungsi Pengelola.

Mengembangkan Pelayanan Kesehatan bagi Individu dan Keluarga, Kelompok dan Masyarakat diwilayah Kerjanya.  Serta berpartisipasi dengan Tim lainnya dalam Pengembangan Kesehatan Masyarakat.

3.  Fungsi Pendidik.

Memberikan Penyuluhan Masyarakat yang berhubungan dengan Kesehatan Ibu, Anak dan KB, serta membimbing Kader dan Siswa Bidan dan Keperawatan di Wilayah Kerjanya.

4.  Fungsi Peneliti.

Berperan serta dalam Penelitian dan Investigasi Kesehatan baik Mandiri atau Kelompok.

Seorang Bidan adalah Seorang Profesional Sejati, karena aspek Personal sangat dibutuhkan dalam Lingkup Pekerjaan yang berhubungan langsung kepada masyarakat.

ikhtisar.com

Leave a Reply