Karir dan Pekerjaan adalah sebuah fenomena penting dalam kehidupan Anda

Anda mungkin akan berkata, “Saya seorang Akuntan”, ketika ada seseorang bertanya Karir Anda.  Tidak salah namun mungkn pula tidak tepat.  Karir dan Pekerjaan adalah dua sisi yang cukup berbeda, jika Anda mampu mengartikan lebih dalam.  Karir adalah Hasrat yang Anda rasakan, sedangkan Pekerjaan adalah apa yang tampak dan diperlihatkan kepada orang lain.  Mengutip dari Bukunya René Suhardono, Your Job is Not Your Career, Anda akan diajak mempelajari lebih jauh mengenai Karir dan Pekerjaan secara mudah.

career n jobJabatan, Pangkat, Tempat Kerja, Uang dan Fasilitas Kantor mungkin merupakan bukti keberhasilan Anda dalam Pekerjaan, namun demikian perlu pula dipahami bahwa itu semua adalah Pelengkap Pekerjaan dan bukan Karir itu sendiri.  Mungkin Karir Anda adalah seorang Pembicara Publik, walau Status Anda bekerja pada sebuah Event Organiser.  Anda perlu mendefinisikan Diri Pribadi sebelum menjelaskan Pekerjaan.  Perkenalkan Diri Anda sebelum memperkenalkan Posisi dan Jabatan Kerja Anda.  Karir adalah Kejujuran dan Keberanian akan Diri Sendiri.

Mengapa Anda bekerja?.  Tentu akan banyak jawaban yang didapat dari pertanyaan ini, mulai dari Mengisi Waktu, Mencari Uang, Ibadah, Tuntutan Keluarga dan lainnya.  Bekerja adalah bagian dari aktualisasi Karir Anda, bukan sebaliknya Karir adalah Pekerjaan.

Berikut beberapa Pengertian Dasar tentang Pekerjaan dan Karir yang cukup mudah dipahami yakni:

1. Karir adalah Diri Anda, dan tidak dapat diambil orang lain.  Karir selalu berbicara tentang Impian dan Mimpi Terbaik dalam Hidup Anda.  Karir akan menggiring Anda mencari Pekerjaan yang sesuai dengan Kepribadian dan Karakter.  Karir selalu menjadikan Anda do the best dalam setiap Pekerjaan.

2.  Pekerjaan adalah Milik Pemberi Kerja, seperti Perusahaan, Organisasi, Pabrik dan lainnya.  Pekerjaan akan hilang pada saat Anda berhenti, diberhentikan ataupun pensiun.  Pekerjaan tidak menuntut suasana Hati dan Perilaku Pribadi Anda, karena telah mempunyai Aturan dan Prosedur yang harus dilakukan.  Pekerjaan tidak mempunyai Kebebasan memilih.

Karir adalah perjalanan yang tengah Anda lakukan, dan tidak perlu dilihat sebagai garis lurus.  Dalam artian bahwa Anda mungkin saja melakukan banyak pekerjaan dalam karir, dan bisa pula Anda berganti profesi didalamnya.  Karir Anda tidak ditentukan oleh latar belakang pendidikan, latar belakang pengalaman kerja atau lainnya.

Karir merupakan Totalitas Anda dalam menjalani Hidup, tidak hanya terkait dengan cara memperoleh penghidupan.  Karir adalah Passion, Tujuan Hidup, Nilai atau Values dan Motivasi dalam Berkarya.  Tujuan Karir adalah kebahagiaan Diri Sendiri dan Lingkungan Anda, seperti Keluarga.

Pekerjaan adalah :

1.  Alat dan Instrumen yang dipergunakan Perusahaan untuk mencapai Tujuan Organisasi.
2.  Sarana bagi Individu untuk memenuhi Kebutuhan Hidup dan Berkarya.
3.  Jalan untuk berkembang secara Pribadi dan Profesional.
4.  Kendaraan untuk memperoleh Pencapaian Pribadi dan memberikan Kontribusi Lingkungan.

Karir adalah :

1.  Proses Pengenalan Diri Sendiri, dan mengetahui hal-hal yang sangat diminati.
2.  Bagaimana Anda menjalani Hidup yang Bermakna.
3.  Bagaimana Anda dapat diingat sampai akhir waktu.
4.  Bagaimana Anda senantiasa mempunyai Pandangan Positif.
5.  Semangat untuk terus melakukan Perbedaan dalam hidup.
6.  Bagaimana mencapai Kebahagiaan dan Kepuasan dalam Hidup.

Karir dan Pekerjaan mungkin dapat berjalan berdampingan, jika Anda telah menemukannya.  Namun perlu dipahami bahwa Karir dan Pekerjaan adalah dua sisi yang bertolak belakang.  Seorang Editor Majalah mungkin merasakan kenikmatan pada saat Bercocok Tanam Organik di Tanahnya yang luas, atau mungkin seorang Atlet akan menemukan jati dirinya ketika menjadi Pelatih.  Karir dan Pekerjaan perlu pengembangan berkesinambungan, sehingga Anda mendapatkan Pekerjaan yang sesuai Karir Anda.

ikhtisar.com

Leave a Reply