Karakter Pemimpin Sejati Dengan Memiliki 3C

Karakter Pemimpin Sejati Dengan Memiliki 3C

Karakter Pemimpin Sejati Dengan Memiliki 3C

Ikhtisar.com – Pemimpin sejatinya merupakan tonggak dari sebuah organisasi. Baik itu organisasi bisnis, organisasi sosial kemasyarakatan maupun organisasi yang lain. Banyak literatur yang menjelaskan mengenai karakter dan teknik kepemimpinan sejati. Meskipun pada dasarnya memiliki konsep yang sama.

Memimpin berarti merupakan teknik atau seni agar organisasi dan anggota yang dipimpinnya menjadi ke arah yang lebih baik. Dia harus menjadi orang yang terbaik diantara para anggotanya. Meski demikian pemimpin adalah seorang karismatik yang bisa berpengaruh terhadap orang-orang yang dipimpinnya.

Salah satu teori yang mengatakan bahwa pemimpin membutuhkan 3C. Yaitu singkatan dari Character Change, Clear Vision, Competence. Berikut ini mengenai berbagai penjabarannya :

1.  Character Change

Seorang pemimpin harus memiliki jiwa karakter yang mampu mengubah organisasinya dari yang baik menjadi lebih baik. Dia harus menjadi orang yang mampu membangun motivasi bawahannya agar bisa bekerja dengan lebih baik dan menyulut semangat menjadi lebih besar. Pemimpin adalah sosok yang mampu mengubah karakter negatif menjadi positif.

2.  Clear Vision

Visi dan misi sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin agar bisa membawa arah organisasi menjadi lebih baik lagi. Adanya visi akan membuat pemimpin mengerti apa tujuan yang harus dicapai dan apa yang harusnya dilakukan. Bahkan visi juga digunakan sebagai tolok ukur untuk menentukan kesuksesan seorang pemimpin setelah selesai masa jabatannya. Visi seorang pemimpin yang tidak jelas akan menggambarkan sosok seseorang pekerja biasa dengan level organisasi lebih tinggi semata.

3.  Competence

Kompetensi menjadi salah satu hal yang wajib miliki pemimpin. Kompetensi bisa dalam bentuk skill berkomunikasi, berbicara, bernegosiasi, public speaking hingga kompetensi untuk menganalisa pasar di masa yang akan datang. Kemampuan unik ini akan sangat mendukung pada saat menjalankan organisasinya agar bisa berpengaruh dan memberikan dampak positif di lingkungannya. Pemimpin yang tidak kompeten dan hanya karena mendapatkan kesempatan struktural, maka suatu waktu akan turun dengan sendirinya.

Pada dasarnya kebutuhan pemimpin tidak hanya 3C di atas saja. Melainkan sangat kompleks, lebih dari itu pemipin harus senantiasa bisa bekerja dengan lebih cepat, belajar lebih baik, memiliki kemampuan interprersonal, teknis, pengetahuan dan kemampuan melakukan hubungan sosial.

Satu lagi karakter seorang pemimpin yang wajib dimiliki adalah amanah dan dapat dipercaya. Dia harus menjadi sosok yang bisa dipercaya oleh bawahannya, ketika pemimpin memerintahkan sesuatu maka semua bawahannya harus bisa menerima dengan kesadaran dan pemikiran terbuka.

Salah satu kalimat motivasi dari John Maxwell adalah ”The only way that I can keep leading is to keep growing. The day I stop growing, somebody else takes the leadership baton. That is the way it always it.” Artinya bahwa satu-satunya cara agar saya tetap menjadi pemimpin adalah saya harus senantiasa bertumbuh. Ketika saya berhenti bertumbuh, orang lain akan mengambil alih kepemimpinan tersebut.

Demikian penjabaran singkat mengenai karakter kepemimpinan sejati dengan 3C. Semoga bisa menjadi salah satu referensi anda untuk memimpin dengan lebih baik atau memilih pemimpin yang berkarakter baik pula.

Leave a Reply