Mengapa Anda perlu Paham bahwa Karakter dan Kompetensi itu Berjalan Seiring

Menjadi Wajib dan Krusial untuk selalu Mengedepankan Karakter Positif dalam Hubungan Anda sebagai Atasan kepada Bawahan maupun sebaliknya.  Hubungan Komunikasi Timbal Balik pun selalu mengharuskan Karakter yang Kuat dan Konstruktif.  Karakter sudah merupakan Senjata Utama Anda membangun Kepribadian dan Kepemimpinan.  Selanjutnya, Karakter akan diiringi pula dengan Kompetensi Anda, baik dalam Urusan Sosial, Ekonomi, Bisnis mapun Kepemimpinan.  Stephen Covey berkata, “Character is what we are; Competence is what we can do.  The Reality is that Character and Competence drive everything else in The Organization”.  Karakter dan Kompetensi saling Terkait untuk Menggerakkan Organisasi Anda.

Bagaimana Anda dapat menselaraskan Tim dalam Bisnis dan Organisasi untuk sukses? Dua Kunci Utama yakni Karakter dan Kompetensi menjadi Fundamental bagi Organisasi Anda.  Banyak Perusahaan yang memiliki Talenta Berbakat dengan Kompetensi Tinggi namun kurang dalam Karakter Kunci.  Demikian pula sebaliknya, banyak orang yang mumpuni Karakternya namun kurang Kompeten dengan Pekerjaan.

Keselarasan Karakter dan Kompetensi sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan Organisasi Anda.

Karakter atau Kepribadian

Bentukan yang diperlukan bagi Individu atau pribadi dalam menghadapi Tantangan dan Kondisi Dunia Kerja, Bisnis, Ekonomi maupun Politik.  Karakter merupakan Perilaku yang bersifat Personal namun mengendalikan Keberhasilan Tim dalam mencapai Target dan Kinerja.  Karakter Utama yang sangat digaungkan dalam Konsep Kepemimpinan diantaranya seperti Positif, Semangat, Mendengarkan, Bertanggung Jawab, Disiplin dan lainnya.  Karakter inilah yang akan membangun Kekuatan dalam Kepemimpinan Anda.  Apa jadinya jika Anda seorang Manajer Produksi yang sangat intens dengan Sistem Kerja Sempurna dipromosikan menjadi Wakil Direktur Operasi dengan Tantangan Kepemimpinan yang Tidak Nyata sebagaimana Mesin Produksi?.  Tanpa bekal Karakter yang Kuat dan Positif maka Anda akan cukup Sulit dan Lelah memangku Jabatan tersebut.  Karakter bukan hanya Ungkapan Kata-kata namun merupakan Tindakan Nyata.  Karakter adalah Pilihan Anda untuk melakukannya atau menghindarinya.  Karakter memberikan keleluasaan Sukses Bersama secara Langgeng.

Kompetensi atau Keahlian

Ketrampilan Anda pada bidang tertentu membuat Anda disegani dan dikagumi.  Kompetensi Anda dalam Bidang Pemasaran menjadi Barometer Sukses Perusahaan, seoah tidak dapat dipungkiri.  Bisnis dan Organisasi yang tidak mendorong berkembangnya Karakter dan Kompetensi akan merasakan Kejatuhan di Pasar, Reputasi, Retensi Karyawan dan Keuntungan.  Pengembangan Kompetensi menjadi program dasar Organisasi untuk Sustain dalam Perjalanan Panjangnya.  Kompetensi perlu terus dilakukan dan dilatih setiap hari dengan Belajar hal baru, Tindak Lanjut yang baik dan Inspirasi kepada Lingkungan Anda.

Apakah mungkin Anda mengembangkan Karakter? Yang mana hal ini seolah menjadi pekerjaan orang tua pada saat Anda masih kanak-kanak.  Dan bukankah seharusnya karakter menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing karyawan?.

Pada saat ini pelajaran Karakter sebagaimana tahun-tahun terdahulu mulai berkurang diajarkan, Perilaku Sabar, Kerja Keras, Saling Menghargai mulai sedikit demi sedikit tersisihkan Teknologi, sehingga Anda tidak aneh melihat Sifat Individualis, Egois, Arogan dan lainnya.

Anda sebagai Pemimpin Perusahaan perlu sangat peduli bagaimana Karyawan bekerja dengan Integritas Tinggi, Tidak “Mencuri” dari Perusahaan, Bekerja Produktif, Efektif dan Efisien, sehingga tujuan Akhir tidak hanya Keuntungan atau profit semata, namun Keberlangsungan Perusahaan bagi StakeHolder maupun Karyawan akan bertahan lama.  Perusahaan Anda perlu tetap membangun Nilai dan Prinsip Karakter Pribadi masing-masing Individu dalam Organisasi.

Kompetensi jauh lebih mudah untuk dilatih dan dikembangkan, dengan begitu banyaknya Buku, Kelas, Literatur dan Seminar.  Karakter juga berdampak Kolektif bagi Organisasi dan ini juga memerlukan Pelatihan dan Pengembangan sebagaimana Kompetensi.  Perusahaan yang benar-benar sukses besar adalah yang mengembangkan orang-orang mereka di Karakter dan Kompetensi. Apakah Anda salah satu dari mereka? Yang menjadikan Karakter dan Kompetensi Berjalan Seiring.

ikhtisar.com

Leave a Reply