Jalan Sukses dengan Memulai dari Tujuan Akhir

Dalam Habits kedua menurut Buku 7 Habits Stephen R Covey, adalah Melakukan atau Memulai Sesutu dari Tujuan Akhir yang hendak dicapai.  Sebuah Cita-cita atau Harapan adalah Tujuan Akhir dan Proses yang dilalui untuk mewujudkannya adalah dengan Menanamkan dalam Benak dan Hati bahwa Anda mampu dan sanggup meraih Impian.  Dalam Hidup Anda harus memiliki “Dreams”, karena Tanpa Cita-cita dan Mimpi Anda tidak memiliki Hidup yang Berarti.  “If we couldn’t dream, our lives wouldn’t mean anything anymore-Georg Kaiser”.  Dan mimpi akan jadi kenyataan ketika Anda Berani Meraihnya, “All dreams come true if we have the ourage to persue them-Walt Disney”.

Cita-cita adalah Imajinasi dalam Alam Pikiran Anda yang akan diraih dengan Cara Bertindak untuk mewujudkannya.  Inilah dasar penciptaan segala sesuatu dalam Hidup Anda, yakni Alam Imajinasi dan Alam Fisik.  Bangun Impian dan Mimpi Anda dalam sebuah Sketsa Jelas dan Ambil Tindakan untuk Meraih Cita-cita tersebut.  Alam Imajinasi adalah Kreasi Pertama berupa Pemikiran dan Rencana Mental untuk menuju hasil yang diinginkan.  Dan Alam Fisik merupakan Kreasi Kedua yang berupa Proses Produksi secara Fisik hasil yang diinginkan.

Bagaimana Anda dapat menjadikan sebuah Tujuan Akhir merupakan beberapa parameter yang perlu dikombinasikan dalam Implementasinya.  Tujuan adalah…

# Sebuah Mimpi dan Harapan

# Yang dapat Dicapai

# Terukur

# Memiliki Tenggat Waktu

# Dalam Kendali Anda

# Dituliskan 

Tujuan yang Baik adalah Sebuah Kreasi Anda yang dapat dijelaskan dengan kriteria SMARTER (Specific Measure Attainable Relevant Time-Bound Evaluate Review).

1.  Specific menggambarkan Tujuan Akhir Anda dengan Jelas dan Tertulis, sehingga mampu membangun Gairah dalam meraihnya.  Tujuan yang Jelas mempermudah Anda dalam Visualisasi Akhir.

2.  Measure merupakan Ukuran Tujuan Akhir yang dapat Anda ukur dalam pencapaiannya, sehingga proses yang akan dilakukan adalah proses berkesinambungan.

3.  Attainable memberikan Anda Keyakinan bahwa Tujuan Akhir tersebut sangat dapat diraih dengan Usaha dan Pengalama selama ini.  Semisal Anda pernah melakukan penjualan 100 unit mobil dalam sebulan maka cukup logis ketika Anda menetapkan tujuan menjual 120 unit mobil dalam sebulan.

4.  Relevant artinya Tujuan Akhir Anda bukan Omong Kosong dan Mimpi Siang Bolong.  Relevansi tujuan Anda dengan kondisi aktual dan prospek kedepan sangat menentukan.

5.  Time-Bound adalah batas waktu kapan Anda harus mendapatkan Impian dan Tujuan yang diinginkan.  Dan hal ini akan membantu Anda fokus meraih tahap demi tahap.

6.  Evaluate adalah Proses Refleksi dari semua proses yang telah dilakukan apakah mencapai tahapan yang ditentukan atau masih jauh dari harapan.

7.  Review adalah Proses Evaluasi dengan menambahkan Umpan Balik atau Perbaikan Proses yang harus dilakukan agar Tujuan Akhir dapat tercapai sesuai Rencana Awal.

Tujuan Akhir merupakan sebuah Resolusi Perbaikan Diri dalam Pekerjaan, Lingkungan Sosial dan Keluarga.  Perilaku Memulai dari Tujuan Akhir menjadikan Anda pribadi yang Siap menghadapi Kemungkinan dalam Meraih Impian dan Cita-cita. Memulai dari Tujuan Akhir membuat Anda Fokus dan Yakin akan Mimpi.  Memulai dari Tujuan Akhir adalah Jalan Sukses Anda.

ikhtisar.com

Leave a Reply