Inilah Ucapan Anda sebagai Pemimpin Hebat bagi Tim

kata-kata pemimpinAnda sebagai pemimpin akan dilihat dari Tindakan dan Ucapan.  Maka perhatikan apa yang menjadi tindakan dan ucapan Anda, terkait dengan niatan menjadi pemimpin yang bijaksana dan menyenangkan.  Sebagai pemimpin Anda perlu menjadi contoh dan teladan tidak hanya bagi anggota tim Anda, namun juga kepada sesama rekan kerja atau pemimpin dari departemen lainnya.

Perkataan adalah alat utama bagi sukses Anda sebagai pemimpin organisasi, dimana akan menjadi jendela Nilai dan Kemampuan Anda, serta gambaran Visi dan Misi dalam Kepemimpinan.  Berikut beberapa hal perkataan yang dapat Anda jadikan dasar dalam setiap komunikasi dan hubungan kerja antar sesama profesional.

1.  Inilah Situasi dan Keadaannya.

Informasikan kondisi dan keadaan yang terjadi, sehingga setiap orang tidak bertanya-tanya mengenai apa yang terjadi.  Tidak mungkin membuat setiap orang dalam kondisi bergairah dan bersemangat setiap saat.  Maka kondisi apapun yang terjadi, baik atau buruk, perlu kiranya diungkapkan demi kelangsungan Business Plan yang sudah dijalankan.

2.  Inilah Rencana yang akan dilakukan.

Rencana kerja yang matang tidak hanya tertulis diatas kertas, namun teraktualisasi di lapangan.  Sedemikian Anda memerlukan anggota tim untuk saling mengerti dan paham mengenai rencana kerja yang ada.  Yakinkan mereka mendapat dukungan Anda dalam menjalankan Planning yang sudah didelegasikan dan pastikan Anda berdiri dibelakang mereka untuk berhasil.

3.  Apakah yang Anda butuhkan?

Pastikan Anda menginginkan anggota tim sukses secara personal dan profesional dan mereka tahu Anda peduli akan hal tersebut.  Pastikan pula Anda mendapatkan hal yang diperlukan anggota tim untuk mencapai cita-cita organisasi.  Sehingga jika terjadi penyimpangan dalam sebuah proses dan keberhasilan, Anda tahu alasan tepatnya.

4.  Mintalah Informasi terkait.

Biarkan anggota tim Anda tahu bahwa Anda lebih tertarik dengan jawaban yang realistik dibandingkan berbicara sendiri.  Dengan mendengar dan memperhatikan anggota tim Anda, secara tidak langsung menjadi ijin bagi mereka untuk berbicara dan mengemukakan pendapat dan idenya.  Secara implisit anggota tim akan paham bahwa mereka harus berbicara, namun jika masih diam saja, Anda dapat secara eksplisit meminta mereka memberikan informasi yang Anda butuhkan.

5.  Ingatkan Nilai dan Prinsip Organisasi Anda.

Ingatkan masing-masing anggota tim Anda mengenai Nilai dan Prinsip yang dianut organisasi, sehingga setiap keputusan yang diambil akan menjadi kebanggaan masing-masing pribadi.  Anda tidak mungkin dapat memikul semua tanggungjawab dan pengambilan keputusan, namun Anda dapat mengingatkan mereka akan Nilai yang dianut dan Prinsip yang dijaga.

6.  Berikan Kepercayaan Anda.

Jika Anda tidak percaya mereka, maka tidak seharusnya mereka menjadi bagian tim Anda.  Berikan kepercayaan akan Integritas, Keputusan, Passion dan Percaya Diri mereka, dan mereka tahu bahwa Anda memberikan wewenang ini kepada mereka.

7.  Tunjukkan Kehandalan Anda.

Jika Anda tidak dapat diandalkan untuk memimpin mereka, maka jangan harap bahwa kepercayaan akan Anda dapatkan dari anggota tim.  Kepemimpinan Anda akan diuji melalui sejauh mana mereka melihat bahwa Anda layak memimpin mereka dan memenuhi janji yang sesuai.

8.  Kita bisa lebih baik.

Tantangan dalam kepemimpinan adalah meyakinkan masing-masing anggota tim untuk memberikan kinerja lebih baik setiap saat.  Mendorong mereka memperolah hasil lebih tinggi dari target mereka sendiri adalah tantangan nyata sebagai pemimpin tim.  Berikan apresiasi nyata jika hasil kerja nyata tercapai dan jangan pula mendiamkan jika hasil kerja tidak sesuai potensi mereka.

9.  Rayakan Keberhasilan.

Anda tidak mungkin memberlakukan setiap anggota tim sebagai mesin yang tiada henti bekerja.  Kemenangan kecil ataupun besar perlu perayaan.  Anda sebagai pemimpin harus memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada mereka, baik secara profesional ataupun secara personal.  Bonus atau hadiah merupakan contoh lainnya dalam sebuah apresiasi kerja.

Leave a Reply