Inilah Keuntungan Anda Bekerja Bersama Seorang Introvert

Keuntungan Bekerja Bersama Seorang Introvert
Keuntungan Bekerja Bersama Seorang Introvert

Ikhtisar.com – Introvert merupakan salah satu jenis tipe kepribadian pada diri seseorang. Introvert bermakna kepribadian yang tertutup, bertolak belakang dengan kepribadian ekstrovert yang berarti terbuka. Jika kita mendengar dari maknanya tersebut, kita cenderung dapat membayangkan bagaimana karakteristik sifat individu yang berkepribadian introvert atau tertutup.

Pada dasarnya karakteristik kepribadian dalam diri manusia adalah unik. Semua tipe kepribadian pada diri manusia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagaimanakah keuntungan atau kelebihannya jika kita bekerja dengan individu yang memiliki kepribadian yang introvert?

  1. Cepat berkembang dengan belajar sendiri

Seorang introvert pada dasarnya merupakan individu yang mandiri. Ia cepat menangkap informasi baru dan dapat mempelajari hal-hal baru secara otodidak. Hal ini akan memudahkan kita sebagai rekan kerja atau atasannya karena tidak perlu mengulangi perintah atau tugas kepada seorang introvert karena kemampuannya tersebut. Kecenderungannya untuk bekerja mandiri akan memudahkan Anda sebagai atasan untuk berpikir lebih luas dan lebih strategis, dibandingkan hanya memikirkan satu orang yang kurang kreatif.

  1. Mampu untuk fokus pada satu pekerjaan dalam periode yang panjang

Seorang yang introvert mampu berkonsentrasi terhadap pekerjaannya dalam waktu yang panjang. Hal ini akan berdampak positif bagi kinerja perusahaan atau tempatnya bekerja karena seluruh tenaga dan pemikiran seorang introvert hanya tertuju kepada pekerjaannya, tidak terpecah belah dengan hal-hal di luar pekerjaannya.

  1. Pendengar yang baik dan pandai menyimpan rahasia

Seorang yang introvert juga merupakan pendengar yang baik karena ia mempunyai karakteristik dasar yaitu tidak banyak berbicara atau cenderung pendiam. Kita sebagai rekan kerja pun tidak akan perlu berebutan saling berbicara untuk dapat didengarkan. Berdasarkan karakteristik dasarnya itu pula, seorang introvert juga pandai menyimpan rahasia. Kepandaiannya dalam menyimpan rahasia juga didasarkan pada sifatnya yang peka dan sensitif. Seorang introvert akan cenderung untuk menjaga perasaan orang lain karena ia pun ingin diperlakukan demikian.

Hal ini menjadi poin yang penting bagi perusahaan atau tempatnya bekerja, maupun lawan bicaranya karena ia tidak akan membocorkan rahasia perusahaan atau rahasia lawan bicaranya tersebut kepada orang lain.

  1. Umumnya bersikap tenang dan mempunyai pemikiran yang mendalam

Sikapnya yang tenang didasarkan pada kepiawaiannya dalam menyembunyikan perasaannya. Jika perusahaan atau pekerjaannya mengalami masalah, seorang introvert cenderung untuk berpikir dengan kepala yang dingin, tidak secara spontan atau ekspresif. Ia akan memikirkan segala sesuatunya secara matang dan berhati-hati sebelum ia menentukan keputusan atau tindakan yang akan diambilnya.

Salah satu sifatnya ini pun menjadi kelebihan seorang introvert dalam bekerja. Ia tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan sehingga dapat meminimalkan efek negatif yang timbul bagi perusahaan atau tempatnya bekerja karena ia telah memikirkan segala pertimbangan dan kemungkinan-kemungkinannya sebelum ia bertindak.

Empat kelebihan seorang introvert yang telah dikemukakan di atas dapat memberikan gambaran bahwa stigma negatif yang melekat pada seorang introvert tidaklah benar, justru dengan karakteristik kepribadiannya tersebut dapat menguntungkan bagi perusahaan atau tempatnya bekerja, dan kita sebagai rekan bekerjanya.

Leave a Reply