Inilah cara Anda tetap Nyaman dalam Ketidaknyamanan

keluar dari zona nyaman

Para Mentor sering berkata dan memberikan nasihatnya, “Kalau ingin maju maka keluarlah dari Zona Nyaman”.  Tentunya mereka berujar demikian bukan sekedar omong kosong, melainkan sudah menjadi sebuah formula yang universal.  Pertumbuhan akan mengganggu kenyamanan, ketenangan dan bahkan keamanan.  Para pengusaha besarpun melakukan hal yang sama, bahwa jika Anda ingin sukses segera bertindak dan berani mengambil risiko yang mungkin terjadi.  Keluar dari zona nyaman tidaklah mudah namun akan membawa Anda dalam pengelolaan stress yang lebih baik.

Dikutip dari inc.com, berikut beberapa saran yang dapat Anda jadikan keluar dari Zona Nyaman dengan Nyaman.

1.  Tenangkan Pikiran Anda

Ketika Anda menemukan hal baru dan berbeda, tentu pikiran pertama kali akan lebih resistant (Menolak) daripada recipient (Menerima).  Sebuah hal yang wajar, jika ketenangan diganggu tentu berdampak pada penolakan.  Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan dan membersihkan pikiran Anda dari hal-hal yang “berisik”. 

2.  Tuliskan Prosesnya

Setelah pikiran tenang dan Anda dapat menganalisa lebih jernih, maka mulailah menuliskan dan menggambarkan proses-proses yang akan dilalui.  Hal baru adalah tantangan yang penuh percobaan dan dengan menuliskannya Anda akan melepas stress sedikit demi sedikit. 

3.  Apresiasi Diri Anda

Menjalani hal baru perlu dukungan orang sekitar Anda, dan untuk mengawalinya Anda dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan diri sendiri.  Apresiasi diri Anda dengan hal yang dilakukan dan tunjukkan bahwa Anda senang melakukannya. 

4.  Berbagi Pengalaman Anda

Terkadang Anda melakukan sesuatu sendiri dan hanya Anda sendiri, namun tidak salah jika Anda berbagi pengalaman dengan mereka yang dapat dipercaya.  Mereka dapat mensuport Anda melalui beberapa proses yang mungkin sulit.  Dengan mengajak mereka dalam pengalaman Anda maka akan lebih baik hasil yang terjadi kelak

5.  Carilah Waktu Mudah Anda

Carilah tantangan yang paling mudah Anda atasi, sehingga akan membangun rasa percaya diri lebih tinggi.  Dengan menyelesaikan hal paling mudah, Anda akan semakin yakin melewati tantangan berikutnya. 

6.  Berani Mengambil Risiko

Meski keluar dari zona nyaman adalah sebuah risiko, namun untuk mencapai puncak Anda memerlukan keberanian dalam mengambil tindakan.  Tindakan Anda menghadapi risiko adalah sebuah langkah maju mencapai sukses. 

7.  Rayakan Kemenangan Anda

Selain apresiasi diri sendiri, Anda perlu merayakan keberhasilan meski hanya selebrasi kecil.  Catat setiap langkah maju Anda dan siapkan pesta kemenangan saat Anda mencapai garis finish.

Leave a Reply