Inilah 8 Indikator Disiplin Kerja Di Kantor Anda

Inilah 8 Indikator Disiplin Kerja Di Kantor Anda
Inilah 8 Indikator Disiplin Kerja Di Kantor Anda

Ikhtisar.com – Disiplin kerja sangat diperlukan, tidak hanya untuk produktivitas kerja, tetapi juga membangun etos kerja yang baik. Etos kerja yang baik dengan sendirinya akan meningkatkan citra yang baik pada perusahaan.

Disiplin sendiri merupakan bentuk kepatuhan terhadap perusahaan serta tugas-tugas yang diemban. Kepatuhan ini yang dapat menggerakkan roda-roda perusahaan agar memperoleh pencapaian yang lebih sempurna.

Berikut beberapa indikator dari kedisiplinan kerja yang dirangkum dari beberapa pendapat para ahli :

1.  Disiplin waktu

Waktu adalah emas, begitu pepatah lama yang sudah populer. Begitupun halnya dengan bekerja di perusahaan. Efisiensi waktu sangat diperlukan untuk mengatur pekerjaan agar seluruh tugas dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Hal ini akan mencegah pekerjaan lain menjadi tertunda.

Maka, pegawai yang disiplin tentunya akan mendisiplinkan diri dalam hal waktu, seperti kehadiran setiap harinya, serta kedatangan yang tepat waktu.

2.  Inisiatif dan kreatif

Kedisiplinan kerja juga dapat ditunjukkan dari cara pengerjaan tugas. Melakukan tugas secara monoton merupakan indikasi motivasi yang rendah serta ketidakpuasan pegawai terhadap perusahaan. Sebaliknya, pegawai yang inisiatif dan kreatif menunjukkan adanya tingkat motivasi yang tinggi. Pegawai yang bermotivasi tinggi akan menunjukkan tingkat disiplin yang tinggi pula.

3.  Tanggung jawab

Disiplin dapat ditunjukkan melalui tanggung jawab. Apakah seorang pegawai menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan dengan tepat waktu atau tidak akan memperlihatkan bagaimana sikap pegawai terhadap perusahaan. Pegawai yang disiplin dalam kerja akan memberikan tanggung jawab yang tinggi pula pada pekerjaan. Termasuk menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna.

4.  Taat pada peraturan perusahaan

Kedisiplinan juga dapat ditunjukkan melalui ketaatan pada peraturan perusahaan. Pegawai yang disiplin cenderung taat pada perusahaan. Ketaatan ini dapat ditunjukkan dari cara berpenampilan yang sesuai dengan aturan, kehadiran yang tepat waktu.  Tidak hanya itu, pegawai yang disiplin menunjukkan kecenderungan akan patuh kepada atasan

5.  Sikap dan perilaku

Sikap dan perilaku pegawai terhadap atasan serta rekan kerja juga merupakan indikator yang baik bagi disiplin kerja. Pegawai yang disiplin akan lebih menjaga relasi yang baik antara dirinya dengan atasan, dirinya dengan rekan kerja, maupun pihak-pihak lain yang berkaitan dengan perusahaan.

6.  Teladan kepemimpinan

Pemimpin adalah salah satu faktor pendukung dari kedisiplinan kerja para bawahannya. Maka, pemimpin yang dapat meneladani anak buah dapat menjadi salah satu indikator dari kedisiplinan kerja pegawai. Kalau pemimpin mampu memberikan arahan dengan baik dan bijak, pegawai akan menunjukkan kepuasan yang lebih dalam bekerja, dengan begitu disiplin kerja juga akan dapat terjaga.

7.  Balas jasa

Balas jasa, bisa berupa gaji atau benefit yang diberikan perusahaan dapat menjadi indikator disiplin kerja. Biasanya, perusahaan yang dapat memberikan balas jasa kepada pegawai memiliki pegawai-pegawai yang lebih cekatan dan lebih berdedikasi pada penyelesaian tugas-tugas di perusahaan.

8.  Pengawasan melekat

Pengawasan yang baik akan menghasilkan disiplin kerja yang baik pula. Bukan berarti pegawai harus diawasi dalam melakukan pekerjaan, tetapi kemampuan atasan dalam mengobservasi motivasi, hambatan, serta masalah-masalah yang terjadi pada pegawai akan meningkatkan kemauan untuk bekerja dengan lebih baik.

One thought on “Inilah 8 Indikator Disiplin Kerja Di Kantor Anda

  1. toni January 26, 2017 at 1:20 PM

    Good article

Leave a Reply