Indikator Kinerja yang wajib dicek langsung oleh para Pemimpin Bisnis

indikator-kinerja-bagi-pemimpin-bisnis
indikator-kinerja-bagi-pemimpin-bisnis

Apakah bisnis Anda sudah menjadi sebuah angka kemenangan dalam permainan? Jika sudah, maka 5 indikator kinerja ini wajib Anda pantau dan cek langsung progresnya, setidaknya ditahun 2017 intuisi Anda sebagai pemimpin bisnis akan semakin tajam dalam membangun keberlanjutan perusahaan.

Saat ini kita hidup dalam ekonomi yang berbasiskan data, dan sebuah analisa metrik yang canggih, akan memberikan gambaran kepada organisasi Anda bagaimana perilaku pelanggan dan efektivitas inisiatif yang sudah dilakukan. Setidaknya Anda akan lebih siap dari sebelumnya dan data yang ada membuat Anda mampu menegaskan garis bawah yang berdampak signifikan terhadap bisnis.

Mengawali tahun baru, ada baiknya Anda membidik indikator-indikator kinerja yang paling penting bagi bisnis berkelanjutan.  Harapannya indikator tersebut mampu melukiskan gambaran paling jelas dari pencapaian dan proyeksi hasil yang dicanangkan. Setelah selaras visi misi perusahaan, Anda akan memiliki dasar pengukuran KPI yang dipilih.  Berikut ini adalah Indikator Kinerja Utama yang Anda harus pantau langsung sebagai pemimpin bisnis agar memberikan wawasan kepada pihak Internal atau Eksternal.

  1. Keuntungan Bersih (Net Profits)

Intisari sebuah bisnis tentunya adalah profit atau keuntungan, yang tidak hanya menegaskan bahwa Anda berada pada track yang benar semata, namun juga menegaskan bahwa investasi yang dilakukan berkembang (sustain) dan bisnis tersebut juga meningkatkan jumlah pelanggan.  Dan cerita dibalik angka yang timbul lebih berdampak vital dibandingkan angka itu sendiri.  Net Profit sebagai indikator pertama yang harus dipantau seorang pemimpin bisnis, dapat dibedakan sesuai kategori pelanggan, kategori produk atau hitungan per head count.  Semakin lengkap data perhitungan laba yang Anda miliki akan semakin mudah pula Anda mengembangkan berbagai macam metode atau produk yang bisa dilepas ke pasar.

  1. Pendapatan dan Tingkat Pertumbuhannya (Revenue & Revenue Growth Rates)

Pantau terhadap pendapatan (revenue) adalah indikator kinerja kedua yang seorang pemimpin bisnis perlu lakukan. Pemantau ini merupakan latihan benchmarking penting sepanjang tahun, dan menuntut Anda untuk rajin dan fleksibel dalam bersikap.  Target pendapatan tahunan adalah penting, akan tetapi Anda tidak boleh terlalu kaku atau strict terhadap perkiraan.  Pantauan secara periodik per kuartal akan menjaga tim Anda terlibat dab realistis dengan kondisi.

Pelacakan tingkat pendapatan adalah indikator yang paling mudah dipahami terhadap keberhasilan inisiatif Anda, dan seberapa baik Anda terus melihat perubahan kebutuhan pelanggan. Jika Anda mengikuti perubahan angka pendapatan ini membuat turunannya berdasarkan beberapa kategori, Anda dapat dengan mudah membandingkan mereka terhadap tingkat pertumbuhan tahun sebelumnya dan mengidentifikasi tren yang mempengaruhi bottom line (Profit).

  1. Keterlibatan Karyawan (Employee Engagement)

Pemimpin bisnis akan menjadikan karyawan sebagai aset yang diberdayakan.  Karyawan yang mumpuni berarti memiliki kompetensi yang selaras dengan visi misi perusahaan. Engagement bisa dipantau dengan melihat sejauh mana karyawan Anda merasakan kenyamanan dalam bekerja setiap harinya.  Ataukah mereka hanya melewatkaan waktu demi waktu untuk menunggu kesempatan lainnya datang.  Melihat keterlibatan karyawan bisa Anda lakukan dengan survey kebahagiaan, kinerja karyawan dan tingkat retensi.  Employee Engagement mencerminkan juga seberapa kuat budaya perusahaan Anda.

Leave a Reply