Hobi yang terbukti Meningkatkan Kecerdasan Anda

Hobi yang terbukti Meningkatkan Kecerdasan Anda

Hobi yang terbukti Meningkatkan Kecerdasan Anda

Sejak dahulu orang percaya bahwa mereka terlahirkan dengan tingkat kecerdasan tertentu dan dapat melakukan banyak hal dengan potensi yang ada. Namun sekarang para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa kecerdasan dapat ditingkatkan dengan melakukan berbagai proses yang menyenangkan. Dengan belajar hal baru, maka otak Anda akan menciptakan jalur baru dan bekerja lebih cepat dan lebih baik. Berikut ini adalah Hobi yang terbukti secara ilmiah akan meningkatkan Kecerdasan Anda.

1.  Bermain Alat Musik

Bermain alat musik meningkatkan kreativitas, yakni melatih otak kanan Anda. Bermain musik juga memperbaiki ketrampilan analitik, memori dan daya ingat. Koneksi baru dalam otak yang tercipta karena stimulasi permainan alat musik meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, dan hal ini tidak dibatasi oleh usia Anda.

2.  Membaca Sesuatu

Apapun yang bisa dibaca, maka bacalah. Jika Anda terbiasa dengan membaca koran “A” cobalah membaca koran “B” atau Tabloid “C”. Membaca sama manfaatnya dengan bermain games, akan menurunkan stress, dan membuat perasaan lebih baik, dan memperbaiki intelektualitas. Bacaan baru akan memicu Anda berpikir dari sudut pandang yang berbeda, sehingga mampu memberikan gambaran problem solving yang tepat, mendeteksi pola, memahami proses, dan memperjelas interpretasi atau respon terhadap orang lain.

3.  Berlatih Teratur

Tidak ada hasil instan yang bertahan lama. Dengan sering berlatih, apapun itu, Anda akan menciptakan pola baru yang dapat sustain terhadap perubahan. Ini terbukti pada para atlit olah raga yang selalu berlatih reguler, sehingga selalu siap berhadapan dengan perubahan-perubahan yang mendadak. Berlatih rutin memperbaiki memory, fokus, konsentrasi dan pemahaman dan pastinya akan berujung pada perbaikan mental.

4.  Belajar Bahasa Baru

Bermain Puzzle adalah cara meningkatkan daya ingat (memory) dan demikian pula dengan belajar bahasa asing. Jika Anda seseorang yang ingin memperbaiki kualitas berpikir maka salah caranya dengan mencoba bahasa baru. Korelasinya juga cukup nyata bahwa seseorang dengan kemampuan bahasa lebih dari satu mempunyai kapasitas penyelesaian Puzzle lebih baik dibandingkan seseorang dengan single language. Berbicara dengan bahasa yang berbeda akan memperbaiki ketrampilan Anda memonitor lingkungan, meningkatkan perhatian dan efisiensi proses.

5.  Uji Kemampuan Kumulatif

Banyak pelajar atau mahasiswa yang cenderung menjelang ujian akhir akan menjejalkan pelajaran sekaligus. Istilah yang sering Anda dengar adalah “SKS” sistem kebut semalam, dan ini bisa berdampak pada kemampuan otak yang terlalu dipaksakan, dan tidak memberikan hasil maksimal. Sering kita lupa bahwa pola pembelajaran yang terbaik adalah dengan pengulangan. Dan belajar bahasa adalah contoh pembelajaran kumulatif yang berhasil dan akan meningkatkan kecerdasan Anda. Belajar bahasa tidak mungkin dilakukan dalam semalam, namun perlu pengulangan dan perlu waktu. Untuk memperbaiki kecerdasan Anda perlu berlatih sesuatu yang harus dilakukan secara kumulatif.

6.  Latihan Permainan Otak

Tidak salah dengan games atau permainan. Semua dapat menjadi stimulan untuk perkembangan sel baru dalam otak kita. Teka-teki, Board Games, Video Games, Card Games dan lainnya adalah kegiatan yang meningkatkan aktivitas neuron dalam sel-sel otak. Hal ini memicu perubahan-perubahan jalur syaraf dan membuat sel otak akan menata diri kembali. Permainan juga melatih perspektif baru terhadap emosi dan perilaku Anda, sehingga Anda akan menyadari adanya pola-pola baru dan peningkatan kemampuan kognitif.

7.  Meditasi

Meditasi menjadi sangat menarik bagi orang-orang yang ambisius karena penelitian menyiratkan bahwa Anda dapat mengendalikan gelombang otak kita sendiri dan merasakan apa pun yang kita ingin rasakan. Ini berarti kita dapat merasa lebih kuat sebelum bernegosiasi, atau merasa lebih percaya diri ketika akan meminta kenaikan gaji dan merasa lebih yakin saat melakukan penjualan.

Sesungguhnya otak kita dapat berkembang lebih lanjut dan Anda dapat melakukannya dengan sengaja. Kegiatan yang berbeda akan merangsang berbagai wilayah otak Anda, sehingga Anda dapat bekerja menjadi tak terkalahkan dengan kekuatan sendiri serta memperbaiki kelemahan Anda. Fokus pada perbaikan diri khususnya pada otak Anda adalah suatu ide yang baik untuk memaksimalkan potensi Anda. Hobi-hobi Anda dapat memicu pertumbuhan sel otak baru dan meningkatkan kecerdasan berpikir.

referensi : http://www.entrepreneur.com

Leave a Reply