Hargai Loyalitas bukan Turnover

Organisasi Mapan diantaranya karena Loyalitas Karyawan mereka, yang mampu bekerja dengan Antusias, Integritas, dan Profesional.  Boss mana yang tidak ingin memiliki Tim yang Setia dan Hebat.  Sedemikian Anda sebagai Pimpinan Organisasi baik sekedar seorang Supervisor, Manajer atau Top Manajemen, perlu membangun kisi-kisi seseorang mau dan mampu bertahan dalam sebuah Kinerja Jangka Panjang yang kita sebut LOYALITAS.  Loyalitas tidak hanya menyangkut masa kerja, namun yang utama adalah Kinerja dan Performa.

Secara umum, tingkat loyalitas Tim Anda dapat dikategorikan dalam beberapa hal berikut:

  • Loyalitas Kepemimpinan.

Individu yang Loyal karena Figur Pemimpin mereka dalam Organisasi, seperti dalam Keuskupan, Pesantren, Militer.  Namun tidak sedikit pula Organisasi Bisnis yang memiliki Loyalitas Kepemimpinan, sehingga ketika seorang Direksi mengundurkan Diri, maka mundur pula anggota mereka, mulai level GM sampai Supervisor.

  • Loyalitas Profesi.

Kesetiaan pada Profesi terlebih pada orang yang mempunyai Spesialisasi, seperti Dokter, Pengacara, Hakim dan lainnya.  Mereka tidak akan terpengaruh pada Figur Pemimpin.  Dalam sebuah Bisnis pun akan dapat kita temui sejauh mana Loyalitas mereka dengan Profesi terkait.  Dalam hal ini anda dapat perhatikan mereka yang memiliki Fungsi Akuntansi, Audit, Quality Assuranse dan lainnya.  Mereka sangat setia pada profesi terlepas siapa diatasnya.

  • Loyalitas Organisasi.

Loyalitas Organisasi sangat jelas tampak pada Perusahaan Jepang.  Mereka mempekerjakan karyawan yang cukup senior dari sisi Masa Kerja, Pengalaman dan Ketrampilan.  Layalitas inilah yang membuat Perusahaan akan bertahan Jangka Panjang.

Anda mungkin dapat membeli Waktu, Ketrampilan dan Kemampuan seseorang untuk bergabung dalam Organisasi Anda.  Namun tidak mungkin Anda mampu memberli Antusiasme dan Loyalitas seseorang dalam Bisnis Perusahaan.  Loyalitas adalah Barang yang sangat Langka yang harus diperjuangkan dan didapatkan, sebagaimana Anda perlu Mempelajari Hukum Kepemimpinan.

Banyak Perusahaan yang mengajarkan bagaimana agar orang tidak menjaga Loyalitas mereka terhadap perusahaan, diantaranya dengan Memberikan Benefit lebih bagi Karyawan Baru dibandingkan Karyawan Lama.  Sebagian besar Karir Profesional seseorang mendapat Penghargaan Besar ketika berganti pekerjaan dan bukannya tetap loyal dalam satu perusahaan.

Sepatutnya sebuah Perusahaan memperhatikan bahwa Sustainable Growth akan terjadi karena angkatan kerja yang Langgeng, Antusias dan Komitmen dengan profesi mereka dalam organisasi.  Untuk itu hanya satu pernyataan yang dapat membawa Kehidupan Jangka Panjang Organsasi Anda yakni:

“Anda akan Memperoleh LOYALITAS dan KOMITMEN dengan Memberikan Keduanya Terlebih Dahulu”

Manajemen tidak dapat menuntut Loyalitas dan Dedikasi karyawan begitu saja namun harus mewujudkannya.  Berikut beberapa Dasar Loyalitas dan Komitmen yang dapat Anda terapkan dalam Manajemen Perusahaan:

1.  Berikan Jaminan Kerja.

Jaminan Kerja Ibarat pertanyaan, “Sejauh mana Anda peduli pada Orang Tua ketika Anda menghadapi masa sulit dan mereka tidak peduli?”.  Jaminan Kerja telah diterapkan oleh perusahaan besar dengan istilah “Anti PHK”.  Mereka membangun Tim Loyal dan Stabil.  Jaminan Kerja adalah Bisnis yang Baik sedangkan Pemecatan merupakan Harga Mahal karena orang cemerlang digoyang Kemampanan Kerja mereka.

2.  Komunikasi Jelas dan Terbuka.

Komunikasi adalah syarat berkembangnya organisasi, dan ketika komunikasi tertutup dapat dipastikan terjadi TURNOVER atau setidaknya Kinerja yang makin Memburuk.  Perusahaan dengan Semangat Kerja Tinggi dan Turnover Rendah selalu menginformasikan Tujuan dan Kebijakan kepada setiap Level Karyawan.  Komunikasi Terbuka akan membawa Hubungan Personal yang lebih dengan siapapun dalam perusahaan.

3.  Promosi Internal.

Anda akan mendapatkan Keunggulan Tim pada saat mereka berangkat dari bawah, karena Prestasi dan Pengalaman terhadap Proses Organisasi yang telah mereka kuasai.  Untuk itulah jadikan Promosi selalu Dominan dari Internal Perusahaan dibandingkan orang luar.  Hal ini akan menjadi Pesan dan Sinyal kepada siapapun bahwa LOYALITAS membawa hasil bagi Individu tersebut. 

4.  Investasi dalam Pertumbuhan dan Pengembangan Manusia.

Posisi yang lebih tinggi akan diisi oleh orang dalam dengan Kemampuan dan Ketrampilan Tinggi dan hal ini menuntut perhatian dalam Pendidikan Berkelanjutan, Pelatihan dan Pengembangan Karyawan.  Malapetaka akan terjadi ketika orang dalam tidak mengisi posisi lebih tinggi dalam organisasi.

5.  Keseimbangan Gaji dan Tunjangan.

Kesetaraan Gaji tentu hal yang sangat wajar, namun Prestasi Kerja menjadi Prioritas awal seseorang mendapatkan lebih dan Karyawan Senior yang berprestasi tentu memperoleh lebih dibandingkan lainnya sebagai Tanda bagi lainnya bahwa LOYALITAS memang dihargai.

Singkatnya Perlakukan orang sebagaimana mestinya, karena Kunci Keberhasilan Perusahaan adalah memperlakukan setiap individu perusahaan seperti itu. Loyalitas lebih utama daripadaTurnover.  Maka Hargailah Loyalitas.

ikhtisar.com

Leave a Reply