Hargai Kualitas Kerja bukan Kecepatan Kerja

Dalam Dunia Manajemen Strategi, pertumbuhan jangka panjang adalah wajib, dan dalam rangka mempertahankan Sustainable Growth setiap organisasi perlu mengedepankan Kualitas daripada Kecepatan.  Persiapan hari esok adalah melakukan pekerjaan hari ini dengan Sangat Baik (Berkualitas).  Walau kondisi masyarakat yang sangat dinamis dan sibuk, bukan berarti mengabaikan Kualitas demi Kecepatan (Limit Time) terhadap pemenuhan kebutuhan pasar.  Karena pada akhirnya banyak Produk dan Jasa yang memiliki Kualitas Buruk (KW2) bahkan lebih buruk lagi.

Dalam perbaikan Produktivitas, banyak organisasi hanya fokus pada dua pertanyaan berikut, yaitu:

  1. Bagaimana kita dapat melakukannya dengan lebih Cepat?
  2. Bagaimana kita dapat melakukannya dengan lebih Hemat?

Namun melupakan pertanyaan ketiga yakni:

  1. Bagaimana kita dapat melakukannya dengan Benar dengan Pertama Kali?

Jepang makin maju dalam Industri bukan karena Lebih Cepat namun Bekerja dengan Lebih Baik, dan secara otomatis Produktivitasnya selalu Meningkat.

Memperbaiki Kualitas akan berdampak Jangka Panjang diantaranya:

1.  Biaya Makin Rendah.

Melakukan hal dengan benar langsung pada pertama kali akan menurunkan Bahan Baku, Inspeksi, Perbaikan dan Garansi.  Industri Otomotif mengklaim bahwa harga kendaraan 25% diakibatkan Kualitas Buruk.  Industri Elektronik menghitung bahwa aset pabrik mereka menyusut 25% lantaran reaksi terhadap kualitas.  “Kualitas adalah Barang Gratis, sedangkan yang menimbulkan biaya adalah barang yang tidak berkualitas, yang didapat karena tidak mengerjakan pekerjaan dengan benar langsung pada kali pertama”.

2.  Output Makin Tinggi.

Sumber Daya yang akan terbuang dapat diminimalisasi dengan adanya Kerja Benar Langsung Kali Pertama.  Para Supervisor dan Manajer akan lebih mencurahkan waktu untuk kegiatan Produktif lainnya daripada Inspeksi.  Pekerja lebih memperhatikan Produksi dibandingkan Reparasi dan Kerja Berulang.  Bahan Baku lebih efisien dalam menjadi sebuah Produk Berkualitas.  Dengan Mendahulukan Kualitas, secara langsung Anda telah melakukan sesuatu dengan lebih Cepat dan Murah.

3.  Kebanggaan Pekerja.

Pekerja akan merasa Bangga dan Percaya Diri ketika mampu melakukan Pekerjaan dengan Benar untuk Kali Pertama.  Keberhasilan dalam penguasaan pekerjaan dan penggunaan yang baik meningkatkan Perasaan Positif dan Kebanggan.  Pekerja lebih merasa mendapat Apresiasi dan Aktualisasi dengan melakukan Pekerjaan yang Terbaik dan Manajemen akan mendapat Penghargaan Gratis yang bisa digunakan dalam peningkatan Produktivitas.

4.  Loyalitas Pelanggan.

Pelanggan tidak hanya menginginkan harga murah namun yang utama adalah Kualitas Baik dalam sebuah Produk dan Jasa.  Setiap bisnis akan menghabiskan enam kali lipat untuk mendapatkan Pelanggan Baru dibandingkan mempertahankan Pelanggan Lama. Pelanggan akan menuntut Kualitas Lebih Tinggi lagi dimasa datang dan bersedia membayar lebih untuk itu.  Sedangkan Kualitas Buruk hanya akan membuat Pelanggan Kabur. “Pahitnya Kualitas Buruk akan terus Terasa sampai Manisnya Harga Murah sudah hilang”.

ikhtisar.com

Leave a Reply