Hal Penting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Wawancara Kerja

Hal Penting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Wawancara kerja
Hal Penting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Wawancara kerja

Ikhtisar.com – Interview pekerjaan merupakan salah satu bagian yang terpenting dari sebuah poses perekrutan kerja. Pada tahap ini, kepribadian seseorang akan dinilai. Oleh karena itu ada baiknya bila anda melakukan beberapa persiapan sebelum datang ke sebuah tes wawancara. Berikut ini beberapa tips yang harus disiapkan sebelum wawancara kerja berlangsung, antara lain :

  1. Survey lokasi wawancara kerja

Sempatkan diri anda untuk melakukan survey atau mengecek lokasi wawancara. Hal ini dilakukan supaya pada keesokan harinya anda tidak sibuk atau kebingungan dalam mencari lokasi wawancara kerja. Tetapi hal ini tidak perlu dilakukan bila anda sudah mengetahui lokasi wawancara.

  1. Datang lebih awal

Usahakan untuk datang 10 menit sebelum wawancara dimulai atau lebih awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan. Hal itu dilakukan supaya anda dapat menenangkan diri, sehinggatidak tergesa-gesa yang dapat menyebabkan berkeringat dan gugup pada saat melakukan tes wawancara.

  1. Menyiapkan jawaban pertanyaan wawancara kerja

Sebaiknya siapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara. Hal ini perlu anda lakukan, karena akan membuat kepercayaan diri bertambah dan tidak membuat khawatir lagi ketika mendapat beberapa pertanyaan dari interviewer.

  1. Berpakaian dengan rapi dan formil

Berpakaianlah sesuai dengan kemampuan financial anda. Untuk para pria pakailah pakaian kemeja dengan lengan panjang warna cerah tetapi tidak norak dan mencolok. Hal ini akan memiliki penilaian secara psikologis oleh interviewer. Secara normal pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja warna putih dan celana panjang berwarna hitam dengan bahan keper. Untuk para wanita, pakailah pakaian yang dapat menunjukan anda seorang pekerja dan jangan memakai make-up terlalu tebal.

  1. Awali dan akhiri wawancara dengan sopan

Usahakan untuk mengetuk pintu sebelum anda masuk kedalam ruangan waawancara, kemudian ulurkan tangan anda terlebih dahulu untuk berjabat tangan sambil mengucapkan sapaan yang hangat. Hal itu dilakukan supaya interviewer memberi kesan positif bahwa anda merupakan orang yang smart serta ramah dan percaya diri.

  1. Akhiri dengan ucapan terimakasih

Hal yang terakhir yang harus di lakukan setelah anda selesai wawancara kerja adalah mengucapkan terima kasih dan berjabat tangan dengan interviewer serta memberikan senyuman yang ramah. Hal itu dilakukan untuk memberi kesan sopan dan menghargai orang lain, sehingga dapat membuat pewawancara terkesan dengan anda.

Itulah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum wawancara kerja. Wawancara kerja biasanya dianggap sebagai sebuah hal yang menakutkan untuk para pencari kerja, karena dianggap sulit. Tetapi hal itu dapat dihindari apabila melakukan beberapa hal yang telah dibahas diatas tadi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan dapat lulus wawancara kerja seperti yang diinginkan.

Leave a Reply