Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pulang Kerja

Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pulang Kerja

Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pulang Kerja

Ikhtisar.com – Apabila Anda termasuk tipe pegawai yang jam lima atau enam sore tepat langsung pulang atau kita sering sebut “tang-go”, hal itu memang tidak apa-apa, bukan masalah dan tidak ada yang salah dengan efisiensi waktu. Tetapi bila pekerjaan sudah beres sekitar beberapa menit atau 1 jam sebelum waktu pulang, daripada Anda hanya duduk diam menatap jam, lakukan salah satu kegiatan ini untuk menutup hari dengan baik. Berikut beberapa hal penting yang dilakukan sebelum pulang kerja, antara lain :

Memeriksa to do list

Memeriksa kembali pekerjaan, apakah sudah diselesaikan semua porsi pekerjaan yang telah Anda jadwalkan untuk hari ini. Setelah yakin sudah menyelesaikan semuanya, maka pikirkan tentang apa saja yang ingin dicapai untuk esok harinya dan buat to do list yang baru supaya Anda selalu fokus dengan tugas dan tidak keteteran karena deadline.

Melakukan Rekap

Setelah mencatat semua kewajiban Anda dalam to do list, sekarang saatnya untuk memikirkan mengenai langkah yang akan diambil dalam sehari beserta kesalahan dan keberhasilan yang telah dicapai. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Anda memproses kegagalan dan pencapaian. Di satu sisi, juga dapat untuk membangun kepercayaan diri dan selain itu dapat menghindari kesalahan yang serupa di masa depan.

Membereskan meja kerja

Merapikan dokumen yang berceceran, menyimpan beberapa barang kecil yang tersebar di meja Anda dan jangan meninggalkan meja secara acak-acakan sebelum melangkah keluar kantor. Namun apabila ditinggalkan dalam keadaan berantakan, maka esok hari Anda harus membuang waktu ngopi berharga di pagi hari untuk membereskan meja kerja.

Menyelesaikan pekerjaan kecil

Apabila masih ada waktu luang sedikit lagi, maka kerjakanlah beberapa tugas kecil yang tidak bisa dilakukan saat sibuk, sebagai contoh membalas email, follow up klien, dan lain sebagainya. Dengan demikian, akan ada lebih sedikit tugas yang harus Anda lakukan esok harinya. Tetapi bila sudah tiba waktunya untuk keluar kantor, maka jangan terjebak untuk membalas dan waktu Anda berada di kantor sudah habis.

Mengucapkan selamat tinggal

Sebelum Anda pergi keluar untuk pulang, gunakanlah sedikit waktu untuk menyapa kolega dan juga atasan. Walau dianggap remeh, aktivitas ini akan membangun kedekatan dan keakraban supaya menjadi tim yang baik, terlebih apabila Anda menduduki posisi manajemen. Jangan langsung menghilang begitu saja, tetapi cobalah untuk tersenyum dan mengatakan selamat tinggal pada mereka yang Anda temui sepanjang jalan keluar, termasuk bagian security apabila ada.

Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum pulang kerja. Ketika Anda bekerja tentu saja jam pulang kerja adalah suatu hal yang paling dinantikan. Untuk melepas penat setelah seharian bekerja dan bersantai dirumah bersama keluarga. Namun demikian pulang kerja alangkah baiknya tidak meninggalkan to do list yang akan membebani Anda keesokan paginya.

Leave a Reply