Hal-hal penting yang harus Anda Pertimbangkan dalam Menerima Tawaran Kerja

hal-hal penting dalam menerima tawaran kerjaPenawaran Kerja dengan kompensasi benefit lebih baik daripada yang Anda dapatkan saat ini tentu menjadi prioritas pertama dalam pertimbangan Anda. Selain tentunya ada hal lain yang dapat menjadi acuan keputusan Anda, seperti budaya perusahaan, pension plan, tunjangan hari tua dan lain sebagainya. Sudah pasti bahwa salary atau gaji yang ditawarkan adalah penting, namun setelah itu ada beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda pahami dan pertimbangkan lebih matang, sebelum memutuskan menerima tawaran kerja baru tersebut.

Bagian selain kompensasi dan benefit merupakan faktor penting yang harus Anda ketahui, seperti tunjangan atau kesejahteraan karyawan, dan hal-hal yang tidak nyata yang dapat menunjang pekerjaan Anda akan lebih baik. Berikut ini dikutip dari about.com, adalah hal-hal penting yang Anda perlu pertimbangkan sebelum mengatakan “ya” pada pekerjaan baru.

1.  Evaluasi Lebih Dalam mengenai Tawaran Kerja

Analisa lebih jauh mengenai gaji, tunjangan, kompensasi atau benefit, lingkungan kerja, budaya perusahaan, pimpinan perusahaan, jadwal kerja, tugas dan fungsi Anda dalam struktur organisasi dan lain sebagainya. Pertimbangkan apakah Anda akan senang dan bahagia dengan pekerjaan baru tersebut. Timbang antara pro dan kontra dari tawaran yang ada dan ambillah beberapa waktu untuk berpikir lebih jauh. Anda tidak perlu langsung berkata “ya” pada employer meski Anda tahu akan menerima tawarannya, mintalah waktu kapan mereka membutuhkan Anda untuk bergabung.

2.  Evaluasi Tunjangan yang Anda dapatkan

Tunjangan kesehatan, rencana pensiun, cuti dan liburan, tunjangan lainnya harus dapat merepresentasikan setidaknya 30% dari total paket kompensasi yang Anda dapatkan. Pastikan tunjangan yang Anda peroleh akan menutupi kebutuhan hidup bagi seluruh keluarga jika memasuki kehidupan kerja tersebut.

3.  Rencana Pensiun yang Matang

Tidak semua rencana pensiun akan sama antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. Sebuah rencana pensiun yang besar secara signifikan dapat meningkatkan nilai tawaran pekerjaan, dan bahkan mungkin lebih menarik dibandingkan gaji yang tinggi pada perusahaan lain. Tinjau lebih jauh mengenai rencana pensiun yang baik, sehingga Anda dapat membandingkan apa yang mungkin sudah Anda dapatkan dengan apa yang ditawarkan.

4.  Penawaran Saham Perusahaan

Jika ada sebuah perusahaan memberikan opsi bagi karyawannya untuk memiliki saham, maka ini dapat menjadi salah satu nilai lebih dalam pekerjaan tersebut. Akan tetapi pastikan Anda mengetahui cara kerja penawaran saham dan manfaatnya kelak bagi masa depan.

5.  Negosiasi Gaji

Setelah Anda memperoleh gambaran seluruh kompensasi dan manfaat dari tawaran kerja, maka lihat sekali lagi mengenai gaji yang ditawarkan. Adakah peluang bagi Anda melakukan negosiasi gaji lebih baik. Jika tidak ada ruang bagi Anda bernegosiasi maka akan menjadi masalah, meski cukup banyak kompensasi dan tunjangan lainnya. Anda perlu membuat perencanaan keuangan sehingga dapat mengatur lebih baik keuangan setiap bulannya.

6.  Negosiasi Tawaran Lainnya

Beberapa perusahaan tidak memberikan ruang negosiasi terhadap kompensasi dan benefit, dan beberapa yang lain melakukannnya. Cara paling tepat adalah dengan mengajak bertemu antara pekerja dan pemberi kerja, sehingga Anda dapat melihat mana celah yang dapat dinegosiasikan dan mana yang tidak.

7.  Menerima atau Menolak Tawaran

Meski adalah hak Anda untuk menolak tawaran kerja yang diberikan, akan tetapi Anda tetap perlu melakukannya dengan santun. Tidak ada yang salah dengan menolak tawaran kerja, demikian pula sebaliknya jika Anda menerima tawaran kerja, maka lakukanlah dengan bijak dengan memberitahukannya kepada calon pemberi kerja. Mintalah beberapa waktu bagi Anda untuk membuat keputusan menerima maupun menolak.

Leave a Reply