Hak dan Kewajiban Anda ketika Mencari Kerja

hak dan kewajiban anda ketika mencari kerja

hak dan kewajiban anda ketika mencari kerja

Ketika Anda lulus kuliah, kemungkinan besar langkah berikutnya yang pertama kali dilakukan adalah membuat lamaran kerja sebanyak mungkin.  Anda ingin segera terjun dalam dunia profesional dan memulai karir.  Mencari kerja (terlepas Anda ingin berusaha sendiri) tentunya ada tips dan trik yang perlu dipahami.  Tidak semua lowongan kerja akan dikirimkan surat lamaran, namun akan ada beberapa perencanaan kerja yang efektif sehingga tepat sasaran.  Pemahaman terhadap Hak dan kewajiban Anda ketika Mencari Kerja lebih memudahkan dalam Pengembangan Karir kedepannya.

Hak dan Kewajiban yang bisa didapatkan dan dilakukan menjadi barometer keberhasilan dalam pengembangan karir profesional pada masa-masa mendatang.  Tentunya Anda berharap mendapatkan respek terhadap lamaran kerja yang dikirimkan, mulai dari proses screening administratif, wawancara awal, wawancara akhir hingga sampai pada tahap final penawaran kerja.  Akan tetapi tidak semua yang Anda harapkan akan direspon sebagaimana mestinya.  Itulah mengapa perlu pemahaman mendalam cara-cara melamar kerja yang efektif dan efisien.

#Hak Anda dalam Mencari Kerja

1. Posisi Lowongan yang Benar

Posisi lowongan kerja yang ada harusnya benar dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.  Deskripsi kerja yang dipampang memang demikian adanya, bukan ditambah-tambahkan atau bahkan dikurangi.  Informasi yang jujur dan terbuka menjadi sebuah persyaratan bagi setiap perusahaan menyebarkan informasi lowongan kerja, dan Anda berhak mendapatkan informasi posisi yang benar dan akurat.

2.  Kualifikasi yang Diminta Jelas

Dalam sebuah lowongan kerja akan dicantumkan kriteria dan kualifikasi yang diminta.  Kecuali memang perusahaan memberlakukan fleksibilitas terhadap skills yang diperlukan.  Kualifikasi yang pasti akan dituliskan dengan kata-kata “must”,”do not apply unless you meet this requirement”, atau lainnya.  Dan dengan mengacu pada hal ini, Anda dapat memastikan kebutuhan kandidat seperti apa yang mereka butuhkan.

3.  Notifikasi jika Anda tidak Lolos Kualifikasi

Perusahaan bonafid tidak ibarat seseorang dengan pribadi yang bijak atau dewasa.  Manakala berucap dia jujur dan manakala bertindak dia akan sesuai aturan.  Jika Anda tidak mempunyai kualifikasi yang diinginkan, maka hak Anda mendapatkan notifikasi bahwa Anda tidak lolos.  Notifikasi pun termasuk untuk informasi bahwa keputusan yang ditunda dan lamaran Anda masih dalam proses analisa.

4.  Apresiasi Waktu Anda

Meski Anda yang mencari kerja bukan berarti waktu Anda akan diatur oleh calon pemberi kerja.  Anda berhak menentukan waktu terbaik dalam sesi wawancara.  Penentuan waktu adalah kesepakatan bersama dan Hak Anda untuk menjadwalkan ulang proses wawancara.

5.  Penawaran yang Konsisten

Perusahaan yang profesional akan memberikan penawaran dengan sebenarnya.  Meski terkadang ada beberapa perusahaan yang menarik kembali penawaran mereka bahkan sebelum Anda memulai kerja.  Jika hal ini terjadi maka Anda berhak untuk tidak melanjutkan komitmen tersebut dan “bersabar” untuk mencari yang lainnya.

#Kewajiban Anda dalam Mencari Kerja

Sebaliknya sebagai calon karyawan pun Anda perlu bersikap profesional dengan melakukan kewajiban yang seharusnya.

1.  Tidak Melamar pada Kualifikasi yang Tidak Sesuai

Jangan pernah memasukkan lamaran kerja yang tidak sesuai dengan ketrampilan dan pengalaman.  Sebuah hal yang sia-sia jika Anda melakukannya.  Melamar kerja tentu ada faktor keberuntungan, namun itupun perlu disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki.

2.  Jujur mengisi Resume

Tuliskan pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan Anda dengan benar dalam resume.  Jangan pernah memanipulasi riwayat kerja Anda demi tampak hebat, karena reputasi menjadi pertaruhan.

3.  Tepat Waktu saat Wawancara

Jika Anda telah mensepakati jadwal wawancara, maka penuhi kewajiban Anda tersebut, meski banyak kasus para calon pelamar lama menunggu.  Tidak menjadi masalah Anda harus menunggu beberapa saat, karena faktor penilaian tidak melulu dari pewawancara, namun bisa juga dari petugas keamanan dan penerima tamu di front office.

4.  Menghormati Resepsionis atau Frontliner

Anda akan mendatangi calon pemberi kerja, dan pastinya akan bertemu pertama kali dengan resepsionis atau security.  Hormati mereka, dan ini akan menjadi nilai positif terhadap first impression Anda kepada mereka.

5.  Informasikan jika Anda menolak Tawaran

Jika penawaran yang didapatkan tidak sesuai dan memang Anda akan menolaknya, maka informasikan kepada pemberi kerja bahwa Anda tidak menginginkan posisi tersebut.  Jangan pula menggantung keputusan, karena meskipun mereka masih mempunyai calon-calon lainnya, Anda wajib memberi konfirmasi, agar tidak menambah calon karyawan yang masuk kategori negative list.

source : http://careerplanning.about.com/od/jobsearch/fl/Your-Rights-and-Responsibilities-When-Looking-for-a-Job.htm

Leave a Reply