Gunakan Daftar ini untuk Tumbuh Kembang Bisnis Anda tahun 2013

Tak Terasa, Desember akan berlalu dalam 15 hari kemudian, dan Anda akan menghadapi Tahun Periode Baru 2013, yang menuntut Hasil dan Proses lebih baik.  Mulai saat ini Anda harus bersiap-siap dengan Strategic Planning dan Activity Planning yang lebih Efektif dan Efisien namun lebih Produktif, Inovatif dan Kreatif.  Tim Pendukung Anda harus makin solid, kompak dan cerdas dalam bekerja.  Biaya Operasional dapat ditekan, Kualitas Pelayanan Pelanggan harus meningkat serta Pemasaran tetap memimpin dalam kompetisi industry sejenis.

Apakah yang harus Anda persiapkan dalam menjaga Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda tahun 2013 nanti.  Desember menjadi bulan sibuk untuk mempertahankan jalur bisnis sehingga masing-masing Individu dan Tim tetap Kolaboratif dan Sinergi.  Luangkan sedikit waktu Anda untuk menempatkan Bisnis Perusahaan pada posisi baik.

1.  Tetapkan Gol Anda tahun 2013, Target Pendapatan dan Anggaran.  Prioritas ini untuk menghindari terbuangnya Waktu Anda dalam Implementasi dan Eksekusi, sehingga tidak terseret pada perencanaan strategis di Q1 atau bahkan di Q2.  Jika ini terjadi maka Anda akan kehilangan banyak waktu untuk fokus pada pencapaian Tujuan.

2.  Pilih Kunci Prioritas untuk Kuartal Pertama.  Mayoritas orang tidak dapat fokus pada beberapa hal sekaligus, sehingga ketika Anda memiliki tiga atau lima prioritas dalam tahun 2013, perlu Delegasi dan Degradasi Prioritas.  Luangkan waktu sehari dalam seminggu untuk mencari prioritas dan menjalankannya secara simultan.

3.  Buat Action Plan untuk Mengenal Pelanggan Lebih Baik.  Cari tahu kenapa Pelanggan memilih Anda dibandingkan Pesaing atau Kompetitor lainnya.  Pelajari lebih lanjut kebutuhan dan keinginan Pelanggan Anda sehingga posisi Produk dan Jasa Anda tetap menjadi primadona di pasar.

4.  Jalankan Latihan ROI (Return on Invesment).  Lakukan beberapa kalkulasi secara terperinci dimasing-masing KPI, sehingga dapat Anda hitung pengeluaran dari berbagai Orang dan Departemen, Aktivitas dan Inisiatif Kerja.  Perkirakan apa yang Anda dapat sebagai Imbalan dan Harapan untuk Jangka Panjang.

5.  Kirimkan Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi terhadap Karyawan, Pelanggan dan Rekanan.  Dengan sedikit berparesiasi terhadap mereka yang mendukung Anda, cukup menjadi penjaga hubungan baik pada tahun berikutnya.  Sebutkan Anda sangat berterima kasih kepada mereka yang telah membantu Kinerja tahun 2012 ini.

6.  Gambarkan Rencana 3 sampai 5 tahun berikutnya.  Dengan meyakinkan apa yang Anda inginkan di tahun 2013, lebih mempermudah visualisasi target tiga atau lima tahun berikutnya.

7.  Carilah satu Item Gangguan dan Rencanakan untuk Eliminasi.  Anda perlu fokus ada Kesuksesan dan Pencapaian di setiap Lini, Departemen atau Divisi.  Setiap Unit Bisnis harus menyingkirkan hal-hal yang menjadi gangguan dan fokus pada keberhasilan.

8.  Identifikasikan Karyawan yang tidak sejalan dengan visi dan misi, serta ganti dengan orang lain.  Penggantian orang bukan wacana yang menarik hampir disetiap organisasi, namun hal ini harus dan wajib dilakukan agar Tumbuh Kembang Perusahaan tetap sejalan pada Visi dan Misi Perusahaan.  Carilah orang yang menyeret dalam penurunan Efektivitas Tim dan Semangat Kerja. Carilah orang yang hanya memperburuk kondisi organisasi dibandingkan membangunnya.

9.  Evaluasi Kesepakatan Operasional.  Adakalanya Anda lupa dengan kesepakatan kerjasama dengan relasi atau rekanan yang perlu dilakukan evaluasi, sehingga dapat terlihat manfaat dan keuntungan terjadi pada kedua belah pihak.  Tidak perlu khawatir dalam memutus hubungan kerjasama, jika tidak tercipta keuntungan yang Layak.

10.  Istirahat dan Apresiasi Diri Anda.  Tahun 2013 adalah Tantangan Baru dan Semangat Baru, sehingga hadiahkan diri Anda dengan sebuah Kesenangan dan Rekreasi.  Jadikan tahun 2013 sebagai perjalanan Panjang yang Menyenangkan.

Tahun 2013 akan menjadi tantangan sehingga perlu persiapan matang dan konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan.  Prediksi pertumbuhan yang tetap positif dapat menjadi indikator Kemajuan Tumbuh Kembang Organisasi Anda.

Leave a Reply