Gaya Kepemimpinan menurut 5 Elemen Alam

elemen alam dalam kepemimpinanKepemimpinan memiliki Gaya dan Karakter yang cukup beragam, tergantung masa Kepemimpinan itu sendiri.  Terkadang kita melihat Gaya Fundamental, terkadang tampak jelas Gaya Otoritas dan di Era Modernisasi saat ini sering didengungkan Gaya Demokrasi.  Secara alami dapat didefinisikan beberapa Gaya Kepemimpinan menurut Elemen Dasar Alam, yakni : Kayu, Api, Tanah, Air dan Emas.

Kayu (Wood) – Melakukan hal-hal yang baik dengan Keanggunan dan Kepribadian.  Secara alami, Kayu perlu tumbuh dan berkembang, sebagaimana Kepemimpinan “Gaya Kayu”, mereka Mekar dengan Inovasi, Inspiratif dan ber-Pengaruh, Memimpin melalui tabiat Alam, tidak melalui Kekerasan.

Api (Fire) – Ke-Sopan Santun-an, Harga Diri, Rasa Kemanusiaan nan Rendah Hati, Kepemimpinan “Gaya Api” berkarakter Semangat (Passion), Ketulusan (Sincerity), Visi dan Misi, Persepsi dengan berbentuk Presentasi Hebat.

Tanah (Earth) – Temperamen yang Lemah Lembut namun Percaya Diri (Confidence), Tulus (Honesty), Membumi (Down to Earth).  “Gaya Tanah”  Pribadi yang Anggun, Bertanggung jawab, Terampil Mendengarkan dan Keterlibatan serta Hubungan Alami.

Emas (Gold) – Menegakkan keadilan dengan Temperamen Kuat, yang mana bersifat Persamaan (Equity) yakni Anda ingin diperlakukan sebagaimana Anda memperlakukan orang.  Emas berarti Panen, memberikan Hasil Berkelanjutan, Budaya Kerja yang terukur, Penghargaan dan Insentif bagi Kontribusi.

Air (Water) – Kebijaksanaan yang Mengalir, Pengamatan yang Mendalam, Prediksi Analitis, dan Seni Manajemen Praktis.  Air dapat bermakna Akumulasi Pengetahuan dan Energi yang Keberlanjutan.

Kebaikan, Kebenaran, Sopan Santun, Kebijaksanaan dan Kepercayaan adalah cerminan Alami yang terpancar melalui elemen-elemennya.  Kepemimpinan Alami akan memproyeksikan karakter-karakter tersebut.

ikhtisar.com

Leave a Reply