Frase Inilah yang sangat ingin didengar boss Anda , Gunakanlah

jadikan hari-hari bagi bos andaSebagai seorang boss atau atasan tentu masih mempunyai rasa ingin disanjung, dihormati atau mendapatkan respek dan perhatian anak buah. Sifat alami yang tiada akan hilang, sifat alami manusia yang selalu ingin diperhatikan. Tidak terkecuali mereka adalah atasan Anda. Berikut ini frase-frase yang dapat Anda gunakan untuk membuat hari-hari menyenangkan bagi boss dan tentunya bagi Anda sendiri.  Dikutip dari linkedin.com, frase berikut ini dapat membantu Anda tetap semangat dalam menghadapi pekerjaan yang mungkin cukup banyak dan membebani.

1.  Ada yang bisa dibantu?

Inilah frase pertama yang hampir semua pimpinan atau atasan ingin mendengarnya, “Adakah yang bisa saya bantu?”. Lawan kata dari frase ini tentunya, “Ini bukan pekerjaan saya”, yang notabene frase tersebut sangat menunjukkan bahwa Anda tidak siap dengan Team Player atau Kerjasama Tim dan Sinergi.

2.  Bukan masalah

Saat atasan Anda meminta melakukan sesuatu, maka jawaban yang pasti ingin didengarkannya adalah, “Bukan Masalah, saya bisa mengerjakannya”. Dengan demikian Anda telah membantunya mengurangi aktivitas micromanage yang sangat menyita waktu mereka.

3.  Saya senang bisa mempelajarinya

Meski bukan bidang kerja yang Anda mahir, namun dengan bersedia belajar hal baru, terlebih jika atasan memintanya, maka hal ini menunjukkan bahwa Anda siap untuk berkembang dalam perusahaan atau karir. Kemauan Anda belajar hal baru dan melakukan sesuatu yang belum tentu hasilnya memberikan sinyal bahwa Anda bersedia membangun kompetensi baru terlebih atas permintaan atasan.

4.  Bagaimana saya dapat memperbaikinya

Hal ini sangat berguna ketika Anda menjalani Performance Review, dimana hal tersebut memberikan bukti bahwa Anda siap dengan kritik membangun dan feedback yang bermanfaat. Frase ini dapat dipergunakan setiap saat dalam kondisi apapun, dimana tengah terjadi komunikasi dengan atasan Anda. Anda memberikan kesempatan kepada Atasan untuk menunjukkan kompetensi dan kapasitas mereka sebagai supervisor Anda.

5.  Biarkan saya yang memimpinnya

Merupakan sebuah frase inisiatif dalam mengambil tindakan, dan ini memperjelas kepada atasan Anda bahwa Anda adalah salah satu karyawannya yang berharga dan dapat diandalkan. Meskipun Anda sangat sangat proaktif, namun perlu dipertimbangkan jenis tanggungjawab yang Anda ambil apakah sesuai dengan kompetensi ataukah akan menjadi beban tambahan.

6.  Saya senang dengan pekerjaan ini

Meski tidak semua pekerjaan yang dilakoni adalah hal yang menyenangkan bagi Anda, namun 1 atau 2 jenis hal dalam pekerjaan akan sangat berarti jika dapat disebut sebagai pekerjaan yang Anda senangi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda antusias dengan pekerjaan dan inilah frase yang sangat dinantikan seorang atasan atas bawahannya.

7.  Inilah cara kita menyelesaikan masalah

Solusi adalah kekuatan dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan, dan ketika Anda datang kepada atasan dengan berbagai macam masalah, dan menyambungkannya dengan frase, “Namun kita dapat menyelesaikannya dengan cara ini”, maka Anda akan sangat tampak sebagai seorang yang kreatif dan strategik dalam berpikir. Meski pilihan solusi Anda tidak dipilih pada akhirnya, namun dengan datang membawa solusi sudah cukup mengimpresi mereka.

8.  Berkata “tidak”

Atasan Anda akan sangat senang manakala Anda mampu berkata “tidak” dalam sebuah diskusi, tentunya dengan nada bicara yang santun dan tujuan yang jelas. Ungkapan tidak Anda memberikan tanda bahwa Anda sangat peduli dengan batas-batas yang harus menjadi konsen bagi setiap orang dalam organisasi.

9.  Hal ini harus diselesaikan, biar saya yang melakukannya

Atasan sangat senang dengan karyawan yang self-driven, minimum supervise dan tidak butuh banyak arahan atau micro managing. Meski bukan pekerjaan Anda, namun jika memang harus diselesaikan dan Anda mampu melakukannya, segeralah lakukan. Misalkan mengganti toner printer tidak harus menunggu tim general affair membantu Anda, dan dengan demikan Anda akan memperoleh kredit poin akan hal tersebut.

10.  Inilah idenya

Manager yang baik akan senang dengan ide-ide baru, dan pastikan Anda datang pada saat yang tepat. Salah satu momen yang baik adalah meeting rutin staff, dimana ada sesi brainstorming, sementara meeting dengan klien merupakan waktu yang kurang tepat.

Leave a Reply