Follow Up Penting bagi Karir Profesional

Istilah Follow Up atau Tindak Lanjut sudah umum Anda dengar dalam Kegiatan sehari-hari, mulai dari urusan Pekerjaan, Bisnis, Sosial dan lainnya.  Follow Up merupakan Tindakan Lanjutan dalam Tahapan Panjang sebuah Proses Kegiatan.  Follow Up cukup mudah diucapkan namun cukup sulit pula untuk di-Implementasikan.  Tindak Lanjut khususnya dalam Proses Pengembangan Karir Anda mulai Tahapan Awal Interview atau Wawancara, Masuk Kerja sampai Kenaikan Pangkat dan Promosi Pangkat dan Jabatan sangat Menentukan Keberhasilan Masa Depan.  Dikutip dari Jobstreet.com, Berikut beberapa Langkah Mudah Anda untuk melakukan Follow Up setelah Proses Interview Kerja yang dilalui.

Setelah melalui Tahapan Wawancara sangat jarang sekali Pencari Kerja melakukan Follow Up yang menyatakan Apresiasi dan Terima Kasih.  Langkah ini termasuk cukup penting untuk Proses Pencarian Kerja Anda berikutnya.  Sangat disarankan Anda dapat mengirimkan surel atau pesan singkat kepada Pewawancara atas Kesempatan Tatap Muka dan Wawancara yang telah dilakukan.  Hal ini cukup berguna diantaranya:

1.  Menunjukkan Apresiasi Anda kepada Perusahaan yang telah Tertarik kepada Anda.

2.  Menyatakan Anda masih memiliki Ketertarikan untuk Posisi yang ditawarkan.

3.  Mengingatkan kembali Pewawancara bahwa Kualifikasi Anda sangat Cocok dengan Posisi yang ada.

4.  Menggarisbawahi tentang hal yang terlupakan pada saat Wawancara.

5.  Menunjukkan Sikap Profesional atau Good Manner.

6.  Menambahkan Informasi yang diminta pada saat Wawancara.

karyawan terpilihFollow up Pertama tersebut diatas bukan satu-satunya Follow Up atau Tindak Lanjut yang harus dilakukan. Anda sebagai Pencari kerja perlu melakukan Follow Up Kedua dan berikutnya bila perusahaan belum memberikan keputusan terhadap proses kelanjutan berupa Pemberitahuan sesuai Kesepakatan. Dalam Follow Up lanjutan, Anda dapay cantumkan secara rinci Kronologis Informasi dan Tanyakan mengenai Status Anda sebagai Pencari Kerja.  Kalau Anda dapat melakukan Follow Up setiap kali proses wawancara, hal ini akan menunjukkan Kualitas dan Kapasitas Anda sebagai Profesional.  Follow Up dalam Dunia Kerja saat ini bukan lagi hal yang Tabu untuk ditanyakan, karena merupakan bentuk Komunikasi yang Terbuka antara Pencari Kerja dan Pemberi Kerja.

Dari Sisi Perusahaan Pemberi Kerja, mungkin cukup merepotkan ketika harus memberikan informasi status kepada pencari kerja, namun sebenarnya hal tersebut tidak terlalu merepotkan jika perusahaan Pemberi Kerja telah menggunakan teknologi dalam proses Recruitment-nya.  Keberhasilan Anda untuk Pengembangan Karir dapat dimulai dengan Follow Up dalam mencari pekerjaan. Dan banyak cara Perusahaan Pemberi Kerja mencari Kandidat yang Tepat diantaranya berpartisipasi pada Job Fair.  Job Fair-pun sering dimanfaatkan untuk Pencari Kerja dalam berburu Karir Idamannya.  Sayangnya pencari kerja jarang sekali melakukan follow up setelah menghadiri job fair meskipun dengan biaya yang tidak sedikit dan menyita waktu cukup lama. Lakukanlah follow up setelah Anda bicara dengan wakil perusahaan di dalam job fair dengan mengirim email atau hardcopy ke perusahaan. Sebagaimana dengan Follow Up Interview, berikanlah suatu kesan bahwa Anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dan berikan Apresiasi serta Ucapan Terima Kasih karena sudah diberi waktu bertemu. Hal ini akan memberikan kredit kepada Anda karena termasuk beberapa dari ribuan orang bahkan mungkin satu-satunya orang yang melakukan hal ini.

ikhtisar.com

Leave a Reply