Area Fokus Kepemimpinan Membangun Performa Tim

Area Fokus Kepemimpinan membangun performa tim
Area Fokus Kepemimpinan membangun Performa Tim

Ketika Anda punya area Fokus Kepemimpinan membangun Performa Tim, tugas Anda akan lebih MUDAH.  Maka bentuklah sebuah KONDISI yang mendorong KERJASAMA dan HASIL.  Harapan Anda dalam tuangan VISI MISI mudah dicerna oleh setiap anggota tim.

Dalam sebuah Tim tetap berlaku satu SLOGAN, bahwa Tidak ada orang yang lebih penting daripada keseluruhan tim.  Tidak ada satupun superman dalam tim Anda, semua bekerja pada POSISI dan FUNGSI masing-masing, dan mempunyai KONTRIBUSI.

Tim terbaik akan MENANG bersama, BELAJAR bersama, BERDAPTASI bersama, KALAH bersama, dan TUMBUH bersama. Dalam tim dengan kinerja tinggi, INTERAKSI dan KOMUNIKASI mereka berjalan lancar, relevan, dan bahkan menyenangkan. Tim hebat mampu mencapai hasil yang menakjubkan, karena, sebagian, PEMIMPIN mereka dengan sengaja membentuk KONDISI yang membantu orang melakukan pekerjaan luar biasa secara bersama-sama.  Lingkungan yang KONDUSIF adalah fundamental utama dalam PRODUKTIVITAS dan selebihnya adalah FAKTOR PENDUKUNG.

Kompleksitas sifat manusia dan politik kantor dapat tersamar di mana-mana, sehingga seorang pemimpin perlu FOKUS perhatiannya. Di tengah drama kantor, perebutan sumber daya, atau decoding nada email bos, akan mudah untuk menjadi PENGGANGGU dan TERABAIKANNYA apa yang perlu dilakukan untuk membangun tim hebat. Ini adalah REALITAS bisnis sehari-hari. Pemimpin yang luar biasa akan bangkit mengatasi GANGGUAN. Ketika Anda melakukannya, maka 10 area fokus kepemimpinan membangun tim berikut dapat menjadi jalan yang lebih jelas untuk pekerjaan yang lebih berarti.

 

Tidak ada ORANG yang lebih PENTING daripada keseluruhan TIM

 

#1. Fokus pada KEJELASAN (CLARITY)

Kejelasan terdiri dari empat item: SASARAN, PRIORITAS, HARAPAN, dan UMPAN BALIK. Dengan sesuatu yang JELAS, tim Anda akan tahu ke mana mengalihkan fokusnya dan menentukan tingkat usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan TUGAS. Kejelasan sangat diperlukan sehingga SUMBER DAYA akan EFISIEN dan kerjasama tercipta EFEKTIF.  Dengan tidak adanya kejelasan, tim dapat membentuk apa yang menurut mereka PENTING sementara Pemimpin jarang senang dengan hasilnya.

Jelas dalam memberi INSTRUKSI, ARAHAN, PANDUAN atau bahkan DORONGAN menjadi modal bagi tim Anda untuk menciptakan PERFORMA tinggi.  Ini adalah area fokus kepemimpinan membangun tim yang pertama.  Visi Misi organisasi perlu dipahami setiap anggota tim, dan Tugas Tanggung Jawab pun masing-masing mereka mengerti dan paham.

#2. Fokus pada HUBUNGAN (RELATIONSHIPS)

Bagaimana Anda dapat bekerjasama yang baik, atau menciptakan SINERGI, sementara nilai kepercayaan antar tim RENDAH. Setelah kejelasan arah dan tujuan sebuah tim, selanjutnya pemimpin yang hebat akan menjadikan HUBUNGAN sebagai area fokus kepemimpinan berikutnya.

Akan lebih mudah untuk PERCAYA dan PAHAM pada rekan kerja bila hubungan personal punya KUALITAS TINGGI. Tim hebat menyempatkan waktu untuk makan bersama, minum kopi, merencanakan bersama, meninjau kemajuan, dan bahkan berbagi makan dan minum bersama. Anda dapat menemukan rasa AMAN dalam sebuah hubungan yang ada IKATAN.

Pemimpin adalah sosok orang yang bertanggungjawab membangun HUBUNGAN baik dari setiap anggota tim mereka.  Hubungan personal yang HARMONIS akan membangun kekuatan dari adanya rasa PERCAYA satu dan lainnya.

#3. Fokus pada SOLUSI

Masalah akan selalu muncul.  Datang tak diundang dan kadang tak mengenal waktu.  Untuk itulah Anda perlu menjadi seorang pemimpin yang TANGGUH dengan berbagai macam MASALAH.  Masalah akan selalu ada, dan area fokus kepemimpinan berikutnya adalah SOLUSI.  Pemimpin selalu menjadikan solusi sebagai arah kerja tim.

Tim berkualitas tinggi adalah PEMECAH MASALAH. Tim tidak akan terjebak ke dalam masalah sehingga terkatung-katung. Sebagai gantinya, Tim akan mengembangkan ALTERNATIF solusi dan apa saja yang MUNGKIN terjadi.

Inti dari fokus solusi ini adalah KEJELASAN dan kualitas HUBUNGAN. Kejelasan yang menyediakan PARAMETER untuk memecahkan masalah. Serta hubungan yang membantu menentukan SIAPA yang perlu TERLIBAT dan KAPAN untuk mencapai solusi yang diinginkan.

#4. Fokus pada KETERBUKAAN RADIKAL

Dalam budaya yang berorientasi hasil, orang sering mempraktikkan keterbukaan radikal. Penulis Kim Scott mempopulerkan istilah dalam bukunya dengan judul RADICAL CANDOR. Scott menjelaskan keterbukaan radikal seperti ini:

“Peduli secara PRIBADI pada saat bersamaan Anda Menantang secara Langsung. Bila Anda menantang tanpa KEPEDULIAN itu berarti AGRESI MENJENGKELKAN; bila Anda peduli tanpa menantang maka itu adalah EMPATI MENGHANCURKAN.  Dan bila Anda tidak melakukan keduanya, itu berarti KETIDAKSOPANAN MANIPULATIF.”

Masalah yang timbul harus diomongkan antar sesama, Solusi yang diambil harus disepakati bersama, dan Hasil yang didapat menjadi keberhasilan bersaama.  Setiap langkah yang terjadi, maka perlu adanya keterbukaan, baik KOMUNIKASI, INFORMASI dan lainnya.  Pemimpin yang handal akan menjadikan area fokus kepemimpinan membangun performa tim berupa Keterbukaan Radikal.

#5. Fokus pada KEMAJUAN (PROGRESS)

Adalah menjengkelkan dan membuat DEMOTIVASI untuk meluangkan waktu bagi sebuah proyek yang STAGNAN. Stagnansi dapat terjadi karena beberapa kendala.  Namun Anda perlu sebuah kemajuan atau progress.  KEMAJUAN sangat kuat KUAT dampaknya bagi tim. Pemimpin harus tetap SADAR akan hambatan untuk maju dan kemudian menghilangkan hambatan dengan CEPAT.

Kemajuan adalah area fokus kepemimpinan berikutnya dalam membangun performa tim.  Sedikit apapun progress yang tim Anda dapatkan maka itu adalah sebuah kesempatan Anda memberi APRESIASI kepada mereka.  Jika Anda hanya berfokus pada HASIL AKHIR dan melupakan PROSES yang sudah dilakukan, meski hasil belum optimal, maka lambat laun tim Anda akan MUNDUR teratur.

Hargailah setiap langkah maju yang mereka buat, dan pastikan Anda pun selalu konsisten untuk mendorong mereka semakin maju dalam pencapaian tim.  Anda perlu lebih luas melihat POTENSI SOLUSI yang mungkin untuk mengurangi HAMBATAN kerja.  Kebijakan dan Keputusan Anda sangat berpengaruh pada progres tim.

Leave a Reply