Inilah caranya Anda Tetap Fit dalam Aktivitas Kerja sehari-hari

tetap fit di kantorMenjaga Stamina tidak hanya dilakukan para atlit profesional, namun sebagai pekerja profesional pun Anda perlu menjaga stamina.  Hal ini sangat berpengaruh dengan tingkat produktivitas Anda dalam jangka panjang, terlebih bagi yang menghabiskan banyak waktu dibalik meja.  Meski dengan beban dan jadwal kerja yang sangat ketat, Anda tetap perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk merenggangkan otot dan tulang sendi, sehingga sirkulasi oksigen berjalan lancar.  Alasan menumpuknya pekerjaan tidak boleh menghalangi Anda untuk tetap fit dan bugar.

1.  Hindari menggunakan lift berkepanjangan, terlebih jika hanya turun dan naik 1 atau 2 lantai.  Gerakan kaki dan pergelangan untuk beberapa puluh meter setiap jam cukup memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda.  Tujuannya tidak untuk membakar banyak kalori, namun ini efektif menjaga kondisi otot Anda.

2.  Bergeraklah meski hanya sekedar mengambil air minum ke pantry.  Jangan Anda biasakan menyediakan botol air minum di atas meja sehingga mempermudah Anda untuk tetap duduk dan tidak beranjak.  Kunjungi pula rekan kerja dengan mendatangi mejanya, tanpa harus melalui telepon atau Office Communicator.

3.  Jongkok Berdiri, selama Anda menunggu antrian fotocopy misalnya, atau ketika forum meeting yang berlarut-larut, Anda dapat merenggangkan kaki dan tangan sesekali.  Jika perlu Anda keluar ruangan untuk menghirup udara yang lebih segar.

4.  Stretching di meja Anda jika kondisi tidak memungkinkan meninggalkan ruangan.  Menggerakan otot leher dalam beberapa detik, menarik lengan kiri dan kanan, dan lainnya.

5.  Angkat Beban, semisal dua rim kerta A4 dilakukan dalam beberapa sesi.  Ini juga bermanfaat bagi pergangan otot lengan Anda yang kaku.

6.  Melenturkan Badan pada saat menerima telepon maka Anda dapat berdiri, sambil berkeliling meja atau kursi.

7.  Keluar Makan Siang yakni mencari tempat makan pada jam istirahat yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki. 

Aktivitas kerja kantoran tentu cukup menyita waktu sehingga Anda banyak yang lupa berdiri setelah duduk.  Hal ini cukup berdampak kurang baik dalam jangka panjang bagi kebugaran dan stamina Anda, karena sirkulasi darah dan oksigen tubuh yang minim.  Manfaatkan waktu sedikit Anda untuk menggerakkan lengan dan kaki sehingga kelenturan otot tetap terjaga.

Leave a Reply