Faktor-faktor Penting untuk mempertegas Kelebihan dan Kekuatan Anda

mempertegas kelebihan dan kekuatan andaBanyak cara untuk meningkatkan kompetensi (pengetahuan dan ketrampilan) sehingga dapat menjadi pribadi yang handal, pemimpin yang hebat atau kontributor utama dalam tim.  Faktor kepemimpinan, manajemen dapat dikembangkan sehingga menjadi kekuatan dan kelebihan utama Anda.  Banyak hal yang bisa dipraktekkan sehingga Anda akan menjadi pribadi yang menghasilkan perbedaan besar bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.  Ujilah kemampuan Anda dengan berbagai alat uji dan temukan sumber daya apa yang akan menolong Anda menginjakkan kaki pada level lebih tinggi.

Beberapa area yang cukup krusial untuk mengangkat performa Anda dan bermanfaat terhadap kinerja tim keseluruhan, diantaranya adalah Kepemimpinan (Leadership), Manajemen, Problem Solving and Decision Making.  Faktor-faktor tersebut akan mempertegas kepribadian, kelebihan dan kekuatan Anda sebagai pemimpin dan pribadi. 

1.  Leadership and Management (Kepemimpinan dan Manajemen)

Kepemimpinan dan Manajemen meski cukup banyak persamaannya, namun esensinya adalah ketrampilan yang berbeda.   Meski demikian, seorang manajer harus mempelajari ketrampilan memimpin yang baik.  Kepemimpinan adalah kemampuan menggerakkan orang lain dengan potensi mereka, mengajak mereka mengikuti Anda karena merasa mempunyai visi misi yang selaras. 

2.  Problem Solving and Decision Making (Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan)

Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan adalah dua area yang sangat penting menjadi kelebihan Anda, untuk sukses dalam karir.  Dengan kombinasi bersama People Skills, Anda akan mampu membuat sebuah Keputusan yang Baik dan Bijaksana.  Problem Solving and Decision Making sangat terkait satu sama lain.  Dalam pemecahan masalah yang utama adalah Anda paham dan mampu mengidentifikasikan akar penyebab masalah.  Sekali Anda mampu menemukan akar masalah utama, akan banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk menyelesaikannya. 

3.  Communication Skills (Ketrampilan Berkomunikasi)

Kemampuan mendengarkan dengan baik adalah kunci berkomunikasi yang jelas.  Perilaku ini adalah saat Anda berfokus pada orang lain, dan memastikan bahwa Anda memahami apa yang ia coba katakan. Resolusi Konflik dan Negosiasi adalah area lain yang dapat diperbaiki untuk menjadi seorang komunikator yang hebat.

4.  Time Management (Manajemen Waktu)

Kemampuan mengelola waktu yang efektif merupakan salah satu ketrampilan penting dalam pengembangan karir Anda.  Bukan hanya memperbaiki produktivitas namun akan menekan level stress Anda dalam bekerja.  Rumusan penting dalam pengelolaan waktu adalah menghindari penundaan, dengan selalu fokus pada masalah yang dihadapi saat ini, tidak membiarkannya menjadi tugas esok hari. 

5.  Personal Mastery (Penguasaan Diri)

Ketika Anda dapat menguasai diri sendiri, membuat keputusan yang tepat bagi masa depan, maka Anda akan mudah pula menguasai ketrampilan (Skills) lainnya yang diperlukan.  Mulailah dengan membuat Personal Goals (Tujuan Pribadi) menggunakan metode SMART.

Leave a Reply