Employee Ownership, Dasar Pembentukan sebuah Sustainable Growth Organisasi Anda

Employee Ownership, Dasar Pembentukan sebuah Sustainable Growth Organisasi Anda
Employee Ownership, Dasar Pembentukan sebuah Sustainable Growth Organisasi Anda

Dalam lingkup terkecil, sebuah perusahaan akan berisikan orang-orang, grup, seksi, departemen hingga divisi. Masing-masing mempunyai peranan dan kompetensi tersendiri. Lalu, Bagaimana sebuah perusahaan dalam lingkup terkecil, yakni seksi atau grup yang terdiri dari 2 atau 3 orang, mampu menjadi bagian terkecil yang berkontribusi bagi pertumbuhan perusahaan?

Jawabannya adalah dengan membuat pemahaman kepada masing-masing anggota seksi atau grup untuk mempunyai Employee Ownership, sehingga membentuk dasar Sustainable Growth perusahaan. Rasa Memiliki setiap karyawan menjadi stigma para pemimpin perusahaan, untuk membuat kendaraannya berjalan sesuai Visi Misi dan Corporate Strategy.

Apa saja yang berpengaruh pada Employee Ownership sebuah perusahaan, sehingga mampu tetap tumbuh dan berkembang.

1.  Kompensasi dan Benefit

Kompensasi dan Benefit yang menunjang performa kerja karyawan akan membuat mereka loyal terhadap pekerjaan dan perusahaannya. Bonus, Tunjangan, Gaji, dan lainnya adalah bagian dari sekian banyak macam Kompensasi dan Benefit Program. Karyawan akan mempunyai rasa memiliki yang tinggi, manakala merasakan manfaat dari sebuh Kinerja dan Prestasi Positif yang disumbangkannya kepada perusahaan.

Kompensasi dan Benefit akan membangkitkan sikap kooperatif masing-masing orang agar saling membangun, mendukung dan berhasil.

2.  Motivasi

Motivasi timbul dari adanya perasaan berharga sebagai bagian dari perusahaan. Motivasi adalah emosi yang muncul sebagai pendorong semangat kerja, antusiasme dan hasrat, agar tumbuh berkembang sebagai profesional yang diandalkan. Motivasi sendiri bisa didapatkan dari luar pribadi orang tersebut, seperti kompensasi dan benefit, lingkungan kerja yang nyaman, rekan kerja yang kooperatif dan lainnya. Pun, Motivasi dari dalam diri pribadi berupa keinginan menjadi yang terbaik bagi keluarga dan lingkungan.

Perusahaan akan tumbuh berkembang jika orang-orang yang menjadi dasar gerak langkahnya mempunyai sense of ownership, Rasa Memiliki, ibarat dia bekerja pada perusahaan sendiri yang harus diperjuangkan. Employee Ownership menjadi salah satu faktor vital dalam pengembangan pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan.

Leave a Reply