Elemen penting dalam Perencanaan Strategis bagi Profesional Jakarta

Elemen penting Perencanaan Strategis bagi Profesional Jakarta

Elemen penting Perencanaan Strategis bagi Profesional Jakarta

Strategic Plan atau Perencanaan Strategis adalah sebuah dokumen wajib bagi pelaku usaha atau bisnis.  Tanpa adanya Perencanaan Strategis maka implementasi program-program akan banyak tersendat dan bahkan bisa gagal.  Sebagai seorang karyawanpun Anda wajib mempunyai Strategic Plan yang kita kenal dengan sebutan Activity Plan, atau Action Plan.  Apa saja Elemen penting dalam Perencanaan Strategis bagi Profesional Jakarta, sehingga mampu bersaing menjadi pelaku usaha atau karyawan yang handal..?.  Dikutip dari about.com berikut ini adalah elemen-elemen dasar dalam pembuatan sebuah Strategic Plan. 

1.  Pernyataan Visi (Vision Statement)

Visi adalah cita-cita atau impian Anda.  Sebuah pernyataan yang inspiratif dan aspiratif untuk membangun masa depan.  Visi biasanya didefinisikan untuk 3 sampai 5 tahun, bahkan lebih.  Visi akan menjadi arahan bagi seluruh tim Anda.

2.  Pernyataan Misi (Mission Statement)

Setelah Anda membuat visi untuk masa depan, maka selanjutnya Anda perlu membuat pernyataan yang menggambarkan posisi saat ini atau disebut MISI.

3.  Nilai Inti (Core Values)

Sebagai profesional Anda harus mempunyai core values (Nilai Inti) yang menjadikan ciri dan uniqueness.  Nilai-nilai inti akan mencerminkan Keyakinan dan Perilaku Anda sebagai profesional.  Nilai Inti akan membuat Anda meraih kinerja sesuai visi dan misi.  Banyak contoh nilai inti yang dapat dijadikan acuan, seperti berikut ini adalah Core Values dari Coca Cola Company :

  • Leadership
  • Collaboration
  • Integrity
  • Accountability
  • Passion
  • Diversity
  • Quality

4.  Analisa SWOT

SWOT atau kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity, Threat merupakan alat bantu yang menggambarkan serta menganalisa dimana Anda saat ini dan memberikan masukan atau ide apa yang perlu Anda fokuskan kedepannya.

5.  Tujuan Jangka Panjang

Tujuan yang dibuat untuk masa untuk masa hingga 5 tahun atau bahkan lebih.  Tujuan jangka panjang akan membantu Anda mendeskripsikan bagaimana meraih sukses sesuai visi.

6.  Obyektif Tahunan

Tujuan Jangka Panjang akan dibuatkan dalam tahapan-tahapan jangka pendek atau tahunan.  Pencapaian tahunan akan menggambarkan Milestone jangka panjang.  Itulah mengapa dalam Strategic Plan perlu dibuatkan obyektif tahunan. dan untuk itulah diperlukan cara-cara strategis mencapai obyektif tahunan.  Anda biasanya mengenal istilah SMART – Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Timebound.

7.  Action Plan

Perencanaan Strategis perlu dituangkan dalam sebuah timeline project, atau dapat disebut Action Plan.  Action Plan ini berisi detil dari seluruh rencana kegiatan, waktu pelaksanaan, PIC terkait hingga, dateline.

Leave a Reply