Dua Langkah Perubahan, yakni Mengerti Situasi dan Mengembangkan Solusi

Kemampuan Perusahaan Anda untuk Bertahan dan Kompetitif adalah tergantung dari orang-orang yang berada dalam Organisasi yang Mengerti Situasi dan Mengembangkan Solusi.  Tidak semua orang melihat dunia, dan segala sesuatu tidak semuanya Bekerja Bersama dan Sesuai dengan cara yang Anda kehendaki.  Ketika hal ini telah Anda pahami maka Itu adalah Sesuatu yang Bagus.  Anda mungkin sering mendengar keluhan seperti, “Saya ingin manajer mampu melihat apa yang salah dan mengerti bahwa mereka memiliki kemampuan untuk memperbaikinya” atau “Saya ingin para staff mengerti pekerjaan mereka” dan masih banyak lagi.  Perbaikan selalu terganjal karena Ego dan Politik.  Bagaimana Anda dapat menjadi Perubahan kearah yang lebih baik.

Langkah Pertama, Mengerti Sistuasi

1.  Apakah Solusi Kompleks yang diperlukan?

Anda mungkin mengira bahwa Situasi atau Kondisi yang ada memerlukan Solusi yang Kompleks, padahal mungkin dengan sebuah Penyelesaian Sederhana lebih Efektif dan Bekerja Baik untuk sebuah Permasalahan.  Permasalahan serumit apapun tidak mengharuskan Anda mencari Solusi yang sangat Lengkap dan Rumit pula.  Kedepankan Kesederhanaan daripada Kompleksitas nan Rumit.

2.  Seperti Apakah seharusnya Sistuasi yang ada?

Ketika Anda tidak mengetahui Situasi yang seharusnya atau Situasi Ideal, maka bagaimana Anda dapat paham Apakah yang Anda inginkan pada saat Situasi Kritis.  Anda mungkin tidak melihat Kerusakan sesuatu pada saat Berfungsi Normal, namun sangat mudah untuk memahaminya pada saat Tidak Berfungsi atau Rusak.  Cobalah Mengembangkan Kemampuan Membaca Situasi Ideal dari setiap Keadaan, sehingga memberikan Gambaran ketika Anda mengalami kondisi tidak sebagaimana mestinya.

3.  Siapakah yang harus Tahu apa yang Dilakukan?

Mungkin Atasan Anda tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, walau kebanyakan dari mereka demikian adanya.  Namun Anda perlu mencari orang yang Mengetahui apa yang harus dilakukan pada Kondisi Tertentu.  Setiap bagian perlu memiliki orang-orang Ahli dalam Bidangnya sehingga roda perusahaan akan terjaga selalu berputar.

Langkah Kedua, Mengembangkan Solusi

1.  Pilih Satu Hal yang harus dirubah

Hal ini sebanding dengan Situasi yang Seharusnya dan diujiobakan, dimana Anda dapat mencoba Konsep Plan Do Check Act (PDCA).  Lakukan Perubahan satu per satu, karena dampaknya cukup tinggi walau Anda lakukan dengan cara kerja yang berbeda.

2.  Berbagi apa yang Anda Ketahui dan Temukan

Ceritakan apa yang Anda kerjakan kepada Atasan dan Orang yang berpengaruh dengan adanya Solusi tersebut.  Anda mungkin akan mendapatkan Resistensi karena mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak akan bekerja disini, namun tetaplah dengan Pengembangan Solusi karena Sukses terjadi sebab Langkah Berulang.

3.  Jika sesuatu Bekerja dan Berfungsi, maka Biarkan

Pada saat Anda mencoba melakukan sesuatu dan berhasil, maka segeralah jadikan bagian dari Prosedur Perbaikan dan Sebarkan kepada yang lain.

4.  Jika sesuatu Tidak Bekerja dan Berfungsi, maka Hentikan

Namun jika Anda melakukan sesuatu dan tidak berhasil, maka berhentilah, mulai berpikir melakukannya dengan cara lain.

Perubahan dan Solusi terjadi karena banyak orang melakukan Perubahan Kecil yang Konsisten dan Berketerusan. Penolakan yang mungkin Anda alami merupakan bentuk Efek Psikologi yang tidak perlu dihindari.  Masa Depan Anda tergantung sejauh mana Anda mampu Mengerti Situasi dan Mengembangkan Solusi.

ikhtisar.com

Leave a Reply