Delegasi sebagai Ketrampilan Penting bagi Manajer dan Pengusaha

delegatingPendelegasian adalah salah satu keterampilan penting yang banyak orang butuhkan. Pemilik usaha hingga manajer harus bisa mendelegasikan dengan baik jika mereka tidak berharap akan menemukan diri mereka dibanjiri dengan terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak bisa fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan kemampuan khusus mereka.

Apa manfaat dari mendelegasikan (Delegating)?

Anda memiliki kemampuan tertentu dan kualitas tertentu sebagai Bakat Utama. Ketika Anda mendelegasikan sisanya, Anda akan meningkatkan efektivitas Anda.

Hasil positif dari delegasi meliputi:

Anda akan memiliki lebih banyak Waktu dan Energi untuk hal-hal yang paling penting.
Anda akan memiliki lebih sedikit hal untuk dilakukan, kurangnya kekacauan dan pastinya tekananpun berkurang.
Anda akan didukung oleh orang yang bertanggung jawab dalam bekerja sama.
Anda akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan, pengalaman dan perspektif berbeda.
Orang yang Anda limpahkan dalam delegasi dan menghabiskan waktu mereka akan merasa lebih Percaya Diri dan Meningkatkan Keterampilan mereka.
Anda akan menunjukkan kepada orang lain perihal Profesionalisme dan Efektivitas.
Anda akan mendapatkan tugas yang terselesaikan daripada masuk dalam daftar agenda (To-Do-List) Anda.
Anda akan mencapai hasil lebih banyak dengan waktu lebih sedikit.
Anda akan menciptakan situasi menang-menang (Win-Win Solution).

Kenapa Anda tidak mendelegasikan?

Apa yang membuat anda tidak melakukan delegasi? Mungkin, bisa jadi Anda adalah satu-satunya yang bisa melakukan tugas dengan benar, Anda merasa harus memegang kendali, berusaha untuk mengatasi kebutuhan yang tak terpenuhi, menginginkan Adrenalin menjadi sibuk atau memberi makan Ego Anda.

Apakah Anda pernah berkata, “Tidak ada yang bisa melakukannya sebaik saya bisa.” Sebenarnya, ada banyak orang-orang yang berpengalaman dapat melakukan tugas tertentu, atau bahkan lebih baik daripada Anda. Pernyataan lain yang justru akan lebih efektif: “Saya dapat menemukan seseorang yang dapat melakukannya juga seperti saya.” Ketika Anda berhenti mencoba melakukan semuanya, Anda dapat lebih fokus pada hadiah sejati Anda.

Kadang-kadang kebutuhan Anda untuk memegang kendali menghentikan Anda dari pendelegasian (Delegating). Bila Anda perlu memegang kendali, Anda secara efektif memberikan banyak kekuatan pribadi Anda. Anda dapat mengklaim kembali kekuatan ini ketika Anda melepaskan kebutuhan Anda untuk memegang kendali. Kemudian Anda akan dapat mendelegasikan lebih mudah.

Jika Anda benar-benar ingin membebaskan beberapa ruang dan waktu, melihat daerah di mana Anda mengendalikan dan melihat bagaimana Anda bisa berubah. Anda akan tahu jika Anda mencoba untuk mengontrol orang lain jika Anda mencoba untuk mengambil alih, memiliki agenda pribadi Anda sendiri dan membuat orang lain untuk melakukan apa yang Anda inginkan apakah itu tepat untuk mereka atau tidak. Anda ingin mengontrol kapan Anda percaya bahwa itu harus dilakukan dengan cara Anda dan tidak terbuka untuk saran lain atau kemungkinan. Apa yang diperlukan bagi Anda untuk melepaskan berada di kontrol?

Mendelegasikan juga bisa sulit bagi orang yang memiliki kebutuhan yang tak terpenuhi, seperti kebutuhan untuk menyenangkan semua orang, untuk membuat orang bahagia, untuk disukai oleh semua orang, dan untuk melakukan semuanya. Anda akan dapat mendelegasikan lebih baik bila kebutuhan ini dipenuhi. Ketika Anda menolak mendelegasikan, tanyakan pada diri, “Apakah kebutuhan saya dalam situasi yang menghentikan saya dari pendelegasian?” Jika jawaban Anda adalah kebutuhan untuk menyenangkan semua orang, pertimbangkan dalam cara lain agar Anda dapat memenuhi kebutuhan ini dan membebaskan diri untuk tetap dapat mendelegasikan tugas.

Alasan lain Anda mungkin menghindari pendelegasian adalah bahwa Anda dapat menikmati lebih banyak dari apa yang dilakukan dan selalu mendorong diri sendiri. Anda akhirnya mengandalkan adrenalin untuk terus berjalan. Ini tidak sehat. Menggunakan adrenalin untuk menjalani hidup menyebabkan banyak pasang surut. Anda perlu untuk beralih dari adrenalin ke sumber yang lebih sehat dan energi yang stabil.

Ego Anda juga dapat menghentikan Anda dari pendelegasian. Bila Anda mengharapkan orang lain untuk setuju dengan Anda, ketika Anda berhenti mendengarkan umpan balik, bila Anda mengabaikan orang-orang, dan ketika Anda perlu Waktu, Materi dan Perhatian lebih dari orang lain yang harus terpenuhi, ego Anda pasti akan semakin tinggi. Anda perlu untuk menyisihkan ego dan mulai hidup dari diri sejati Anda. Investasikan Pikiran, Tubuh dan Semangat untuk hidup lebih sehat. Anda akan menerima apa yang Anda inginkan dalam hidup dengan cara yang sehat tanpa bergantung pada orang lain. Akankah Anda membiarkan Ego makin tinggi dalam hidup? Apakah yang diperlukan untuk beralih dari ego menjadi diri sejati Anda?

Bagaimana Pendelegasian secara efektif

Sekarang bahwa Anda telah mengidentifikasi apa yang menghentikan Anda dari mendelegasikan, Anda perlu belajar bagaimana mendelegasikan. Sebelum Anda memutuskan untuk mendelegasikan tugas, pastikan tidak satupun yang dihilangkan atau diotomatisasi sebagai gantinya. Juga, jangan mendelegasikan tugas yangmana Anda benar-benar handal melakukannya. Anda ingin terus menangani tugas-tugas yang menegaskan kecemerlangan Anda.

Delegasi besar adalah tentang mendelegasikan suatu hasil akhir daripada membuang masalah kepada orang lain. Jadi, ketika Anda mendelegasikan tugas kepada orang lain, berikan banyak informasi tentang hasil yang diinginkan. Tawarkan tujuan yang Jelas dan Terukur. Ketika Anda berdiskusi bagaimana tugas dapat selesai, dengarkanlah orang lain. Mereka mungkin memiliki ide berbeda tentang bagaimana hal ini dapat ditangani oleh orang-orang yang terlibat.

Kepada siapa Anda mendelegasikan? Pilih orang yang benar-benar akan Menikmati Tugas dan yang Memiliki Keterampilan atau Kemauan untuk belajar. Pilih orang yang Anda percaya daripada memilih sembarang dan berharap akan bekerja baik-baik saja. Mempercayai mereka untuk melakukan yang terbaik dan tinggalkan mereka dengan perasaan sebagai bagian penting dari proses.

Selalu siap untuk menerima laporan tentang bagaimana tugas didelegasikan dan biarkan orang tahu bahwa Anda siap berada di sana untuk berdiskusi tentang masalah sejak awal, daripada lepas tangan membiarkan yang ada.

Mulai dengan mendelegasikan tugas-tugas kecil dan ketika ini telah dilakukan dengan benar, tingkatkan delegasi tugas berikutnya. Ajarkan orang tentang tugasnya dan bantu mereka menemukan cara terbaik melaksanakannya sendiri. Biarkan diri Anda lebih lama dengan hal ini, sehingga Anda bisa benar-benar bersama mereka, memahami Keprihatinan atau Tantangan, dan membantu mereka semaksimal mungkin. Mendorong mereka untuk berkembang menetapkan tujuan karena tugas. Hal ini akan meningkatkan rasa kepemilikan terhadap proses. Biarkan mereka tahu Anda menaruh kepercayaan pada mereka. Menetapkan batas waktu untuk membangun tanggung jawab dan memungkinkan mereka untuk melihat pentingnya tugas. Berkomunikasi sepenuhnya tentang konsekuensi setiap orang yang terlibat jika tugas tidak dilakukan dengan sukses. Biarkan mereka melihat dan memahami gambaran yang lebih besar. Rayakan dengan mengakui kontribusi setiap orang. Kita semua ingin mendengar bahwa kita telah melakukan semua tugas dengan baik.

Apakah Anda tahu delegasi tidak hanya membuat hidup Anda lebih mudah – itu juga membantu mereka yang Anda delegasikan? Pertimbangkan apa yang Anda berikan kepada orang lain ketika Anda memilih untuk mendelegasikan:

• Tanggung Jawab
• Keinginan Ber-Prestasi
• Kenikmatan dan Kesenangan dalam berbagi proses
• Penghasilan
• Kepercayaan
• Kesempatan untuk Tumbuh, Belajar dan Berkontribusi
• Kesempatan untuk menjadi bagian dari tim
• Kesempatan untuk meningkatkan Keterampilan (Skills) dan Harga Diri (Self Esteem).

Nah, jadi sekarang Anda paham manfaat dari Mendelegasikan (Delegating), Anda telah memblokir apa yang menghentikan Anda dalam mendelegasikan tugas dan Anda tahu bagaimana mendelegasikan secara efektif. Apa langkah selanjutnya?

Dalam Delegasi setiap orang memiliki cara dan prioritas berbeda, maka yang perlu dilakukan adalah:

  • Buatlah Daftar Delegasi Tugas
  • Tetapkan Tujuan Anda
  • Temukan Orang yang tepat

Mendelegasikan (Delegating) adalah Langkah Penting bagi Anda menikmati Waktu secara Bijaksana dan Berkualitas seiring Tujuan Hidup, baik dalam dunia bisnis ekonomi maupun sosial budaya.

ikhtisar.com

Leave a Reply