Cintailah “kembali” Pekerjaan Anda, Langkah Introspeksi yang Bertanggungjawab

jatuh cinta kembali pada pekerjaanMeskipun telah “merasa” mempunyai pekerjaan yang menyenangkan, nyaman dan bahagia dengan keseharian yang dilakukan, namun pasti adakalanya Anda akan merasa bosan dan jenuh.  Anda akan menjalani aktivitas yang monoton dan berulang-ulang, berangkat menuju kantor dan kubikal yang sama, atau bekerja dengan orang-orang tersebut setiap hari.  Adalah kewajaran dalam sebuah pekerjaan, meski pekerjaan tersebut adalah hobi dan bakat alami Anda.

Apakah yang tengah terjadi? Dan bagaimana Anda akan menghadapinya? Kapankah Anda akan menyadari bahwa hal ini bersifat sementara atau pertanda bahwa Anda harus segera meninggalkan pekerjaan tersebut?  Berdasarkan ringkasan dari hbr.org berikut ini adalah langkah-langkah bagi Anda kembali mencintai pekerjaan yang ada.

1.  Take Action

Jangan Anda berpikir bahwa rasa jenuh akan hilang dengan sendirinya dan bersifat sementara.  Tidak pantas kiranya seorang profesional akan larut dengan suasana dan perasaannya, dan tidak melakukan apapun untuk mengubah kondisi yang ada.  Meski sekecil apapun tindakan Anda untuk melakukan perubahan, hal tersebut akan berdampak pada transformasi lebih baik.

2.  Pikirkan Kesenangan dari Pekerjaan Anda

Meski Anda telah bertahun-tahun bekerja dalam bidang yang sama, tentunya akan ada sebuah aktivitas yang menyenangkan dan Anda tidak pernah bosan melakukannya.  Cobalah Anda kembali memikirkan kesenangan dalam pekerjaan, dimana saat-saat Anda bersemangat dan penuh energi.

3.  Pikirkan apakah yang Terbaik Anda bisa

Setiap individu mempunyai kelebihan masing-masing, dan tidak ada satupun orang yang mampu mengerjakan semuanya.  Inilah kesempatan Anda kembali mencintai pekerjaan dengan mencari tahu manakah tempat terbaik Anda dalam bekerja.  Ketrampilan dan pengalaman Anda yang selalu dicari oleh rekan kerja adalah tempat terbaik bagi Anda untuk kembali memulai kecintaan akan pekerjaan.

4.  Redesign Peran Anda

Jangan dulu Anda berasumsi akan meninggalkan pekerjaan saat ini untuk mencari aktualisasi diri.  Masih banyak cara untuk melakukan perubahan yang memberikan kesenangan pada talenta dan hasrat Anda.  Jika sebelumnya Anda berperan sebagai tim pengembangan (development) maka tidak ada salahnya mencoba membantu kolega dalam bidang operasional dan implmentasi lapangan.  Siapa tahu Anda menemukan hal baru yang cukup menarik dan membangkitkan gairah kerja Anda.

5.  Temuilah Orang-orang yang Bersemangat

Pastinya orang jika bergaul dengan pribadi-pribadi yang bersemangat akan merasakan hal yang sama.  Efek lingkungan sangat besar dalam pekerjaan Anda.  Dan dengan lingkungan yang penuh antusiasme dan gairah tinggi, mau tidak mau, Anda akan terbawa arus semangat tersebut dan ini berguna bagi Anda kembali on the track dalam pekerjaan.

6.  Rayakan Keberhasilan Anda

Merayakan keberhasilan akan mengingatkan Anda apa yang sudah dilakukan dan akan banyak hal lainnya yang akan Anda kejar.

7.  Ketahuilah Anda harus Move On

Jika memang Anda belum berhasil kembali pada pekerjaan saat ini, maka perlu kiranya berpikir lebih jauh, apakah memang sudah saatnya Anda berpindah pekerjaan dan berganti perusahaan.  Semakin lama Anda mengetahui dan mengambil keputusan untuk move on, akan semakin sulit Anda bergerak dan membangun karir lebih baik.

Leave a Reply