Cara Tetap Fit di Kantor

Seharian didepan komputer atau duduk dibelakang meja tentunya cukup menguras energi, meski Anda tidak terlalu merasakannya, karena pekerjaan yang menumpuk atau semangat kerja yang tengah bergelora.  Tak terasa pukul 12 siang menghampiri dan akhirnya pukul 5 sore pun terlewati.  Anda mungkin membungkuk di depan komputer sepanjang hari dan jadwal Anda dikemas hanya sedikit menyisakan waktu untuk peregangan. Memiliki meja kerja seharusnya tidak menjadi alasan vitalitas. Selalu ada cara dengan beberapa ragam latihan agar tubuh tetap bugar dan fit bahkan saat di kantor.

1. Hindari Lift. Dengan mengambil tangga, Anda dapat dengan mudah menggerakkan otot-otot, belum lagi membakar sejumlah kalori. Ini adalah cara yang murah dan mudah untuk tetap fit.  Anda mungkin pernah memperhatikan seseorang yang selalu memilih tangga untuk mencapai kantornya di lantai 10, demi menjaga dan menurunkan berat badan.

2. Rutin Bergerak. Mengapa tidak mengambil air minum dari dispenser terjauh atau menggunakan mesin fotokopi di sisi lain dari kantor daripada meminta bantuan Office Boy? Berbicaralah dengan rekan kerja di ruang lain daripada menggunakan telepon? Gerakan kaki Anda untuk berjalan cukup untuk mempertahankan tubuh fit dan bugar dalam bekerja.

3. Berdiri dan Jongkok. Antrian panjang di mesin fotokopi? Sambil menunggu, lakukan beberapa latihan sederhana ini. Lakukan beberapa kali gerakan wall press-up dengan mengangkat lengan Anda dan mendorong dinding. Anda juga dapat melakukan squat (berjongkok dan berdiri) dengan bersandar ke dinding kemudian bergerak ke bawah sampai bagian belakang paha menyentuh kaki.  Lakukan dalam beberapa kali gerakan cukup membantu peregangan otot pinggul, paha dan kaki.

4. Duduk dan Peregangan. Tidak bisa meninggalkan meja Anda? Namun jangan khawatir, Anda dapat melakukan latihan-latihan peregangan untuk melepaskan perasaan kaku:

o Perlahan-lahan putar kepala Anda, bergantian searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam, selama 10 detik.

o Regangkan otot-otot lengan Anda dengan mengangkat lengan kanan dan menyentuh tulang belikat kiri. Tahan posisi selama lima detik. Kemudian, angkat lengan kiri dan bahu kanan menyentuh belikat. Tahan posisi selama lima detik.

o Regangkan dada Anda dengan menggenggam tangan Anda di belakang punggung Anda dan menarik mereka menjauh dari tubuh Anda. Tahan posisi selama lima detik.

5. Angkat Beban. Bukan berarti Anda menyediakan barbel di kantor, namun cukup meraih dua rim kertas A4 dan menggunakan ini seperti yang Anda lakukan terhadap sepasang dumbbell.

6. Angkat Kaki. Sambil berbicara di telepon angkatlah kaki Anda dan tahan beberapa detik lalu turunkan.  Lakukan selama mungkin pada saat Anda tengah ber telepon ria.

7. Makan Siang Keluar. Pergilah keluar meninggalkan ruangan kerja untuk berjalan-jalan saat istirahat makan siang.  Anda tidak perlu memaksakan diri Istirahat Makan Siang di Meja Kerja.  Selain mengganggu konsentrasi tentu memungkinkan meja kerja kotor dengan perangkat makan Anda.  Jika tidak memungkinkan meninggalkan kantor, cobalah makan siang di pantry atau dapur.

Sebuah tubuh dalam kondisi prima memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan Anda lebih baik atau lebih produktif. Sirkulasi oksigen lebih lancar pada saat gerakan fisik Anda dinamis. Dengan sebagian tips ini, berapapun tumpukan pekerjaan dan waktu yang tersita Anda tetap sehat secara fisik.

ikhtisar.com

Leave a Reply