Cara Strategis menggunakan LinkedIn bagi Karir Profesional Anda

Cara Strategis menggunakan LinkedIn bagi Karir Profesional Anda
Cara Strategis menggunakan LinkedIn bagi Karir Profesional Anda

Sebagai pelaku bisnis ataupun profesional karir, tentunya bukan hal asing Media Sosial yang bernama LinkedIn.  Media ini masuk dalam salah satu MedSos paling dicari dalam urusan bisnis ataupun profesi.  Lebih dari 300 juta pengguna diseluruh dunia, menjadikan LinkedIn sebagai salah satu media paling banyak memberikan Peluang Bisnis.  Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwasanya hanya 25% saja yang rutin LogIn setiap bulan bahkan lebih sedikit lagi yang mempunyai Profil Lengkap.  LinkedIn terbukti menjadi salah satu cara ampuh meningkatkan Nilai Jual Diri Anda ataupun Bisnis Perusahaan Anda.  Berikut ini dikutip dari inc.com tulisan dari Marla Tabaka, adalah Cara Strategis bagi Anda menggunakan LinkedIn bagi pengembangan Karir Profesional.

1.  Buatlah Kontak yang Berkualitas dan Jaga agar tetap Terorganisir

Beberapa orang mencoba mengumpulkan koneksi sebanyak mungkin sebagai salah satu bentuk dari “Lencana Kehormatan” atau sesuatu.  Namun demikian bukan tentang kuantitas, melainkan kualitas hubungan yang Anda Jalin.

Sebelum berhubungan dengan orang-orang di LinkedIn, buatlah strategi Anda, putuskan dengan siapa Anda ingin terhubung dan mengapa.  Jangan terlalu fokus pada bisnis baru sehingga Anda lupa tentang tiga hal penting yang menjadikan Anda berada pada posisi saat ini: Pelanggan saat ini, Pelanggan masa lalu, dan Rekanan atau Vendor. Atau sebagai Profesinal, Anda jangan lupa dengan Perusahaan saat ini, Perusahaan sebelumnya dan Kolega Anda.

Carilah orang-orang yang sesuai dengan kompetensi Anda, pilihlah kelompok-kelompok yang bermanfaat bagi pengembangan karir Anda.  Koneksi yang tepat akan memberikan manfaat dan memberikan arahan Strategis dalam Penentuan Bisnis dan Karir Profesional Anda selanjutnya.

2.  Pilih Kelompok Belajar dan Bisnis Baru

Kebanyakan orang cenderung tertarik kepada kelompok teman sebaya mereka, daripada kelompok yang mencakup pelanggan potensial.  Hal yang lumrah akrena Anda nyaman berbicara dengan orang-orang Anda, tetapi mereka umumnya tidak akan pernah membeli dari Anda.  Anda mungkin mendapatkan satu atau dua rujukan tetapi jarang.  Dalam dunia kerja jika Anda memastikan berhubungan dengan teman sekantor, maka manfaatnya tidak lebih baik dibandingkan dengan profesional perusahaan lainnya.

Mulailah berinteraksi dengan cara mengomentari posting orang lain, terutama jika koneksi ideal Anda melakukan posting dan berinteraksi.  Cobalah untuk menghindari sikap kontroversial.  Setelah Anda telah menetapkan diri sebagai peserta aktif dalam kelompok, pemilik dan moderator akan lebih terbuka untuk konten asli postingan Anda selama itu menguntungkan anggotanya.  Jalan mulai terbuka dengan adanya interaksi positif dalam kelompok

3.  Carilah dan Buat Konten Berkualitas

Konten adalah raja dan ratu.  Banyak orang telah dilatih untuk berhubungan dan menjual.  Banyak permintaan koneksi dalam LinkedIn berujung pada pesan penjualan.  Janganlah Anda membuat kesalahan seperti ini.  Orang-orang yang ada di LinkedIn dengan alasan yang tepat paham bahwa dibutuhkan waktu dan perencanaan untuk menumbuhkan pelanggan potensial.  Itulah yang sesungguhnya Anda inginkan.  Demikian pula dalam karir profesional, Anda menjual diri dengan tanpa menjual.  Buatlah Konten dengan bahasa sendiri dan lakukan sebaik mungkin sebagai bukti Kualitas Profesional Anda.

Membuat Konten Anda sendiri akan menampilkan pengetahuan dan pengalaman Anda, dan tambahkan link ke website Anda, atau blog.  Tidak ada yang lebih kuat daripada mengajak orang kembali pada konten Anda dan menjadi branding bagi website Anda sendiri.

Cara Strategis menggunakan LinkedIn bagi Karir Profesional dan Bisnis Anda adalah sebuah perumusan Hubungan dan Penjualan dengan membutuhkan waktu.  Berinvestasilah pada orang yang tepat dan orang yang tepat akan berinvestasi pada Anda.

Leave a Reply