Cara Sederhana Membangun Jaringan Lebih Baik

Dalam sebuah Organisasi Anda perlu mengembangkan Diri dan menumbuhkan Network, dimana pengaruh Lingkungan sangat Signifikan terhadap Performa Anda secara Keseluruhan.  Jaringan yang tepat akan memberikan Hasil yang berbeda dalam Kinerja Anda.  Bagaimana Anda dapat mengembangkan dan memperluas Jaringan yang baik dan Potensi Perusahaan Anda.  Berikut beberapa Tip Sederhana yang perlu Anda pelajari.

1.  Perluas Zona Nyaman Anda.

Dalam Pekerjaan Anda bertemu banyak orang, dari Departemen lain dan coba bangun Komunikasi tentang Pekerjaan serta Tanggung Jawab mereka.  Anda tengah memperluas Jaringan Anda dalam Perusahaan.  Selain itu perkenalkan diri Anda pada orang-orang lain diacara-acara Industri, Lokakarya, Seminar atau Workshop.  Bahkan dalam sebuah momen Makan Siang pun Anda dapat membangun Jaringan Baru.

2.  Setiap Relasi adalah Penting

Pelanggan, Karyawan, Rekanan yang mungkin mencoba menjual kepada Anda adalah orang yang Penting.  Anda tidak pernah tahu manakah Pengambil Keputusan Kunci dalam sebuah Perusahaan.  Anda harus menempatkan Relasi Anda dalam Tempat Terbaik dari sebuah Hubungan.

better of you3.  Kembangkan “Kulit Tebal”.

Jangan jadikan Penolakan yang Anda terima secara personal sebagai sandungan.  Tidak semua orang akan merespon Anda sebagaimana Anda inginkan.  Jadikan penolakan sebagai Bagian dari Pengembangan Kemampuan Anda lebih Responsif dengan mereka.  Jadilah Kulit Tebal pada orang yang menganggap sepele kepada Anda.

4.  Persisten atau Gigih.

Anda tidak cukup gigih ketika Kontak Pertama tidak ditindak lanjuti.  Jangan pernah berasumsi bahwa sekali Anda menyampaikan Pesan maka akan tersampaikan secara menyeluruh kepada rekan atau pelanggan Anda.  Lakukan Tindak Lanjut (Follow Up) dari setiap Komunikasi yang Anda lakukan pertama kali.

Jaringan atau istilah umumnya Network merupakan salah satu hal yang sering menjadi Fundamental Keberhasilan Anda dalam sebuah Tim Organisasi atau Pribadi.  Pengembangan Diri pun memerlukan Network atau Jaringan Luas pula, karena Komunikasi adalah Hubungan Dua Arah.  Semakin Luas Jaringan Anda maka semakin mudah Anda membangun Kompetensi dan Prestasi.

ikhtisar.com

One thought on “Cara Sederhana Membangun Jaringan Lebih Baik

Leave a Reply