Cara Mudah bagi Produk Anda dalam Menghindari Perang Harga

perang hargaKetika Anda dengan menggebu-gebu menggerakan seluruh anggota Tim Pemasaran untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitor dengan semangat berapi-api, maka Anda menurunkan Harga tanpa melalui Analisa lebih Detail dan Mendalam terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer).  Tindakan agresif ini dapat berdampak dengan aksi bunuh diri yang pada akhirnya akan menggerus tujuan akhir yakni Profit dalam Organisasi.

Perang harga bukan lagi hal yang aneh, perang harga adalah kompetisi yang paling sering ditemui dan menjadi jalan pintas yang hampir selalu dilakukan pemain pasar.  Banyak Anda temui istilah Midnight Sale, Discount up to…, Buy 1 get 1 Free dan lain sebagainya.  Hal yang lumrah dan akan selalu terjadi, terlebih dengan kondisi barang melimpah dipasaran.

Bagaimana Anda memenangi pertempuran tanpa harus menurunkan harga yang berlebih dari sebuah Produk dan Jasa yang sama yang juga ditawarkan pesaing Anda.  Ketahuilah bahwa jika ada dua produk yang sejenis beredar, maka dipastikan pelanggan akan memilih yang paling murah.  Sedangkan jika ada produk ketiga yang juga beredar dengan harga lebih tinggi maka pelanggan akan cenderung memilih harga tengah-tengah.  Anda dapat temui bahwa jumlah Peminat Avanza seri “G” lebih banyak daripada Seri “E” atau “S”.  Inilah yang disebut dengan Psikologi Pasar.

Berikut beberapa cara dalam mengantisipasi perang harga yang tidak sehat dalam menjaga Cash Flow organisasi Anda.

  • Buatlah Rentang Harga dalam paket.  Sebagaimana cara Toyota memasarkan Avanza nya agar persaingan dengan Daihatsu dapat terjaga, maka dibuatlah beberapa Produk dengan Rentang Harga dan Paket yang berbeda seperti Avanza E, G dan S.  Begitu pula ketika penyedia Kartu Kredit menjual maka akan disediakan beberapa pilihan Paket Produk yang ada seperti Silver Card, Gold Card atau Platinum Card.  Masing-masing akan dijual dengan Kemasan dan Promosi yang berbeda.  Inilah yang perlu Anda kembangkan dalam Pemasaran Produk agar makin bersaing dan tidak hanya melakukan Price War.
  • Kenali Pelanggan Anda.  Inilah yang sering terjadi bahwa begitu banyak pelanggan Anda tidak mengetahui dan melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap sebuah Produk dan Jasa yang akan mereka beli.  Kesempatan Anda membuka wawasan dan pengetahuan pelanggan dengan memberikan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka akan dapatkan dari produk Anda.  Dengan mengenali dan memahami pelanggan Anda dapat dipastikan dalam banyak kasus, harga tidak lagi masalah bagi mereka dan Anda memiliki senjata rahasia dalam merekrut pelanggan.

Banyak cara lain dalam mempertahankan posisi pasar Anda tanpa harus mengorbankan harga yang notabene sebagai Revenue bagi Organisasi.  Selain dengan menjual beberapa Jenis Produk dan Pelayanan, Modifikasi Harga dan Paket Produk, dan Customer Gathering, Anda dapat pula mencoba system Cross Selling antara dua jenis produk yang berbeda.  Cross Selling ini akan memperkuat Brand Image masing-masing karena terjadinya Kolaborasi.

One thought on “Cara Mudah bagi Produk Anda dalam Menghindari Perang Harga

  1. Rochman Drelondre May 15, 2014 at 12:45 AM

    Yups, saya sangat setuju sekali. Sebagai pengusaha, jangan sekali-kali kita terjebak dalam perang harga dan salah dalam menganalisa pergerakan kompetitor dalam hal perang harga. Daripada menurunkan harga yang bisa mempengaruhi profit dan kredibilitas perusahaan. Alangkah baiknya kita memberikan nilai lebih terhadap produk dan jasa yang kita jual. Misal menambahkan bonus item tertentu dengan tidak menurunkan harga jual.
    Salam Sukses, Rocman – http://www.drelondre.com

Leave a Reply