Cara Menjadikan Diri Anda Orang yang Lebih Fokus

fokus dalam bekerjaDalam menggapai cita-cita tentu salah satunya Anda dituntut untuk Fokus.  Fokus pada Tujuan, fokus pada Perencanaan dan Fokus pada Pelaksanaan.  Sekali Anda fokus maka selanjutnya adalah Komitmen dan Konsisten dengan apa yang Anda fokuskan.  Tidak mudah menjadikan diri fokus tanpa gangguan.  Selalu saja ada gangguan yang datang silih berganti, semisal Anda ingiin fokus pada keluarga maka datanglah urusan pekerjaan melalui telepon, dan demikian pula sebaliknya.

Beberapa orang tahu cara menghindari atau mengatasi gangguan tersebut dan menjadikan diri mereka lebih fokus.  Anda pun dapat belajar dari mereka mengatasi gangguan dan lebih mendalam pada pekerjaan atau orang yang dihadapi.

1.  Hilangkan Kebisingan

Orang fokus selalu memulai dengan mengatur sekitarnya, baik fisik dan mental.  Singkirkan segala sesuatu yang tidak berhubungan dan tidak bermanfaat dengan tujuan Anda.  Jika perlu telepon dapat Anda matikan sesaat sebelum mulai bekerja.

2.  Buatlah Rencana

Bekerja tanpa rencana adalah sia-sia, karena banyak hal yang menjadi inefektif dan inefisien.  Orang fokus selalu mempunyai daftar kerja meski hanya jangka pendek.  Mereka mempunyai gambaran besar apa yang dilakukan dan ide-ide cara untuk meraihnya.  Dengan adanya rencana yang jelas, ketika Anda perlu melakukan ulang sesuatu, maka dapat dengan mudah diulangi.

3.  Perjelas Kompensasi

Orang yang tidak fokus biasanya karena tidak ada motivasi.  Sedangkan orang fokus sangat paham mengapa mereka melakukan sesuatu, dan terlibat dalam setiap aktivitasnya.  Pastikan bahwa Anda akan mendapatkan sesuatu dari yang dikerjakan, sehingga menjadikannya sebagai suatu hal yang menarik dilakukan.

4.  Jadwalkan Rutinitas

Menjadi orang yang tidak tertib akan sangat mengganggu, penuh tekanan dan inefisien.  Orang fokus tidak ingin terpengaruh pada cara mereka mencapai tujuan.  Buatlah daftar kerja Anda sehingga proses kontrol dan monitoring lebih terjaga.

5.  Bekerja dengan Metodologi

Bekerjalah dengan tertib dan sesuai perencanaan.  Banyaknya pekerjaan akan menggoda Anda menyelesaikannya sekaligus.  Akan tetapi cobalah untuk lebih mementingkan prioritas yang sesuai dengan kapasitas Anda sesungguhnya.  Multitasiking hanya akan mengurangi kualitas kerja dan produktivitas Anda.  Jadwalkan rencana kerja Anda, maka dengan begitu pikiran akan lebih kuat dan fokus.

6.  Jalani Hari ini

Sejarah adalah pelajaran, Masa Depan adalah harapan, namun Anda hidup pada hari ini, maka seluruhnya bergantung pada hari ini.  Apakah Anda akan mengenang sejarah dan mengangankan masa depan tanpa melakukan sesuatu.  Penting memang jika Anda respek tehadap pengalaman masa lalu, dan perlu pula Anda menjadikan visi masa depan yang jelas, akan tetapi Anda perlu sangat peduli dan waspada dengan kondisi dan keadaan sekitar saat ini.

7.  Jangan Membandingkan

Setiap individu mempunyai kelebihan dan kekurangan, tanpa harus Anda bandingkan.  Membandingkan diri Anda dengan orang lain adalah salah satu gangguan yang paling sering muncul.  Kenyataannya Anda dan orang lain adalah pribadi yang berbeda, dan tidak dapat dibandingkan satu dengan lainnya.  Orang fokus tidak mengurusi performa orang lain, dan tidak pernah khawatir dengan pencapaian orang lain.  Mereka akan fokus pada tujuan, rencana dan aksi yang akan dijalani.

8.  Biasakan menerima Kegagalan

Sungguh menyenangkan ketika Anda membuat rencana kerja dan tujuan akhir, kemudian Anda beranggapan bahwa semuanya akan terpenuhi dan tercapai sesuai yang diharapkan.  Kekecewaan yang Anda dapati pada saat sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, justru akan menguras energi Anda.  Orang fokus tidak meratapi kegagalan, namun mereka menjadikannya sebagai pembelajaran untuk melakukan perubahan dan penyesuaian serta kembali pada jalur suksesnya.

One thought on “Cara Menjadikan Diri Anda Orang yang Lebih Fokus

  1. Top Training Indonesia October 27, 2017 at 11:32 AM

    Menarik sekali artikelnya

Leave a Reply