Manajemen Perubahan, mencari tahu jenis Ketrampilan yang perlu Anda Tingkatkan

manajemen perubahan sebagai dasar peningkatan ketrampilanManajemen Perubahan atau Change Management adalah sebuah ketrampilan yang sangat diperlukan dengan semakin gencarnya perubahan dunia bisnis. Perubahan dan perbedaan antar generasi serta adanya pertumbuhan ekonomi berdampak pada makin cepatnya pergerakan pasar. Hampir semua organisasi tidak dapat menghindari adanya perubahan, meski sekecil apapun. Perubahan dalam penanganan keluhan konsumen, atau bahkan perubahan dalam Manajemen Strategi, Visi Misi Perusahaan dan Kebijakan.

Ketika Anda sudah terbiasa mengelola perubahan dengan efektif maka tanpa terasa Anda telah memindahkan perusahaan pada level yang lebih tinggi. Akan banyak orang yang cepat beradaptasi terhadap perubahan, dan menjadikan organisasi minim kegagalan (disruption) dari bermacam proyek.

Anda dapat menilai kemampuan akan manajemen perubahan dengan beberapa langkah praktis berikut ini. Dengan menggunakannya, Anda dapat belajar sendiri keterampilan mana yang Anda kuat, dan mana yang perlu pengembangan keterampilan baru. Dengan mencermati jenis kemampuan dan ketrampilan dalam Manajemen Perubahan yang perlu Anda perbaiki, akan memudahkan Anda mencari sumber daya yang diperlukan untuk itu.

Hal-hal yang menjadi dasar dari sebuah Ketrampilan Manajemen Perubahan (Change Management) adalah sebagai berikut

1.  Pemahaman Arti dan Definisi Perubahan

Sebelum Anda melakukan perubahan, maka pahami lebih dahulu penerimaan dan sikap dari orang-orang yang terlibat. Dengan demikian Anda akan lebih proaktif mempersiapkan diri melakukan perubahan. Akan terjadi perubahan perilaku seperti kaget bahkan sampai penolakan, atau penerimaan dan komitmen. Pemahaman akan kondisi lingkungan memudahkan Anda mengimplementasi perubahan yang diharapkan.

Banyak orang membutuhkan waktu untuk beradaptasi denganpenyesuaian dan menerima perubahan, sedemikian performa individu menjadi dasar dalam pembelajaran bagaimana menggunakan sistem dan proses baru.

2.  Perencanaan Perubahan

Jika Anda gagal membuat rencana, maka Anda berencana untuk gagal. Inilah konsep dasar dari sebuah manajemen perubahan. Anda harus mampu membuat rencana sebelum melakukan perubahan. Perencanaan dalam perubahan menjadi sangat krusial dalam manajemen perubahan, sehingga persiapan yang matang adalah kunci bagi perencanaan perubahan Anda. Pelajari konsekuensi positif dan negatif terhadap sebuah perubahan, sehingga perencanaan Anda akan mempunyai alternatif lain jika terjadi kegagalan.

Beberapa macam alat bantu yang bisa digunakan dalam perencanaan perubahan diantaranya adalah McKinsey 7S Framework, dan selanjutnya Anda tuangkan dalam Project Management sehingga proses implementasi akan lebih terarah.

3.  Pengelolaan Resistensi terhadap Perubahan

Banyak orang sangat tidak nyaman dengan perubahan, dan ini adalah hukum dasar manusia. Perubahan membawa banyak konsekuensi dan komitmen. Seorang lajang yang memutuskan menikah berarti sudah mempersiapkan diri melakukan perubahan. Anak Anda yang lulus sekolah menengah dan masuk dalam perguruan tinggi pun harus menunjukkan kesiapan dalam perubahan.

Perubahan organisasi pun demikian, Anda sebagai pemimpin perlu melakukan komunikasi yang efektif sehingga mengurangi adanya resistensi terhadap perubahan. Jelaskan mengapa perubahan harus dilakukan, dan berbagilah akan visi misi baru Anda dengan setiap orang. Orang yang termotivasi dengan perubahan adalah orang yang sangat tidak puas terhadap situasi yang ada. Anda perlu mencari orang yang siap melakukan dan menghadapi perubahan, sehingga benefitnya akan signifikan bagi organisasi Anda.

4.  Implementasi Perubahan

Tahap akhir dalam manajemen perubahan adalah implementasi, dan komunikasi menjadi sangat krusial dalam tahap ini. Anda perlu mengkomunikasikan rencana dan kesuksesan kepada orang-orang sehingga mereka tidak akan kembali pada cara lama. Anda perlu yakinkan kepada orang-orang bahwa mereka mampu menerima dan melakukan apa yang diminta.

3 hal yang paling krusial dan perlu Anda lakukan berdasarkan Teori 8 Langkah Kotter yakni :

  • Ciptakan Kemenangan Jangka Pendek
  • Bangunlah Perubahan
  • Jangkar Perubahan dalam Budaya Perusahaan

Pengelolaan perubahan adalah sebuah tantangan dan tugas penting dalam organisasi. Jika Anda ahli dalam berbagai proses dan system, maka Anda dapat merancang perubahan yang dapat diterima banyak orang dan mereka bekerja keras melakukannya. Manajemen Perubahan tidak akan berakhir ketika perubahan tersebut sudah diimplementasikan. Anda perlu terus berkomunikasi dengan orang-orang mengenai ketrampilan dan pengetahuan yang diperlukan sehingga performa selalu meningkat setiap waktu.

Leave a Reply