7 Cara Gampang Menghilangkan Stres Saat Bekerja

Cara Gampang Menghilangkan Stres Saat Bekerja
Cara Gampang Menghilangkan Stres Saat Bekerja

Orang bekerja tentu untuk mendapatkan PENGHASILAN agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Kalau pekerjaan Anda hanya menambah stres, apakah mungkin GAJI Anda akan utuh?  Jangan-jangan justru habis untuk “mengobati” stres kerja Anda.  Lalu bagaimana cara menghilangkan stres saat kerja? Terlebih tumpukan pekerjaan selalu datang tiada henti.  Berikut ini ulasan 7 cara gampang menghilangkan stres saat bekerja.  Meski tengah sibuk, namun stres akan terkelola baik dan Anda tetap PRODUKTIF.

Bekerja sangat penting, hingga ada orang yang harus melakukannya 6 hari seminggu bahkan sampai 7 hari penuh.  Seringkali melakukannya aktivitas yang sama tiap hari bisa membuat Anda JENUH. Tak jarang kejenuhan ini membuahkan tekanan mental yang tinggi. Tekanan kerja yang berlimpah bisa berpengaruh pada PERFORMA dan KINERJA Anda.

Tekanan tersebut dapat mengakibatkan stress pada diri kita. Stres merupakan hal yang tidak baik yang akan berimbas kemana-mana. Anda bahkan (maaf) bisa GILA dengan gejala awal stres. Stres juga akan mempersulit Anda menggapai IMPIAN dan CITA-CITA hidup.  Tak jarang stres terjadi di tempat kerja, dan tentu Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Nah, oleh karena itu, atasi stres Anda sekarang juga. 

1.  Selalu PERCAYA DIRI

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi juga diperlukan supaya Anda tidak stres. Rasa percaya diri akan menimbulkan AURA positif. Sehingga Anda akan terhindar dari stres. Tak hanya itu, percaya diri tersebut juga akan membuat Anda mendapatkan peluang sukses. Percaya diri selalu berawal dari dalam diri Anda, dan menjadi pendorong semangat untuk tetap AKTIF dan POSITIF.

Level percaya diri memang berbeda tiap orang.  Anda dengan SKILL dan KNOWLEDGE yang dimiliki harusnya mampu membangun kepercayaan diri.  Anda harus YAKIN dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.  Sehingga saat bekerja, Anda tidak merasa rendah diri dengan kolega atau rekanan.  Percaya Diri adalah cara pertama menghilangkan stres saat bekerja, dan ini bisa Anda latih setiap waktu.

2.  Rajin BERSYUKUR

Perlu diketahui bahwa orang sukses selalu terlihat TENANG karena rajin bersyukur. Mereka yang sukses menyadari bahwa itu semua hanya TITIPAN. Anda dapat menghindari stres dengan sering-sering berpikiran tenang, bersyukur dengan apa yang sudah diraih.

Impian dan harapan adalah cara untuk membangun semangat kerja dan hasrat sukses.  Namun manakala Anda belum mencapai salah satu tujuan, sebaiknya cari tahu kesuksesan yang sudah tercapai.  Rasa syukur dengan pencapaian Anda mampu menghilangkan stres saat bekerja, dan membuat Anda tetap on track dengan pekerjaan.

3.  SABAR

Tidak istilah sabar ada batasnya.  Selama Anda belum mampu bersabar dengan situasi dan kondisi, berarti Anda belum punya kesabaran.  SABAR itu tiada batasnya, dan orang sukses adalah orang-orang dengan tingkat kesabaran yang tinggi.  Sky is the Limit, kata mereka.

Untuk menggapai kesuksesan tentu bukan hal yang MUDAH. Anda harus melalui berbagai RINTANGAN dan UJIAN. Oleh karena itulah dibutuhkan kesabaran yang lebih. Sabar juga dilakukan supaya Anda tetap tenang dan tidak tergesa-gesa dalam bertindak. Sabar akan memberikan waktu Anda lebih ber-MANFAAT dan EFEKTIF.

 4.  Tidak FULL

Alangkah baiknya tetap mengatur waktu untuk diri sendiri beristirahat. Ingin sukses bukan berarti harus bekerja nonstop. Hal itu hanya akan mendorong Anda menderita SAKIT. Sesekali luangkan waktu untuk Anda beristirahat. Sehingga pada saat bekerja pun Anda akan lebih fresh dan fit.  Tidak ada jaminan Kerja tanpa istirahat memberi hasil lebih baik dibandingkan mengatur ritme kerja yang stabil.

Luangkan waktu Anda untuk rehat sejenak dari ketegangan kerja.  Semakin Anda menge-PUSH diri dengan pekerjaan dan tidak mengenal waktu, justru akan semakin tinggi tekanannya.  Melepas penat bekerja sesaat, atau mengatur irama kerja sesuai waktunya, jauh lebih EFEKTIF menghilangkan stres saat bekerja.  Gunakan waktu Anda sesuai porsinya, Kerja ya Kerja, Istirahat yang Istirahat, sesederhana itu.

 5.  Kerja ULET

Sebenarnya bekerja dengan keras dan ulet tidak selalu membuahkan stres. Buktinya mereka yang sukses juga pernah melaluinya dan mereka baik-baik saja. Hanya yang terpenting adalah FOKUS untuk berusaha. Dengan fokus maka pikiran menjadi tertata dan bisa memudahkan Anda dalam berpikir sekaligus bekerja.

Ulet berarti Anda KONSISTEN dengan rencana kerja yang sudah dibuat.  Dan Anda melakukannya satu per satu, setahap demi setahap, hingga langkah terakhir.  Dengan Ulet, pekerjaan akan selesai, dan Anda berhasil menghilangkan stres saat bekerja

 6.  Selalu Siap SIAGA

Sebelum bekerja sebaiknya Anda selalu menyiapkan keperluan dengan baik. Lakukan persiapan malam sebelum bekerja.  Sehingga pagi atau sebelum berangkat bekerja Anda tidak terburu-buru. Sering dalam keadaan BURU-BURU bisa membuat Anda stres. Oleh karena itu, lakukan persiapan dengan matang.

Bangun lebih pagi, lakukan rutinitas pagi, dan luangkan waktu sesaat, akan memberikan ENERGI bagi Anda untuk siap bekerja. Siap siaga dalam bekerja dimulai dengan persiapan malam hari.  Dokumen yang diperlukan sudah ada di dalam tas sebelum pergi.

 7.  Lakukan EVALUASI

Stres juga bisa dihindari dengan tetap menjadi pribadi yang tenang dan mawas diri. Sehingga sesekali waktu sebaiknya Anda melakukan EVALUASI terhadap diri sendiri. Lakukan evaluasi dengan MERENUNG sehingga Anda mengetahui KESALAHAN dan KEKURANGAN Anda. Banyaklah membaca sehingga Anda tahu cara mengatasi kekurangan.

Evaluasi adalah latihan menjadi pribadi yang lebih baik.  Semakin sering mengevaluasi diri, akan semakin handal Anda memetakan KEKUATAN dan KELEMAHAN diri Anda.

Tekanan dalam bekerja adalah lumrah, dan pasti datang.  Kemampuan Anda dalam pengendalian diri akan banyak membantu cara kerja dan hasil kerja.  Itulah berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres. Anda juga bisa menguranginya dengan melakukan hobi seperti mendengarkan musik atau yang lainnya.

Leave a Reply