Cara mendapatkan Promosi Jabatan dengan Benar

mendapatkan promosi jabatan dengan benar
mendapatkan promosi jabatan dengan benar

Apakah Anda sekarang berpikir sudah saatnya mendapat kenaikan jabatan atau pangkat dalam perusahaan? Atau Anda sudah berpikir bagaimana cara mendapatkan promosi jabatan dengan benar.  Pikiran ini bisa jadi karena Anda merasa, ada orang yang naik jabatan hanya karena kedekatan dengan bos.  Tidak salah memang, sebab faktor DEKAT adalah salah satu cara Anda mendapatkan promosi jabatan.

Perusahaan terkadang TERBUKA dengan kesempatan promosi, namun terkadang juga TERBATAS.  Nah ketika Anda melihat ada peluang NAIK jabatan, dan itu terbuka bagi siapa saja, apa yang Anda lakukan?  Cukupkah dengan Mengembangkan SAYAP dan mempertajam KUKU untuk berKOMPETISI? 

Godaan mungkin membuat banyak orang berlaku apa saja, demi tujuan tercapai.  LIP SERVICE, MAKE UP dan aksesoris lainnya langsung bermunculan, sesaat HR mengumumkan adanya kebutuhan posisi tertentu.  Yang penting “TAMPAK” bagus dan “LAYAK” diajukan sebagai kandidat promosi.  Kreativitas bertebaran demi membuat manajemen memberikan NILAI Plus, yang sebenarnya bukan bidang mereka.

Misalkan Anda seorang marketing analis, dan ada kesempatan promosi di bidang sales and marketing.  Kemudian demi meraih posisi tersebut, Anda turut “tampil” dengan sering berdiskusi atau berkoordinasi dengan orang-orang sales and marketing.  Padahal ini bukan bidang Anda, namun karena merasa sudah saatnya mendapatkan promosi jabatan, Anda berlaku bak seorang tenaga ahli penjualan dan pemasaran.  Banyak orang disana yang Anda “telikung” dengan cara tidak etis dan tidak pantas.

Apakah itu buruk bagi karir Anda?  Sebenarnya, ya, memang akan berdampak buruk bagi karir Anda kedepannya.  Pastikan Anda berada pada bidang yang diKUASAI dan tidak memaksakan diri karena PROMOSI.

## Mendapatkan Promosi Jabatan dengan Cara yang Benar

Promosi pada akhirnya berbicara cara Anda memperlakukan ORANG lain dengan BAIK dan BENAR.  Yang paling penting dari sebuah jabatan yakni bagaimana Anda bisa diterima oleh anggota dan mereka bersedia bekerjasama.  Tanpa adanya PENERIMAAN dan KERJASAMA, sulit rasanya Anda sukses dengan promosi jabatan tersebut.

Berikut cara mendapatkan promosi jabatan dengan cara yang benar, sebagai perhatian Anda saat ingin menaiki tangganya.  Tindakan ini selayaknya sudah Anda lakukan sebelum promosi itu datang.

(1) Lakukan Pekerjaan Terbaik yang Anda Bisa

Pahami bahwa itu pekerjaan terbaik Anda adalah syarat minimum yang dibutuhkan.  Anda seharusnya tidak berharap mendapatkan promosi hanya karena sangat bagus dengan apa yang sudah dilakukan. Jangan menghemat pekerjaan Anda sekarang kalau ingin mengejar kemajuan.  Maksudnya Anda tidak cukup hanya kerja dari pk. 09.00 sampai dengan Pk. 17.00.  Itu hal yang biasa bagi semua orang.

Jadilah yang terbaik dalam bidang Anda, dan berikan LEBIH dari yang seharusnya.  Saat target 100% maka Anda bisa memberi 110%, atau saat deadline 5 hari bisa Anda laporkan hanya dalam 3 hari.  Itu lah yang dimaksud dengan pekerjaan TERBAIK. Mencapai target adalah BIASA, namun melampaui target adalah LUAR BIASA.

Mendapatkan promosi jabatan dalam pekerjaan pertama kali adalah lakukan yang terbaik dan berikan lebih dari yang diminta.  Tujuannya adalah sebagai TANDA bahwa Anda orang yang TIDAK PERHITUNGAN dalam bekerja.  Jabatan lebih tinggi menuntut KOMITMEN lebih besar.  Nah, apakah Anda sudah siap dengan komitmen memberi lebih?

(2) Jadilah PEMAIN TIM

Pastikan usaha Anda benar-benar sesuai dengan TUJUAN TIM Anda, dan bersedia menawarkan bantuan kepada anggota tim lainnya.  Kesulitan mereka bisa memberikan KREDIT kepada Anda, karena mereka akhirnya bisa mencapai target.

Jika langkah Anda berikutnya menaiki tangga promosi melibatkan pengelolaan orang, pertimbangkan bagaimana Anda ingin dikelola orang lain.  Jenjang promosi adalah proses belajar berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain.  Sukses Anda tergantung dari orang yang Anda kelola, dan mereka akan mendukung saat Anda menunjukkan itikad yang sama.

Mulailah banyak berkomunikasi dengan rekan kerja dalam satu tim, dan berikan MASUKAN atau SARAN demi perbaikan KINERJA mereka.  Bantuan dan dukungan Anda yang tulus, akan membuat mereka nyaman secara pribadi.  Dan kelak saat Anda dipromosikan sebagai atasan mereka, tidak ada lagi perasaan SUNGKAN atau RAGU.

(3) Dapatkan PERHATIAN dengan cara yang baik

Promosi adalah CARI PERHATIAN.  Ya, betul adanya.  Anda butuh perhatian dari MANAJEMEN dan orang-orang sekitar Anda.  Namun apakah caper itu harus dengan berbagai cara? Tidak, Anda bisa mendapat perhatian dengan cara profesional.

Biarkan orang tahu bahwa Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik. Anda cukup bekerja secara baik, benar dan berperilaku positif kepada semua orang.  Hati-hati. Ada GARIS TEGAS antara promosi diri karena percaya diri dan arogan yang sombong.  Meski Anda benar, tidak berarti orang lain salah.  Terlebih jika dalam sebuah FORUM DISKUSI, Anda harus memberikan kesempatan PENDAPAT orang lain.  Jangan mendominasi forum dengan arogansi Anda.  Orang justru akan RESPEK manakala Anda bisa menempatkan diri sebagai sesama peserta diskusi.

(4) Carilah MENTOR

Tidak banyak perusahaan yang punya program MENTORING secara reguler.  Biasanya program mentoring diadakan jika ada program terkait, misal promosi berkala, kelas Management Trainee dan lainnya.  Disitulah ada mentor khusus yang ditunjuk oleh perusahaan.  Namun itu hanya sebatas waktu program berjalan, setelah itu, selesai.

Body Mentor mungkin cukup populer dalam beberapa organisasi.  Tujuannya adalah membantu karyawan baru sehingga cepat ADAPTASI dalam lingkungan.  Sedangkan mentor yang sifatnya personal bagi seseorang yang akan ikut promosi, rasanya tidak banyak ada.

Lalu, bagaimana Anda menyiasati agar punya MENTOR. Jika Anda pintar, maka carilah manajer senior yang baik dan mau membimbing Anda untuk program promosi ini.  Sang mentor haruslah tahu perbedaan antara BAKAT SEJATI dan seorang OPORTUNIS.  Jika Anda hanya memanfaatkan peluang yang ada, maka pasti mentor Anda akan setengah-setengah.  Sebaliknya jika Anda berhasil membuktikan bahwa BAKAT, MINAT dan POTENSI Anda bisa menduduki posisi tersebut, sang mentor dengan rela memberikan WAKTU dan TENAGA nya.

(5) Kembangkan KETRAMPILAN Anda

Jenjang promosi jabatan bukan waktu yang panjang untuk BELAJAR HAL BARU.  Sebaliknya saat Anda promosi yang dicari manajemen adalah orang yang sudah SIAP KERJA.  Hanya sedikit waktu untuk honey moon sebelum terjun dalam PEPERANGAN sesungguhnya.  Jangan sampai ada pernyataan manajemen yang mengatakan bahwa Anda belum siap menjadi LEADER karena waktu adaptasi yang terlalu lama.

Belajar sedikit demi sedikit, mulai dari SOP, Bisnis Proses, Struktur Organisasi, Kompensasi Benefit bahkan jika perlu Anda pelajari Roadmap atau Business Plan perusahaan.  Sekedar tahu adalah cara paling mudah untuk belajar.

Pelajari sejak dini, sebelum Anda mendapatkan promosi dengan benar, apa yang perlu Anda ketahui.  Jangan tergoda untuk mengambil jalan pintas, lakukan semua dengan BENAR dan BAIK.  Jika langkah menaiki tangga karir berarti BELAJAR dengan serius, terimalah, dan LUANGKAN WAKTU.  Dan ketika masanya tiba Anda sudah siap.

(6) Dapatkan WAKTU Tepat Anda

Promosi akan tiba pada waktunya, dan saatnya tiba Anda telah siap.  Ini momen yang dicari banyak orang.  Mendapatkan promosi jabatan pada saat yang tepat jauh lebih memuaskan dan membanggakan.  Karena sesuatu yang Anda peroleh dengan CEPAT bisa jadi berakhir dengan CEPAT pula.  PROSES tidak akan pernah mengkhianati HASIL.

Saat Anda memiliki keterampilan dan pengalaman, dan Anda yakin sudah memilikinya, memetik keberanian untuk meminta promosi bisa jadi sulit. Promosi jangan pernah Anda MINTA, biarkan dia datang dengan sendirinya.  Lakukan promosi dengan cara elegan, fokus dengan pekerjaan, dan kembangkan jaringan yang SOLID.

Namun demikian Anda pun tidak bisa selalu duduk tegak dan menunggu dunia datang kepada Anda.  Harus ada usaha yang SMOOTH untuk mendapatkan promosi jabatan.

(7) Jika TIDAK SUKSES PERTAMA KALI

Jangan MENYERAH!!! Itu rumusnya. Jika Anda tidak mendapatkan promosi jabatan impian Anda pada usaha pertama, dan Anda yakin sudah bermain dengan adil, jangan takut untuk bertanya mengapa Anda tidak mendapatkannya. Yang terpenting, gunakan pengalaman itu sebagai cara untuk MEMPERBAIKI DIRI.

Kesempatan pertama tidak harus selalu berhasil.  Sedikit orang yang selalu sukses pada TEMBAKAN PERTAMA.  Bahkan lebih banyak orang SUKSES adalah orang yang belajar dari PENGALAMAN GAGAL sebelumnya.

Apa pendapat Anda tentang cara terbaik untuk mengembangkan karir dengan cara yang benar? Apa yang berhasil untuk Anda, dan apa yang tidak? Lakukan instrospeksi dan evaluasi diri, sehingga Anda mendapatkan promosi jabatan dengan benar dan menyenangkan.  KOMPETENSI Anda sesuai, Tim Anda KOOPERATIF, Manajemen SUPPORTIF dan akhirnya prestasi akan tergoreskan sempurna.

Apakah Anda ingin mendapatkan promosi jabatan dengan benar ? Lakukanlah langkah-langkah tersebut dengan serius dan sungguh-sungguh.  Promosi jabatan akan datang pada WAKTU dan ORANG yang TEPAT.

Leave a Reply