Cara Mempertahankan Fokus Tujuan Anda

Keberhasilan sebuah Perusahaan atau Bisnis tentu salah satunya dikarenakan Strategic Planning yang Hebat, dan tidak lepas pula yang paling Utama adalah Bagaimana Anda mampu Mengeksekusi Strategi tersebut sampai Level Operasional.  Anda perlu memperkuat Fokus dan Perhatian dalam Mencapai Tujuan dan Target yang telah dibuat pada Awal Program. Keberhasilan Anda terletak pada Melakukan Lebih dari sekedar Penentuan Tujuan, dan meletakkanya di depan mata sehingga tidak akan luput dari Perhatian.  Orientasi pada Goals, Senang dengan Angka dan Batas Waktu serta  Penyelesaian Tugas. Sebagai Orang Sukses Anda akan termotivasi dengan Jumlah Angka Keberhasilan, Keberhasilan Menjalaninya, Mencapai Target Berikutnya.  Sehingga Anda tidak hanya Menetapkan Tujuan namun Memastikan bahwa Hal tersebut Bekerja Terus Menerus dan Tereksekusi.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tetap Fokus pada Tujuan:

1.  Ingatkan Diri Anda Terus Menerus.

Anda mungkin pernah memperhatikan seseorang dengan begitu banyaknya Label Tempel pada Laptopnya, yang berisi berbagai macam Catatan dan Angka.  Inilah salah satu cara mereka untuk Mengingatkan Diri Sendiri tentang apa yang Penting bagi Kehidupan Mereka.  Tidak ada yang aneh dalam pencapaian Target dan Goals Pribadi, sehingga Anda pun dapat melakukan cara lain dimana hal itu akan selalu mengingatkan Tujuan Akhir Anda dalam Bisnis atau Profesi.

2.  Spesifik.

Jelas dalam Tujuan tentu menjadikan Anda mudah untuk mengingatkan apa yang akan dicari dan dikejar.  Cita-cita yang Jelas membuat Anda melihat Prospek lebih Luas dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Organisasi. Cita-cita yang Jelas dan Spesifik menjadikan Anda lebih termotivasi dan terinspirasi dalam mengejar Target.

3.  Tentukan Tahapan Waktu.

Pengalaman akan mengajarkan Anda Menjalankan Proyek dan Memotivasi Tim dengan Mengalokasikan Setiap Waktu yang ada.  Anda perlu mengatur Ritme Kerja Individu dan Tim sehingga akan Berhasil bersama-sama. Penentuan Waktu membantu Anda Fokus apa yang akan dilakukan Hari ini untuk mencapai hasil Esok.  Tanggal Alternatif perlu juga Anda sisihkan untuk Evaluasi Kembali dan Fokus Ulang jika proses yang dilewati belum sesuai harapan.

4.  Bangun Keterbukaan.

Ketika Anda memiliki beberapa Program Kerja tentu ada Faktir Prioritas yang akan didahulukan.  Hal tersebut perlu dikomunikasikan dengan Pihak terkait, sehingga memberikan Dorongan Motivasi Anda dalam menyelesaikannya.  Faktor Keterbukaan memberikan Anda kuasa untuk Memblokir waktu tertentu dalam sebuah Program.  Seseorang yang terkait dengan program Anda akan member Dorongan untuk Menyelesaikannya.

5.  Berikan Penghargaan.

Mungkin Anda berpikir bahawa Pencapaian Target adalah sebuah Hadiah Kemenangan, namun Mengikat dengan sesuatu yang Anda dapat Ingat dan Rayakan jauh lebih mengena pada Performa Selanjutnya.  Kadang Tujuan Anda sangat Besar dan Tinggi dan sepenuhnya Tidak Nyata atau Intangible Goals.  Namun Dorongan Besar akibat sebuah Penghargaan sangat penting terlebih jika Anda bergantung pada Orang lain dalam Pencapaiannya.

Mudah dalam Membuat Tujuan namun Sulit Menjalankannya dan tentu Sukar untuk Tercapai, adalah Seni dari Manajemen Strategi dalam Organisasi apun juga.  Anda dapat mempertahankan Fokus Tujuan dengan Melakukan beberapa Hal seperti tersebut diatas, yakni dengan Mengingatkan Diri Sendiri, Spesifik dan Jelas, Timeline, Accountability dan Reward.  Tujuan Anda tidaklah Berat untuk diraih jika Anda Fokus pada Apa yang harus dilakukan.

ikhtisar.com

Leave a Reply