Cara Membuat Visi yang Jelas Bagi Seorang Pemimpin

Cara Membuat Visi yang Jelas Bagi Seorang Pemimpin

Cara Membuat Visi yang Jelas Bagi Seorang Pemimpin

Ikhtisar.com – Di sebuah perusahaan ataupun suatu organisasi sering dijumpai suatu visi ataupun misi. Hal tersebut tentu berguna bagi kelangsungan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi. Suatu organisasi yang tidak memiliki visi misi yang jelas, tentulah akan berdampak pada keadaan yang tidak terkontrol serta tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai masa depan sebuah organisasi. Oleh karenanya seorang pemimpin sebaiknya membuat sebuah visi yang jelas. Pemimpin merupakan inspirator perubahan dan visioner, yang memiliki peran untuk memberikan arahan yang jelas pada sebuah organisasi.

Visi merupakan sebuah daya ataupun kekuatan untuk melakukan suatu perubahan yang mendorong terjadinya proses suatu kreatifitas dari orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Terdapat dua aspek mengenai visi, yakni visionary role dan implementation role. Artinya pemimpin tidak hanya mampu membangun atau menciptakan visi bagi sebuah organisasi, namun juga mempunyai kemampuan untuk menerapkan visi tersebut kedalam suatu rangkaian yang diperlukan guna mencapai visi tersebut.

Contohnya adalah sebuah farm yang memiliki visi “Menjadi Farm yang Terdepan di Bandung untuk Menghasilkan Produk Daging Berkualitas Tahun 2015”. Untuk mewujudkan visi tersebut, manajer farm beserta karyawan mulai menyusun dan membuat serangkaian kegiatan manajemen pemeliharaan terpadu meliputi desinfeksi kandang dan penggunaan peralatan secara konsisten, pemberian ransum yang berkualitas, dan pelaksanaan program kesehatan tepat waktu

Untuk menghasilkan produk ternak (seperti daging yang berkualitas), memerlukan program pemeliharaan yang baik dan terkontrol. Oleh karenanya, Manajer Farm sangat berperan dalam hal dukungan komunikasi yang efektif dengan pemiliki dan karyawan Farm. Komunikasi ini berkaitan dengan manajemen pemeliharaan ternak serta penerapan biosekuriti yang terpadu. Biosekuriti yang dijalankan secara ketat dan terkontrol di Farm akan meminimalkan kerugian akibat ternak yang sakit sehingga mengakibatkan peningkatan performan produksi. Produk ternak yang berkualitas ialah produk ternak yang hygienis, sehat, dan memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Apabila produk yang dihasilkan sudah berkualitas artinya visi tersebut sudah tercapai.

Dari contoh tersebut, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendasari visi yang akan dibuat, diantaranya:

1.  Measurable

Hal ini digunakan agar setiap anggota organisasi dapat mengukur apakah tindakan yang dilakukan mendukung visi organisasi atau tidak.  Visi yang terukur akan menjadi panduan dan pedoman bagi setiap insan dalam organisasi.

2.  Inspiratif

Pemimpin mampu membuat setiap anggota terinspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukannya.  Visi tanpa makna yang jelas tentang apa yang akan dicapai hanya akan menjadi sebuah wacana yang tidak akan mampu menggerakkan orang.

3.  Harus jelas

Sebuah visi haruslah memiliki tujuan dan masa depan yang jelas pada organisasinya. Sebuah visi juga tidak boleh Abstrak, sehingga mudah dimengerti oleh setiap anggota organisasinya.

Untuk membuat suatu Visi yang jelas bagi seorang Pemimpin, tentu pemimpin dituntut untuk berpikir Kreatif, Inovatif, dan Sistematis. Hal ini dikarenakan visi yang jelas akan sangat berpengaruh terhadap kualitas serta keefektifitasan dalam menghasilkan kinerja yang sesuai dengan tujuan dan masa depan organisasi.

Leave a Reply