Cara Membuat Kesan Pertama yang Hebat menurut para Eksekutif

membuat kesan pertama yang hebat menurut para eksekutif
membuat kesan pertama yang hebat menurut para eksekutif

Suka tidak suka, orang lain akan memberikan penilaian mereka kepada Anda setiap saat.  Inilah cara agar Anda dinilai sebagai sosok pribadi yang menyenangkan.  Tanpa melihat tujuan Anda, tampilan atau impresi awal sangat membantu dalam penjualan, wawancara ataupun meeting dengan orang yang ingin kenal.  Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meninggalkan hal positif dan impresi awal yang mengesankan.  Dari beberapa pendapat eksekutif, berikut adalah nasihat mereka bagi Anda dalam membuat kesan pertama yang hebat.

1. Buatlah sebuah Koneksi bukan Impresi

Jadilah diri Anda sendiri, terbuka dan sejujurnya.  Dibandingkan Anda membuat sebuah “citra” yang menyenangkan untuk orang lain, lebih bijak kiranya Anda memperlakukan mereka layaknya sosok manusia.  Dengan demikian akan tercipta sebuah koneksi personal, bukan hubungan formal yang terpaksa.  Dengan membiarkan diri Anda menjadi sosok yang sesungguhnya akan terbangun langkah maju yang otentik dalam sebuah hubungan, dan pasti berdampak pada percakapan yang menggembirakan hasilnya.

 –Elliot Tomaeno, pendiri dan CEO dari ASTRSK PR

2. Percaya Diri, Terbuka dan Informatif

Anda dapat berbicara terus terang dan secara substantif tentang topik yang relevan dari diskusi, dan ini selalu meninggalkan kesan pertama yang kuat.  Setuju atau tidak dengan isi pembicaraan tidaklah penting, namun perhatian dan keseriusan terhadap subyek lebih penting dilakukan.  Anda harus jujur dan jangan memaksakan seseorang menjadi pendengar apa yang Anda inginkan.

 –Michael Bruch, CEO aplikasi sosial Willow

3. Jadilah Dirimu sendiri

“Saya suka mewawancarai kandidat yang bersinar … dengan menunjukkan siapa mereka sebenarnya dan bagaimana mereka dapat menjadi aset untuk tim Anda. Saya suka orang-orang yang tulus dan yang benar ingin tahu terhadap dunia dan perkembangannya.”

–Zhifei Li, pendiri dan CEO dari Mobvoi

4. Kembangkan Wajah yang Hangat

Tidak peduli apa peran Anda dalam sebuah perusahaan, ucapan salam kepada rekan-rekan Anda dengan senyum hangat adalah penting. Apakah Anda seorang eksekutif puncak di sebuah perusahaan atau hanya karyawan magang, antusiasme dapat meninggalkan kesan abadi. Tidak butuh banyak waktu dari hari Anda – bahkan hanya sekedar senyuman dalam kepada orang asing dapat berdampak jauh.

–Dr. Jeffrey Rappaport, cofounder dan CEO dari Afora

5. Membuat Lebih Prasangka

Memahami apa yang menjadi stereotip seseorang biasanya karena orang tersebut berasal dari latar belakang seperti Anda. Dan cobalah untuk mengalahkan ekspektasi mereka ketika Anda pertama kali bertemu.

–Sarah Zhang, Segway Robotics

6. Jangan Mementingkan Diri Sendiri

Kesan terbaik adalah ketika Anda berhenti berbicara diri sendiri dan fokus pada mereka. Ajukan lebih banyak pertanyaan daripada Anda menjawab.  Kadang-kadang ketika orang ingin membuat Anda terkesan, mereka akan mencoba berbicara non-stop tentang apa yang mereka pikir mengesankan, dan hal berikutnya yang Anda akan ketahui adalah ucapan dan ungkapan tanpa kejelasan.

–Jamie Hodari, CEO dari industriousoffice.com

7. Senyum

Bahkan dalam sebuah pertemuan bisnis, orang sering lupa bagaimana senyuman bisa berdampak.  Senyumlah selagi Anda berhubungan dengan orang dan rasakan dampaknya langsung.

–Fred Potter, pendiri dan CEO dari Netatmo

Leave a Reply