Inilah Cara Anda dalam Memberi Umpan Balik yang Positif

umpan balik positifJangan pernah menyepelekan terhadap kekuatan Umpan Balik (Feedback) yang Positif.  Terkadang Anda lebih mudah melihat kesalahan seseorang daripada ketika mereka berlaku benar dan tepat, tentunya Anda mudah melupakannya.  Dan bahkan terkadang Anda lupa memberikan masukan positif pada saat mereka menunjukkan kinerja baik.  Positive Feedback adalah Alat Bantu yang sangat kuat membangkitkan Motivasi Karyawan.  Berikut beberapa tip yang Anda dapat lakukan memberikan Umpan Balik yang Efektif.

  • Lakukan Sekarang (Do It Now).  Umpan Balik Positif sangat penting sehingga tidak bisa dikesampingkan, maka lakukanlah sebuah feedback sesaat terjadinya kondisi tersebut.  Ketika Anda melihat sebuah keadaan yang harus segera diperbaiki, maka lakukan secepatnya.
  • Lakukan Terbuka (Make it Public).  Pada saat Anda memberikan Masukan Negatif atau kritikan maka lakukan secara pribadi (Private) sedangkan sebaliknya untuk Umpan Positif lakukan secara terbuka dan tampak oleh orang banyak.  Hal ini akan menjadi sebuah Apresiasi bagi individu tersebut.  Umpan Balik positif menjadi sebuah penghargaan tidak langsung kepada individu yang mendengarnya.
  • Spesifik.  Umpan Positif perlu diartikulasikan dengan Jelas, sehingga mereka yang menerimanya akan benar merasakan antusias Anda terhadap Kinerja yang ada.  Jangan sekedar berkata, “Kerjamu Sangat Bagus”, namun cobalah dengan ucapan seperti “Hasil Laporan Audit Kamu atas Cabang kemarin sangat Detail dan Sistematis, pertahankan dan kembangkan bagi cabang lainnya”.
  • Buat Kesepakatan.  Artinya Anda tidak mungkin merangkai semua umpan positif pada keseluruhan organisasi perusahaan.  Namun lakukanlah seremonial sesekali setiap keberhasilan dari umpan positif Anda.
  • Pertimbangkan Penerimanya.  Jika tim Anda yang memiliki sifat tertutp dan pemalu, maka sebaiknya berikan penghargaan hanya diwilayah Tim Kerja nya.  Hal ini sudah cukup sebagai apresiasi bagi nya.  Sedangkan bagi orang lain mungkin Anda perlu memasang Spanduk dan Poster di area kerja, sehingga akan dilihat orang lain.
  • Lakukan Berulang.  Umpan Positif tidak selalu menunggu sukses besar, namun hal-hal kecil pun perlu dirayakan.  Hal ini lebih berdampak lebih lama terhadap Motivasi dan Semangat Kerja Tim dibandingkan menunggu momen besar yang jarang terjadi.
  • Lakukan Merata.  Setiap sukses, baik kecil atau besar, perlu mendapatkan apresiasi dan penghargaan.  Perayaan yang sering Anda lakukan terhadap keberhasilan kecil juga perlu dilakukan terhadap keberhasilan besar.
  • Lakukan dengan Tulus.  Anda hanya akan memberikan Umpan Balik Positif untuk sesuatu yang betul-betul perlu, bukan kepada setiap orang yang bekerja sesuai Deskripsi Pekerjaan (Job Desc), atau orang yang datang selalu Tepat Waktu (on Time).  Orang lain dapat melihat Anda, apakah tulus dalam memberika Positive Feedback atau sekedar basa-basi.

Umpan Balik Positif adalah sebuah mekanisme kontrol yang sangat efektif, dimana tim Anda mendapatkan Apresiasi dan organisasi berjalan dengan system dan prosedur yang telah ditetapkan.

Leave a Reply